Demam Berdarah, penyakit karena nyamuk yang perlu di waspadai

Minggu, Agustus 01, 2010 Leave a Comment

Akhirnya, saya bisa online lagi nih setelah libur ngeblog 2 minggu. Bunda sakit dan berbaring lemah tak berdaya di rumah sakit selama 1 minggu karena penyakit demam berdarah.


Seperti kita tahu bahwa sekarang ada adalah musim hujan, jadi kemungkinan terserang demam berdarah memang lazim, apalagi pada saat kondisi badan kita kekebalan tubuhnya lagi menurun, jadi ya gampang saja terkena demam berdarah.

Nah... karena penyakit ini bisa terserang pada siapa saja, bunda azka mau kasih info penyakit nih tentang apa itu demam berdarah, ciri-ciri gejalanya, dan bagaimana tindakan bila terdeteksi demam berdarah.

Apa itu penyakit demam berdarah?


seperti kita tahu, demam berdarah atau DBD itu disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aigerpty.. (biasanya nyamuknya itu belang-belang antara hitam dan putih yang gigit di siang hari), apabila kondisi seseorang itu lagi menurun, gampang banget terkena.


Ciri-ciri orang yang terkenan demam berdarah atau DBD

Seperti pengalam bunda yang dah pernah ngalamin...biasanya gejalanya itu 3 hari panas tinggi disertai menggigil dengan badan terasa ngilu semua. abis itu dihari ke empat, demam mulai turun (muncul keringan dingin di sekujur tubuh), nah tapi pas malemnya lagi suhu badan kembali naik sama kaki terasa ngilu, hampir rasanya buat jalan pun sakit. Ada bintik merah kecil2 di tangan yang bila kita tekan, bintik tersebut gak hilang.

Tindakan yang dilakukan bila terdeteksi demam berdarah
  1. jika 3 hari panas, segera ke dokter dan periksa kondisi
  2. apabila 5 hari panas, dengan gejala seperti diatas, bisa langsung periksa ke rumah sakit. nanti akan di lakukan tes darah untuk ngecek trombositnya, apabila dibawah 100 ribu. maka tandanya terdeteksi demam berdarah dan segeralah untuk dirawat di rumah sakit, agar cepet ditanganin. klo saya kemaren pas tes darah hasil nya trombosit 92ribu
  3. Banyak minum air putih dan minum sari kurma. karena sari kurma bisa naikin trombosit.
Moga aja info tentang demam berdarahnya bisa bermanfaat. Bagi yang mau nambahin ifno silahkan juga...

17 komentar »

  • Blogger Terpanas said:  

    makasih infonya bunda, kayaknya kita harus selalu waspada ya...apalagi sekarang sedang musim penghujan

  • nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular said:  

    Iya nih kita harus hati-hati sama nyamuk terutama pada anak kita

    Tips dari saya rajin bersih2 rumah termasuk kamar mandi dan taman jangan lupa semprot secara rutin

  • Bunga said:  

    Nyamuk nakal harus cepat dibasmi agar kita terhindar dari penyakit yang bisa mematikan ini.
    Salam mesra dari negeri bunga, bunga azka.

  • Little Business said:  

    selam kenal.....wow blognya keren buanget nih, ini kunjungan perdana saya di tempat ini........btw, boleh tukeran linknya?

  • Gerakan Nasional Cegah DB said:  

    Terima kasih infonya. Info seperti ini yang dibutuhkan untuk edukasi mereka yang masih kurang peduli.

    Dukung Gerakan Nasional Cegah DB dan wujudkan Indonesia bebas demam berdarah.

  • Program kasir said:  

    Terima kasih mas atas infonya...
    memang untuk saat ini nyamuk menjajah manusia, dan menyebarkan penyakit mematikan.
    dulu emang manusa yang buat mati nyamuk tapi untuk sekarang nyamuk yang buat mati manusia.

  • Anti Nyamuk said:  

    3M secara rutin dan pake kelambu untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk, bisa mempercantik kamar, membuat tidur siang lebih tenang dan nyaman, juga menjaga udara rumah tetap bersih dari polusi insektisida :)

  • fulblogger said:  

    Makasih infonya bunda..
    bagaimana keadaanya sekarang, mudah2an sehat. dan di tunggu postingan selanjutnya.

  • richoyul said:  

    penyakit yang sangat harus di waspadai nih.... salam kenal

  • bisnis affiliasi said:  

    harus hati-hati dengan nyamuk ya Bun..??

  • sewa mobil di bali said:  

    sekarang emang sudah rawan sekali yang namanya dbd,,,untuk itu jagalah kebersihan ,,,

  • bobbleheads said:  

    hati hati gan ama nyamuk DBD, bisa faatal.

  • Lowongan Kerja Terbaru said:  

    wah kita harus hati2 dong sama keluarga

  • Paul Coffe Shop said:  

    yah,,, apalagi skrg yg lagi musim tak menentu, kadang hujan kadang panas.
    nyamuk selalu bertebaran,,,

    harus hati2 mmg terhadap nyamuk

  • harris said:  

    Sedia payung sebelum hujan .. lebih baik mencegah daripada mengobati
    so, terhadap nyamuk, waspadalah... waspadalah!
    Salam kenal bund

  • Yohan Wibisono said:  

    Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku :
    http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

  • Sewa Mobil Bandung said:  

    ingat dan laksanakan terus 3M, pasti kita jauh dari demam berdarah

  • Leave your response!