Makanan Anti Kanker

Jumat, Juli 24, 2009 22 komentar

Bebarapa hari yang lalu, bunda azka baca buku koleksi yaitu makanan anti kanker. Setelah sebelumnya juga bunda azka telah membahas tentang kanker serviks, kanker hati dan kanker payudara. Sebenarnya masih banyak sekali informasi tentang penyakit kanker ini. Kita bisa membaca buku ataupun searching di google. Mungkin bunda azka akan berikan info lanjut tentang kanker di lain waktu.

Kali ini aq ingin berbagi resep menu untuk mencegah kanker atau disebut makanan anti kanker. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi semuanya, sehingga kita selalu sehat dan bisa beraktifitas setiap hari.

Jus Wortel-Nanas Betakaroten
wortel dan nanas kaya akan betakaroten yang ampuh mencegah terjadinya sel-sel kanker.

Bahan:
150 g nanas
100 g wortel
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
  1. Bersihkan nanas dan wortel dari kulitnya
  2. Kukus wortel selama 3 menit
  3. Potong buah-buahan lalu blender dengan ditambah 1/2 gelas air dan gula secukupnya.


Cincau Hijau
Berdasarkan hasil penelitian, cincau terbukti dapat menegah terjadinya penyakit kanker.

Bahan:
cincau hijau
susu skim secukupnya
madu secukupnya

Cara Membuat:
Masukkan cincau hijau kedalam gelas, tambahkan susu skim dengan sedikit air, tambahkan madu sesuai selera.

Adapun cara membuat cincau:
Ambil segenggam daun cincau, cuci bersih, remas-remas dengan 500 mL air matang hangat sampai terasa kental. Tambahkan lagi 500 mL air matang. aduk. Saring dengan kain/serbet bersih. Diamkan semalaman sampai cincau kental dan padat.


Pepes Tuna Ikan

ikan tuna mengandung omega 3 yang tinggi, sehingga bermanfaat mencegah terjadinya kanker.

Bahan:
250 g ikan tuna

Bumbu:
3 butir kemiri
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 ruas jahe
1 batang serai, iris tipis
1/2 ruas kunyit
1/2 ruas lengkuas, iris tipis
garam secukupnya
gula secukupnya
3 lembar daun salam
daun pisang

Cara Membuat:
  1. Haluskan semua bumbu
  2. Ikan tuna dicampur dengan bumbu, sisipkan daun salam
  3. Bungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang

Untuk resep makanan anti kanker yang lainnya, bunda azka akan posting di hari yang lain. Semoga kita selalu sehat.
Read the full story

Terapi Batu Giok

Beberapa hari belakangan ini bunda azka jarang blogging nih, maklum.. selain sibuk dengan ngurus azka, ternyata kondisi badan juga lagi gak fit. Sempet kemaren gak enak badan karena salah tidur, jadi dari kepala sampe badan rasanya pegel-pegel semua. Kepala rasanya seperti berkunang-kunang. Mungkin karena tekanan darah rendah kali nih yang kumat. Mana panggil tukang pijet langganan mbah utinya azka juga orangnya lagi bangun rumah, jadi gak bisa dipanggil deh.

Untungnya aja kemaren aq sempet tensi darah (90/70) sama terapi batu giok, seperti gambar diatas. Mau tau info lanjut tentang terapi batu giok. Berikut bunda azka berikan informasi lengkap tentang terapi ini. Bunda azka dapet info ini dari searching di google. Semoga informasi tentang terapi batu giok ini bisa bermanfaat.

Dalam seni pengobatan Timur, batu giok diyakini sebagai perangsang aliran chi (energi murni). Energi murni ini dianggap mampu mencegah penuaan sels-sel tubuh dan mengatasi aneka penyakit.

Infra Merah Jauh
Dalam pengobatan Traditional Chinese Medicine (TCM), batu giok sudah dikenal sejak lama. Batu giok diyakini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut David Sungahandra, praktisi TCM yang berpraktik di Klinik Beijing, Jakarta Barat, sinse- sinse di zaman kekaisaran Cina menggunakan serbuk bati giok sebagai obat awet muda karena mengandung magnesium dan kalsium. Batu giok juga diyakini sebagai pengantar sinar infra merah yang baik.

