Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Kamis, Maret 12, 2009 Leave a Comment

Semua wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, bebas dari jerawat maupun flek hitam. Namun salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita Asia, terutama yang berusia di atas 30 tahun, adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah.

Pigmentasi kulit atau melasma, bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah, akibat paparan sinar matahari.

Selain sinar matahari, melasma juga dapat terjadi akibat pemakaian obat hormonal, misalnya obat pencegah kehamilan. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.


Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Bisakah Flek Dilenyapkan?

Melenyapkan flek dari permukaan wajah, bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek hilang dan tak muncul kembali.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah.

Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah.

Namun dengan adanya peralatan modern saat ini, flek dapat dengan cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

Pertama-tama yang harus dilakukan, adalah melakukan facial. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah serta mencegah dan mengikis flek.

Caranya:

- Usapkan krim pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
- Bersihkan wajah, lalu gosok dengan menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
- Cuci wajah, lalu lumuri wajah dengan masker.
- Setelah masker mengering, wajah kembali dibersihkan, selanjutnya gunakan pelembab.

Anda baru akan merasakan manfaatnya, bila melakukan facial secara rutin selama 10 kali. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa parah flek yang Anda derita. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah dengan flek yang agak meluas, sebaiknya lakukan facial seminggu sekali dan dibantu dengan krim malam.

Salah satu bahan facial yang kini mulai banyak dipakai dan dianggap cukup berkhasiat membersihkan flek, adalah spirulina. Spirulina adalah ganggang laut yang sudah dikemas dalam bentuk masker semacam lumpur, fungsinya untuk mengurangi flek karena strukturnya seperti scrub. Spirulina juga tersedia dalam bentuk kapsul dan diminum sebagai suplemen.

Dengan perawatan seminggu sekali, selama sepuluh kali perawatan facial, flek akan memudar. Namun tentu saja, efeknya akan lebih memuaskan adalah anda harus rajin dan rutin melakukannya.

Melakukan Facial Sendiri, Bisakah?

Perawatan facial sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan buah-buahan atau bahan alami.

Masker Bengkuang atau Mentimun

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitu pun Mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar.

Tapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tak hati-hati, alih-alih menyembuhkan, kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, inilah yang harus Anda lakukan:

- Oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
- Basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

Perawatan dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkoang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

Irisan Jeruk Nipis

Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah dan seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

Teh

Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh yang mengandung tanin sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut. Caranya:
- Inapkan secangkir teh kental semalam.
- Oleskan air teh ke seluruh kulit wajah dan tubuh.
- Biarkan kering dengan sendirinya.
- Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah, Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda sekaligus melakukan perawatan kulit wajah dan mata.

Hindari Toner Wajah


Saat membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Anda tak memerlukan toner, astringent atau face tonik, karena pemakaiannya akan berlebihan sehingga justru mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

Jika Anda rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihakan menggunakan scrub. Perlu diingat, penggunaan bahan alami memang hasilnya tak bisa instan seperti yang dilakukan dengan laser atau lainnya di salon-salon. Tapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya. Selamat mencoba!


TIGA JENIS KULIT WAJAH

Sebelum melakukan perawatan wajah, sebaiknya Anda kenali dulu jenis kulit Anda. Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

Kulit Normal

- Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
- Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
- Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
- Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Kulit Berminyak
- Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
- Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
- Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Kulit Kering
- Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
- Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
- Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.

Kulit Sensitif
- Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
- Kulit umumnya kering dan terkesan "tipis" sekali.
- Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.


Klik di sini untuk sumber artikel.

22 komentar »

  • BIG SUGENG said:  

    Wah pernik-pernik ini cocoknya untuk ibu-ibu dan mba mba, susah banget yaa

    kalau trik menghilangkan noda di baju sih gampang, caranya justru langsung dipanaskan di matahari (dijemur) tapi njemurnya di depan rumah .... nanti kan hilang sendiri (diambil orang he he he )

  • MGYP said:  

    Wah infonya bagus, kebetulan aq juga suka peeling dan maskeran dirumah! Ntar dicoba ah pake buah-buahan yang segar, kan lebih alami!

