Tips Menghilangkan Kerak pada alat masak anda

Selasa, Januari 12, 2010 3 komentar

Mungkin bagi para ibu rumah tangga, sudah tidak asing lagi dengan kerak yang menempel pada panci atau wajan setelah selesai memasak. Mungkin, kita sering kali bingung, bagaimana cara menghilangkan kerak tersebut.

Nah.. pada postingan perdana bunda azka di tahun 2010 ini, saya (baca: bunda azka) akan memberikan tips dapur, bagaimana menghilangkan kerak yang biasa menempel pada wajan atau alat masak anda.

bahan yang diperlukan:
baking soda
air mendidih
sabun pencuci piring

caranya:
*ambil wajan/panci yang berkerak tadi, kemudian taburi dengan baking soda.
*rendam wajan/panci yang berkerak tadi dalam air panas, diamkan sekitar 15 menitan
*abis itu cuci deh panci seperti biasa dengan sabun pencuci piring.

nah.. simple kan.,
moga tips dapur dari saya bisa bermanfaat yah...

Read the full story

Contoh Surat Lamaran CPNS

Wah.. klo berbicara tentang tes cpns, bunda azka jadi sedih deh. soalnya 1 bulan yang lalu (8 november'09) bunda azka nyoba ikutan tes cpns untuk formasi guru kimia sma di wilayah banyuasin palembang. Ternyata oh ternyata diriku belum masuk nominasi huhuhu... jadi sedih deh.

Tapi gak apa wes.. tahun depan masih bisa nyoba lagi. Toh bunda azka kan kemaren juga baru satu kali ikutan tes cpns. Oh ya.. ini ada contoh surat lamaran cpns bunda azka kemaren. Saya simpen biar gak hilang.

PALEMBANG, ............. 2009
KEPADA YTH,
KETUA PANITIA SELEKSI PENERIMAAN CPNS
KABUPATEN BANYUASIN TAHUN 2009
DI
PANGKALAN BALAI

SEHUBUNGAN DENGAN PENGADAAN CPNSD TAHUN ANGGARAN 2009 DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BANYUASIN, UNTUK ITUSAYA YANG BERTANDA TANGAN DIBAWAH INI :

NAMA :
TEMPAT, TANGGAL LAHIR :
JENIS KELAMIN :
JABATAN YANG DILAMAR :
PENDIDIKAN :
ALAMAT :
NO. TELP/HANPHONE :

MENGAJUKAN PERMOHONAN KEPADA BUPATI BANYUASIN UNTUK MENGIKUTI SELEKSI UJIAN PENERIMAAN CPNSD KABUPATEN BANYUASIN TAHUN 2009, SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN BERSAMA INI SAYA LAMPIRKAN MASING-MASING 1 RANGKAP :

1. LEMBAR VERIFIKASI SELEKSI CPNS TAHUN 2009 : 1 LEMBAR
2. PAS FHOTO HITAM PUTIH UKURAN 4 X 6 : 3 LEMBAR
3. FHOTO COPY IJAZAH YANG TELAH DILEGALISIR : 1 LEMBAR
4. FHOTO COPY TRANSKRIP NILAI : 1 LEMBAR
5. SURAT PERNYATAAN BERMATERAI Rp. 6000 : 1 LEMBAR

DEMIKIANLAH PERMOHONAN SAYA, ATAS PERHATIAN DAN PERKENAN BAPAK DIUCAPKAN TERIMA KASIH.

PEMOHON

(………………..)


Catatan :
Biasanya lamaran ditulis dengan ballpoint hitam balok, kertas HVS Polio
Read the full story

Ayam Goreng Kalasan

Mumpung lagi gak sibuk, nyempetin ngepost nih. Tadi bunda azka nyoba masak ayam goreng kalasan sama tahu bacem. Nah...bunda mau bagi-bagi resep ayam goreng kalasan nih. Rasanya gurih, dan sedikit manis. Gurih karena ayam ini masaknya pake air kelapa, sementara manisnya karena bunda azka pake gula merah. Langsung aja yah...

Bahannya:
ayam*
air kelapa
garam
gula merah
daun serai

note: * ayam di rendam dulu yah sama garam sama air jeruk nipis, biar bau amisnya hilang.

Bumbu halus:
bawang merah
bawang putih
laos

Cara Membuat:
1. masukin ayam dalam panci, abis itu kasih bumbu halusnya, air kelapa, gula merah, garem, sam daun sereh.
2. Nyalain apai, masak deh sampe bumbu meresap dan ayam jadi empuk.
3. Abis itu ayam di goreng deh sampe kuning kecoklatan

Oh ya.. jangan lupa makannya sama sambel yah...
bunda sih biasanya pake sambel terasi...

Nih resepnya klo mau buat sambel terasi ala bunda azka

Bahan:
1 btr bawang merah
1 siung bawang putih
Cabe rawit banyaknya tergantung si pembuat
1 buah tomat
terasi
gula

Cara Membuat:
1. panasin minyak goreng, masukin bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, terasi. Masak sampe matang, abis itu angkat.
2. Siapin cobeknya, ulek bahan-bahan yang sudah dimasak tadi, kasih garam sama gula.
3. jadi deh...sambel terasi ala bunda azka

Read the full story