Batu giok yang tertanam di dalam kapsul Dima difungsikan untuk membantu mengembalikan vitalitas, merangsang regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang tubuh melawan penyakit, serta melancarkan peredaran darah. Kapsul Dima sendiri merupakan perpaduan seni pengobatan tradisional Timur, yaitu pijat, akupresur, akupuntur, moksibasi, penyinaran infra merah jauh, dan chairo (pelurusan tulang belakang).

Di dalam kapsul Dima tersusun jajaran batu giok dan lempengan epoxy carbon yang menghasilkan sinar infra merah jauh, yang ketika dipanaskan dengan suhu antara 30-75 derajat Celcius akan diserap tubuh.

Caranya, tubuh pasien dibaringkan di dalam kapsul raksasa. Secara otomatis epoxy carbon serta set roller batu giok bekerja memijat dari tulang leher hingga tulang paha bawah, tumit, dan betis disertai suhu udara panas yang bekerja selama 33 menit. Tekanan (presur) secara otomatis akan berhenti selama beberapa menit di setiap titik tubuh yang sakit.

Ada beberapa reaksi yang dialami pasien saat menjalani terapi kapsul DIma, misalnya kepala berat dan pusing, mengindikasikan adanya tekanan darah tinggi. Namun, reaksi tersebut hanya terjadi sesaat.

"Saat terapi, seluruh tubuh akan terasa lemas dan tekanan darah naik sesaat. Namun, keadaan akan kembali normal bila pasien melakukan terapi secara teratur. Pasien pun akan mengalami kesembuhan dari gangguan penyakit," tutur Nihla.

Kapsul Nihla didesai berbentuk kubah, mempunyai ukuran kemiringan 180 derajat menggunakan emitter penghasil sinar infra merah jauh yang terbuat dari lepengan epoxy carbon. Emitter ini menghasilkan sinar infra merah jauh dengan panjang gelombang 4,00-16,00 mikro.

Sinar infra merah jauh terbai menjadi 4 bagian, yakni sinar infra merah dekat dengan getaran gelombang 0,76-1,50 mikron, sinar infra merah sedang 1,50-4,00 mikron, sinar infra merah jauh 4,00-16,00 mikron, dan sinar infra merah jauh sekali, yang getaran gelombangnya lebih dari 16,00 mikron. Namun, katanya, pemijatan dan aliran sinar infra merah jauh itu berintikan pada batu giok yang terletak di bawah kapsul Dima.

Gelombang sinar infra merah yang cocok dengan gelombang tubuh manusia adalah sinar infra merah jauh yang kekuatan getar gelombangnya antara 4,00-16,00 mikron, hampir sama dengan gelombang energi manusia, yaitu 8,00-14,00 mikron. Adanya getaran gelombang sinar infra merah jauh pada tubuh manusia itu, secara langsung bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan pembuluh darah yang tersumbat. Akibatnya, gangguan rematik, otot-toto yang sakit, dan artritis dapat disembuhkan.

Getaran gelombang itu dapat juga melancarkan dan menyeimbangkan metabolisme tubuh, sehingga mampu mengatasi dan memperlambat proses penuaan dini serta menghancurkan lemak-lemak yang tertimbun dalam tubuh. Tubuh pun dapat langsung karenanya.

Getaran gelombang dalam tubuh manusia memainkan peran penting sebagai penyeimbang sel untuk penyembuhan penyakit. Jika getarannya konsisten akan dapat memelihara kesehatan secara maksimal.

Kapsul Dima, yang notabene menggunakan kekuatan batu giok, mampu memulihkan gangguan penyakit secara cepat. Kerja batu giok di dalamnya dapat mengembalikan vitalitas, merangsang regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang tubuh melawan penyakit, serta melancarkan peredaran darah.

