Manfaat dan Bahaya Kopi

Jumat, Februari 27, 2009 92 komentar

Setelah kemaren saya menulis tentang manfaat cuka dan garam, kali ini saya akan menulis tentang manfaat dan bahaya kopi. Siapa sih yang tak kenal kopi?? Minuman berwarna hitam dan rasanya yang pahit ini, konon katanya bisa menghilangkan rasa kantuk dan lemas. Selain manfaatnya..ternyata kopi juga menimbulkan bahaya bagi tubuh. Cari tahu yuk tentang manfaat dan bahaya kopi.


Zat yang terkandung dalam kopi adalah kafein.

Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.

Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin
dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.



Manfaat kopi

Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.


Kerugian Kopi

Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.


Aman konsumsi kopi

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.

Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.

Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.


Sumber: Dra. Emma S Wirakusumah, Msc dan Wikipedia
Read the full story

Polimer Alam

Jumat, Februari 20, 2009 36 komentar

Kali ini saya akan posting tentang pendidikan, khususnya yang terkait dengan pembelajaran kimia. Walaupun saya belum bisa mengajar.. setidaknya dengan adanya blog ini sedikit bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Sengaja tema pertama yang saya ambil adalah polimer alam, yang saya ambil dari skripsi saya.



Sebagian konsep kimia merupakan konsep yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan untuk mengkonstruksi pemahaman secara tepat. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsep pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa agar lebih mudah dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu cara untuk menunjang hal tersebut adalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang sesuai.

Salah satu perangkat pembelajaran yang dibutuhkan adalah bahan ajar. Bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai “pendamping” atau alternatif sumber belajar dalam proses pembelajaran. Pendamping yang dimaksud adalah ketika guru menerapkan model-model pembelajaran, bahan ajar ini diharapkan memberikan bekal pengetahuan terhadap permasalahan yang diajukan atau disepakati bersama antara guru dan siswa. Alternatif sumber belajar yang dimaksud adalah bahan ajar ini dapat dijadikan sumber belajar di samping sumber belajar lainnya dalam rangka memahami suatu konsep dari materi pelajaran.

Berikut ini ada sedikit info tentang polimer alam

Polimer adalah molekul besar yang tersusun dari molekul-molekul kecil yang tertata secara berulang. Polimer berasal dari bahasa Yunani, yang berakar kata poly berarti ”banyak” dan mer berarti ”bagian”.

Berdasarkan asalnya, polimer dibedakan menjadi polimer alam dan polimer sintetis. Polimer alam adalah polimer yang tersedia di alam, contohnya: polisakarida (amilum, glikogen, selulosa, kitin, kitosan, agar-agar, karagenan, dan alginat), protein, dan karet alam. Sedangkan polimer sintetis yaitu polimer yang sengaja dibuat oleh manusia, contohnya: plastik, karet sintetis, dan serat sintetis.

Sekilas Tentang Polimer Alamnya dilanjut lain waktu ya...
To be Continue...

Read the full story

Polemik Puyer

Sabtu, Februari 14, 2009 24 komentar

Beberapa hari ini, salah satu stasiun TV swasta selalu menayangkan tentang polemik puyer. Sebagai seorang ibu.. tentu saja saya sangat khawatir sekali. Bila anak sakit, sudah tentu dokter anak selalu memberikan obat salah satunya puyer. Hal ini mungkin dilakukan oleh dokter supaya anak mudah untuk menelan obat yang diberikan. Akan tetapi.. permasalahannya tidak hanya gampang meminumkannya?? melainkan prosedur dalam peracikannya. Wah... takut juga ya... Cari tahu yuk lebih lanjut tentang peracikan puyer.


Sempatkah Anda berpikir risiko interaksi obat yang digerus dengan obat yang sudah menempel lama di mangkok itu. Bayangkan pula jika ternyata obat yang menempel itu ternyata sangat berbahaya jika tercampur dengan obat yang akan digerus.

Sebenarnya, penggerusan obat dengan menggunakan mortar ini memang dinilai sudah sesuai prosedur. Tapi anehnya, proses ini masih dirasa kurang ringkas dan merepotkan. Ada praktek salah satu dokter umum yang meracik obat dengan menggunakan mesin blender.

Memang tidak ada aturan penggunaan blender dilarang atau tidak dalam meracik obat. Tapi sejumlah ahli farmasi mengkhawatirkan stabilitas jenis obat tertentu jika kontak dengan logam mesin blender.

Berikut ini adalah sejumlah sisi negatif dan bahaya puyer:
  1. Bentuk pengobatan tidak rasional
  2. Tidak sesuai dengan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik)
  3. Rentan Polifarmasi
  4. Proses peracikan tidak higienis
  5. Potensi Human Error sangat besar
  6. Stabilitas obat terganggu
  7. Sejumlah jenis obat mudah rusak jika digerus
  8. Kemungkinan terjadi toksid atau jamur
  9. Ketepatan takaran diragukan
  10. Sebagian bubuk terbuang
  11. Resiko kontaminasi tinggi
Kalau begini, gimana ya solusinya??

Sumber: okezone.com
Read the full story

Lagi Seneng Nih

Rabu, Februari 11, 2009 13 komentar

Sudah lama nih gak posting... bikin tangan gatel. Abis kemaren sakit, orang rumah pada ngedrop semua. Lagi pancaroba, jadi musim sakit. Belum lagi ganti templete bikin pusing juga. Akhirnya jadi juga nih templete, tapi masih belum semua sih. Hehe...

Kemarin sempet tanya sama O-om ttg templete ku yang font sama colornya gak bs di edit. Eh... malah ngobrol dan akhirnya gabung di Facebook deh. Asik juga kyknya, akhirnya coba-coba dftar deh.


Update alexa: Horeeee
Akhirnya..... setelah 1 bulan menunggu, ternyata hari ini alexaku bisa pecah nih telornya...
Dari yang nilainya 9 jadi 698,051. Kaget juga sih... koq bisa ya jadi segitu?? Ya sudahlah...


Verifikasi paypal: Asiiiiiiik

Hari ini juga, paypal ku statusnya sudah verified... pke VCC. Walau isinya masih dikit (hasil dari ikutan review nih). Padahal dah 1 bulan ini juga gak dapet job. Tp gak apa deh...rencananya mau dipake buat beli domain dot com. Tp masih belum bisa nih. Ada yang mau bantu gak step by stepnya??
Read the full story