Delapan Khasiat Batu Giok
  • Sinar infra merahnya mampu mensterilkan dan menurunkan panas, sehingga mempercepat kegiatan kerja pada sistem pencernaan.
  • Akupresur dan moksibasi (jalur energi yang disalurkan) di sekitar tulang belakang memperbaiki metabolisme di seluruh tubuh.
  • Dapat membuang darah kotor dalam pembuluh darah.
  • Memperlancar sirkulasi darah dengan moksibasi atau pemanasan pada pembuluh darah.
  • Membantu semua organ tubuh dalam menerima rangsangan dengan melatih akar-akar saraf yang kaku.
  • Meningkatkan hubungan antara tubuh dan sistem saraf dengan melenturkan saraf pusat yang kencang.
  • Memperbaiki tulang bengkok dan posisi tubuh bungkuk.
  • Membebaskan gumpalan darah kotor di sekitar tulang dengan cara menghancurkannya.
  • Read the full story

    Sop Buntut

    Senin, Juli 20, 2009 11 komentar

    Hemm... siapa sih yang tidak kenal dengan sop buntut. Masakan yang terbuat dari buntut sapi ini rasanya enak sekali loh. Sekali makan pasti deh katagihan. Berikut ini ada resep sop buntut yang bunda azka dapet. Uenak loh...

    Bahan:
    2 kg buntut sapi, potong-potong
    150 gr wortel, potong-potong rebus
    150 gr kentang rebus, potong-potong
    50 gr tomat, potong-potong
    2500 ml kaldu sapi
    100 gr kecap manis
    100 gr daun bawang, potong-potong
    100 gr daun seledri, potong-potong
    garam secukupnya
    lada bubuk secukupnya


    Cara membuat:

    1. Rebus buntut sapi dalam kaldu sapi hingga lunak.
    2. Bumbui garam, lada bubuk, kecap manis. Masak hingga bumbu meresap.
    3. Masukkan sayuran rebus ke dalam kaldu, didihkan sekali lagi.
    4. Hidangkan buntut sapi dengan kuah panas.

    Kita bisa menyajikan sop buntut ini dengan pelengkapnya seperti Nasi putih, Bawang goreng, Jeruk nipis, Emping goreng dan tak lupa sambelnya dong.

    Ih ya.. bagi yang gak suka sam hidangan berbahan dasar daging, bisa mencoba resep ayam goreng menteganya bunda azka ya..

    Read the full story

    Ayam Goreng Mentega

    Hem... mungkin beberapa hari ini bunda azka akan memposting beberapa artikel tentang resep masakan dari buku koleksi resep nih. Biar bisa berbagi resep sama ibu-ibu semua.

    Kali ini bunda azka ingin menuliskan resep tentang ayam goreng mentega.
    Ayam goreng mentega memang bikin ketagihan, rasanya yang manis-manis gurih membuat kita tidak bosan untuk menyantapnya bersama nasi panas setiap hari. Resep nya mudah banget nih.

    Bahan :
    1 ekor ayam potong kecil-kecil
    2 sdm kecap asin
    2 sdm saus Inggris
    7 sdm kecap manis
    3 buah jeruk limau dibelah 2 bagian
    3 sdm mentega
    1/2 sdt lada bubuk
    1/2 buah bawang bombai dirajang
    4 siung bawang putih dicincang
    Garam secukupnya

    Cara Membuat:
    1. Lumuri ayam dengan satu sendok makan kecap asin, satu sendok teh garam, satu sendok makan kecap inggris, diamkan selama 15 menit.
    2. Goreng ayam hingga kecoklatan, sisihkan.
    3. Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan mentega hingga harum.
    4. Campur jadi satu, saos inggris,kecap manis, kecap asin dan angchiu.
    5. Tuangkan campuran saos ke dalam tumisan bawang, masukkan ayam, air jeruk limau beserta kulit jeruk limau dan lada.
    6. Teruskan menumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam, sajikan.
    Read the full story

    Kanker Payudara

    Selasa, Juli 14, 2009 22 komentar

    Berbicara tentang penyakit kanker, tentu saja hal yang sangat ditakuti semua orang. Kebanyakan penyakit kanker itu banyak mengena pada para wanita, sebut saja kanker serviks atau kanker leher rahim, kanker hati dan terakhir adalah kanker payudara.

    Sebagai seorang wanita, sudah seharusnya mengetahui apa itu kanker payudara, apa saja penyebabnya, dan bagaimana ara mencegahnya. Berikut ini ada informasi tentang kanker payudara yang bunda azka rasa cukup lengkap dan harus diketahui bagi para wanita khususnya.

    Kanker Payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara, Hal ini bisa terjadi terhadap wanita maupun pria. Dari seluruh penjuru dunia, penyakir kanker payudara (Breast Cancer/Carcinoma mammae) diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima (5) setelah ; kaker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus.


    Penyebab Kanker Payudara

    Penyakit kanker payudara terbilang penyakit kanker yang paling umum menyerang kaum wanita, meski demikian pria pun memiliki kemungkinan mengalami penyakit ini dengan perbandingan 1 di antara 1000. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker ini terjadi, namun beberapa faktor kemungkinannya adalah :

    Usia, Penyakit kanker payudara meningkat pada usia remaja keatas.

    Genetik, Ada 2 jenis gen (BRCA1 dan BRCA2) yang sagat mungkin sebagai resiko. Jika ibu atau saudara wanita mengidap penyakit kanker payudara, maka anda kemungkinan memiliki resiko kanker payudara 2 kali lipat dibandingkan wanita lain yang dalam keluarganya tidak ada penderita satupun.

    Pemakaian obat-obatan, Misalnya seorang wanita yang menggunakan therapy obat hormon pengganti {hormone replacement therapy (HRT)} seperti Hormon eksogen akan bisa menyebabkan peningkatan resiko mendapat penyakit kanker payudara.

    Faktor lain yang diduga sebagai penyebab kanker payudara adalah; tidak menikah, menikah tapi tidak punya anak, melahirkan anak pertama sesudah usia 35 tahun, tidak pernah menyusui anak.

    Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penyakit kanker payudara meningkat pada orang yang sering menghadapi kondisi stress (goncangan jiwa) dan juga bagi wanita yang sebelumnya mengalami menstruasi dibawah usia 11 tahun.


    Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Payudara

    Bagi anda yang merasakan adanya benjolan aneh disekitar jaringan payudara atau bahkan salah satu payudara tampak lebih besar, Sebaiknya cepat berkonsultasi kepada dokter. Benjolan ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, mulai dari ukuran kecil yang kemudian menjadi besar dan teraba seperti melekat pada kulit. Beberapa kasus terjadi perubahan kulit payudara sekitar benjolan atau perubahan pada putingnya.


    Saat benjolan mulai membesar, barulah menimbulkan rasa sakit (nyeri) saat ditekan. Jika dirasakan nyeri pada payudara dan puting susu yang tidak kunjung hilang, sebaiknya segera memeriksakan diri kedokter. Puting susu yang mengkerut kedalam, yang tadinya berwarna merah muda dan akhirnya menjadi kecoklatan bahkan adanya oedema (bengkak) sekitar puting merupakan salah satu tanda kuat adanya kanker payudara. Hal lain adalah seringnya keluar cairan dari puting susu ketika tidak lagi menyusui bayi anda.


    Diagnosa Penyakit Kanker Payudara


    Penyakit kanker payudara dapat diketahui dengan pasti dengan cara pengambilan sample jaringan sel payudara yang mengalami pembenjolan (tindakan biopsi). Dengan cara ini akan diketahui jenis pertumbuhan sel yang dialami, apakah bersifat tumor jinak atau tumor ganas (kanker).


    Type Penyakit Kanker Payudara

    Melalui pemeriksaan yang di sebut dengan mammograms, maka type kanker payudara ini dapat dikategorikan dalam dua bagian yaitu :


    Kanker payudara non invasive
    , kanker yang terjadi pada kantung (tube) susu {penghubung antara alveolus (kelenjar yang memproduksi susu) dan puting payudara}. Dalam bahasa kedokteran disebut 'ductal carcinoma in situ' (DCIS), yang mana kanker belum menyebar ke bagian luar jaringan kantung susu.

    Kanker payudara invasive, kanker yang telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya bahkan dapat menyebabkan penyebaran (metastase) kebagian tubuh lainnya seperti kelenjar lympa dan lainnya melalui peredaran darah.


    Penanganan dan Pengobatan Penyakit Kanker Payudara


    Penanganan dan pengobatan penyakit kanker payudara tergantung dari type dan stadium yang dialami penderita. Umumnya seseorang baru diketahui menderita penyakit kanker payudara setelah menginjak stadiun lanjut yang cukup parah, hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan atau rasa malu sehingga terlambat untuk diperiksakan kedokter atas kelainan yang dihadapinya.

    Pembedahan, Pada kanker payudara yang diketahui sejak dini maka pembedahan adalah tindakan yang tepat. Dokter akan mengangkat benjolan serta area kecil sekitarnya yang lalu menggantikannya dengan jaringan otot lain (lumpectomy). Secara garis besar, ada 3 tindakan pembedahan atau operasi kanker payudara diantaranya ;
    • Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara (lumpectomy). Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.
    • Total Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
    • Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
    Radiotherapy (Penyinaran/radiasi), yaitu proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi. Tindakan ini mempunyai efek kurang baik seperti tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam, serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi.

    Therapy Hormon, Hal ini dikenal sebagai 'Therapy anti-estrogen' yang system kerjanya memblock kemampuan hormon estrogen yang ada dalam menstimulus perkembangan kanker pada payudara.

    Kemoterapi, Ini merupakan proses pemberian obat-obatan anti kanker dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker. Sistem ini diharapkan mencapai target pada pengobatan kanker yang kemungkinan telah menyebar kebagian tubuh lainnya. Dampak dari kemoterapy adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi.
    • Pengobatan Herceptin, adalah therapy biological yang dikenal efektif melawan HER2-positive pada wanita yang mengalami kanker payudara stadium II, III dan IV dengan penyebaran
    • Pencegahan Penyakit Kanker Payudara
    Bagi anda yang merasakan ada hal yang tampak berbeda pada payudara, segeralah memeriksakannya ke dokter jangan sampai terlambat. Misalnya adanya pembesaran sebelah, adanya benjolan disekitar payudara, nyeri terus menerus pada puting susu dan sebagainya seperti pada keterangan tanda dan gejala payudara diatas.

    Tindakan lain yang bisa anda lakukan adalah Hindari kegemukan, Kurangi makan lemak, Usahakan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C, Jangan terlalu banyak makan makanan yang diasinkan dan diasap, Olahraga secara teratur, dan Check-up payudara sejak usia 30 tahun secara teratur.

    Sumber : infopenyakit.com
    Read the full story

    Waspada Flu Babi

    Sudah 2 hari ini bunda azka nonton berita isinya tentang flu babi terus. Bahkan denger-denger flu babi sudah masuk ke indonesia. Sudah ada yang terkena bahkan ada juga yang meninggal. Waduuh.. ngeri juga nih. Bagi temen-temen blogger yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang penyakit flu babi ini, bisa membaca postingan bunda azka disini.


    Walau katanya flu babi itu tidak begitu berbahaya, tapi qta juga perlu waspada, karena flu babi ini berpotensi menimbulkan kematian loh.

    Read the full story

    Manfaat Jalan Kaki

    Minggu, Juli 12, 2009 18 komentar

    Semua orang pasti sudah gak asing lagi sama yang namanya jalan kaki. Semua orang, dari anak kecil, remaja, bahkan para yang telah lanjut usia senang sekali sama olahraga jalan kaki ini. Selain murah, ternyata jalan kaki itu punya banyak manfaat sehingga bisa membuat tubuh jadi sehat.

    Berikut ini adalah informasi yang bunda azka dapet, ternyata jalan kaki bisa menjinakkan 9 Penyakit.


    (1) Serangan Jantung. Pertama-tama tentu menekan risiko serangan jantung. Kita tahu otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Untuk itu, otot jantung membutuhkan aliran darah yang lebih deras dan lancar. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.

    Bukan hanya itu. Kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu. Hasil akhirnya, tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, perlengketan antarsel darah yang bisa berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh juga akan berkurang.

    Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki tergopoh-gopoh. Tidak banyak cara di luar obat yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Berjalan kaki tergopoh-gopoh tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.

    (2). Stroke. Kendati manfaat berjalan kaki tergopoh-gopoh terhadap stroke pengaruhnya belum senyata terhadap serangan jantung koroner, beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.

    (3). Berat badan stabil. Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

    (4). Menurunkan berat badan. Ya, selain berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu secara rutin. Kelebihan gajih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki cukup laju paling kurang satu jam.

    (5). Mencegah kencing manis. Ya, dengan membiasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk (National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).

    Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan (brisk walking), obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa berjalan kaki tergopoh-gopoh sama manfaatnya dengan obat antidiabetes.

    (6). Mencegah osteoporosis. Betul. Dengan gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.

    Mereka yang melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang.

    (7). Meredakan encok lutut. Lebih sepertiga orang usia lanjut di Amerika mengalami encok lutut (osteoarthiris). Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa mereda. Untuk mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.

    Satu hal yang perlu diingat bagi pengidap encok tungkai atau kaki: jangan keliru memilih sepatu olahraga. Kita tahu, dengan semakin bertambahnya usia, ruang sendi semakin sempit, lapisan rawan sendi kian menipis, dan cairan ruang sendi sudah susut. Kondisi sendi yang sudah seperti itu perlu dijaga dan dilindungi agar tidak mengalami goncangan yang berat oleh beban bobot tubuh, terlebih pada yang gemuk.

    Bila bantalan (sol) sepatu olahraganya kurang empuk, sepatu gagal berperan sebagai peredam goncangan (shock absorber). Itu berarti sendi tetap mengalami beban goncangan berat selama berjalan, apalagi bila berlari atau melompat. Hal ini yang memperburuk kondisi sendi, lalu mencetuskan serangan nyeri sendi atau menimbulkan penyakit sendi pada mereka yang berisiko terkena gangguan sendi.

    Munculnya nyeri sendi sehabis melakukan kegiatan berjalan kaki, bisa jadi lantaran keliru memilih jenis sepatu olahraga. Sepatu bermerek menentukan kualitas bantalannya, selain kesesuaian anatomi kaki. Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas kaki, bahkan di dalam rumah sekalipun, bisa memperburuk kondisi sendi-sendi tungkai dan kaki, akibat beban dan goncangan yang harus dipikul oleh sendi.

    (8) Depresi. Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki cepat juga membantu pasien dengan status depresi. Berjalan kaki tergopoh-gopoh bisa menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin. Studi ihwal terbebas dari depresi dengan berjalan kaki sudah dikerjakan lebih 10 tahun.

    (9). Kanker juga dapat dibatalkan muncul bila kita rajin berjalan kaki, setidaknya jenis kanker usus besar (colorectal carcinoma). Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara.

    Nah.. begitu banyak ya manfaat yang di dapat dari jalan kaki. Jadi mulai sekarang kita galakkan jalan kaki yuk....

    Sumber: kompas.com
    Read the full story

    Kue Kering Favorite Bunda azka

    Kamis, Juli 09, 2009 12 komentar

    Lama nih rasanya gak posting-posting, maklum.. sudah 2 hari ini migren suka kambuh, jadi agak malas untuk ngepost. Bentar lagi lebaran nih, gak terasa ya... Yoo.. bagi ibu-ibu yang suka bikin kue buat lebaran, bunda azka mau berbagi resep kue kering Favorite Bunda azka nih. Kue kering ini selalu bunda azka buat pada saat lebaran tiba. Bunda azka biasa buat Kaastengels, Nastar Keju sama Semprit Keju. Pokoknya bunda azka tuh paling suka sama kue kering yang ada campuran kejunya. Selain bikin kue jadi lebih nikmat, gurih dan tentunya bergizi dong.

    Ini resep bunda azka comot dari buku resep masakan sedap. Maklum, saya itu paling suka yang namaya mengoleksi buku-buku masakan. Bagi yang mau mencoba, monggooo....


    Kaastengels
    Bahan :
    175 gr margarine
    3 kuning telur
    175 gr keju edam parut
    175 gr tepung terigu
    30 gr tepung maizena
    1 kuning telur untuk olesan
    25 gr keju kraft parut untuk taburan

    Cara membuat :
    1. Kocok margarien hingga mengembang, masukkan telur dan terus kocok hingga mengembang.
    2. Masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata tambahkan keju edam dan aduk rata
    3. Pipihkan adonan tebal 1 cm, bentuk sesuai dgn selera. Taruh diloyang, olesi kuning telur dan taburi keju
    4. Oven selama ± 15 menit (hingga matang)

    Semprit Keju
    Bahan :
    200 gr margarine
    100 gr gula bubuk
    1 butir telur
    100 gr keju edam (parut dan jemur sebentar)
    50 gr keju cheddar parut
    250 gr tepung sagu
    50 gr tepung terigu

    Cara membuat :
    1. Kocok margarine, gula hingga lembut. Masukkan telur sambil terus dikocok hingga merata dan lembut.
    2. Masukkan keju edam, keju cheddar, tepung sagu dan terigu, aduk rata
    3. Cetak gunakan spuit bintang, bentuk sesuai selera( huruf s, panjang ato lingkaran ) diatas loyang
    4. Panggang selama ± 15 menit sampai matang.


    Nastar Keju
    Bahan :
    100 gr margarine
    3 kuning telur
    150 gr keju edam parut
    175 gr tepung terigu
    30 gr maizena
    1 kuning telur untuk olesan
    25 gr keju cheddar parut untuk taburan
    Selai nanas untuk isinya

    Cara membuat :
    1. Kocok margarine hingga mengembang, masukkan telur dan kocok hingga rata
    2. Masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata. Tambahkan keju edam dan aduk rata hingga hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.
    3. Bentuk adonan bulat, pipihkan isi dengan selai lalu bentuk sesuai selera. Taruh dilayang olesi dengan kuning telur dan taburan keju
    4. Oven dgn temperatur 160oC selama 15 menit.
    Read the full story

    Tips Controlling Cholesterol

    Sabtu, Juli 04, 2009

    Health is expensive, I have information about cervical cancer, Osteoporosis, benefits and dangers of coffee, how wise consume tea. This time I will provide information about cholesterol. Cholesterol in the body can cause various diseases. High cholesterol is not only experienced by those who well-fat, lean, but those who do not have means lower cholesterol. It can also befall those who are still young. Many of the age, the pattern must try to live healthy to be able to keep the cholesterol in the blood remained normal.

    There is fat in the body consists of the usual bad cholesterol called LDL (Low Density Lipoprotein) in which fat can stick to the blood vessel. While good cholesterol known as HDL (High Density Lipoprotein) is the fat that can be dissolved in the womb LDL body. Normal cholesterol in the body is 160-200 mg, the LDL contents accumulation should be prevented in order to remain in normal circumstances. Here are some tips that you can control the cholesterol in the blood.


    Diet
    Food consumption of low fat and cholesterol. For example with consume milk without reducing consumption of fat and meat. Choose food with no saturated fat contents than the saturated fat contents. Oil used to fry the repeated cholesterol level can increase, there is a good idea to reduce your consumption of fried food.

    Consumption of fibrous foods
    More fibrous foods such as wheat, beans, vegetables and fruits. This type of food can absorb the cholesterol in the blood and remove it from the body.

    Consumption of antioxidants
    Many antioxidants found in fruits such as oranges, strawberry, papaya, carrots, or squash. Consume garlic regularly can also lower the cholesterol level.

    Avoid alcohol and smoking
    With smoke or consume alcohol, cholesterol will easily accumulate in the bloodstream.

    Sports
    Exercise regularly according to the age and ability. Keep the weight of your body still ideal.

    Read the full story