  • yanuar catur rastafara said:  

    ini bunda,yang aq cari2
    hehehehehe
    soalnya wajah q bukan hanya flek hitam saja
    tapi rata hitam semua
    hohohohohohohoho
    tengkyu bunda

  • ayuzuricha said:  

    bunda aku berminyak :( ndak berani pake apa-apa, ke kampus cuma bedak lipstik tipis doang :D bentar lagi mu ujian kompre bunda, mohon doa restunya yah :D

  • ziezie said:  

    nice tips sis..thanks alot ya...zie comot ah biar zie ga males bersih2 wajah hehehe

  • wahid kudu said:  

    sobek aja wajah nya kan hilang

  • DokterP said:  

    bahan facial ganggang laut bisa didapat dimana?

  • Anonim said:   Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  • chunxue said:   Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  • flek hitam said:  

    informasi yang sangat berguna. terimakasih.

  • hot news report today said:  

    flek hitam...takut!!!

  • Anonim said:  

    mmmmmmmm....qu cba dueh,,,coalx dh aq cba pke cara apa ja flek htam di wjahku szah bnget ilangx :(

  • ussy said:  

    nthu cepet ilang kan ??

  • Adik Santoso said:  

    Kecewa dan lelah dengan produk perawatan kulit, atau bolak balik ke klinik kecantikan
    dan hanya diberi krim siang dan malam, yg belum tentu mengatasi masalah anda
    Menghilangkan Flek, bopeng,lubang jerawat, scar, anti penuaan, keloid, bekas luka, kulit rusak dll dll

    silahkan browse web berikut ini:
    1. http://www.indosupplier.com
    2. http://dermaroller-jakarta.blogspot.com
    3. http://scar-esthetique.blogspot.com
    MENGATASI DENGAN CEPAT, AMAN, dan TERPERCAYA

    Dermaroller :
    Memperbaiki lubang bekas jerawat (ance scars) Mengecilkan pori-pori ,Menghilangkan kerutan disekitar wajah dan Badan, Menghilangkan bercak putih dan kehitaman pada kulit BEKAS jerawat /cacar yang kerap membuat orang minder.
    Tapi masalah itu tak perlu ditakuti lagi, sudah ada perawatan yang bernama dermaroller, yang mampu mengubah wajah bopeng Anda menjadi mulus kembali.

    Scar Esthetique
    merupakan kemajuan modern dalam perawatan kulit bekas luka yang efektif pada bekas luka bedah, luka traumatis, bekas jerawat, lubang jerawat, bekas luka hipertropi, keloid ,bekas luka dan luka bakar. Cream ini terasa dingin dan sejuk dikulit

    meningkatkan pembaharuan sel, kulit lebih halus dengan cara merangsang pergantian sel kulit mati sebesar 25% hanya dalam 3 minggu, meningkatkan pernapasan kulit dan oksigenasi sel-sel kulit, dan mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan secara keseluruhan.
    Echoderm untuk juga meningkatkan efektivitas dari produk ini dan mengoptimalkan penyerapan bahan aktif ke dalam 3 lapisan kulit.

    Scar Esthetique dapat membantu pertumbuhan jaringan baru, melunakkan bekas luka , membatasi bekas luka ,meratakan, dan mengadaptasi bekas luka terhadap kulit yang sehat disekitarnya.

    Scar Esthetique juga dapat mengurangi kemerahan di sekitar bekas luka, mengurangi ketidaknyamanan gatal yang dapat terjadi di sepanjang garis bekas luka, dan membantu menjaga keseimbangan kelembaban kulit dan elastisitas kulit disekitarnya.

    Scar Esthetique bisa efektif dan mempunyai manfaat pada bekas luka baru dan lama. Untuk bekas luka baru, Scar Esthetique hanya boleh diterapkan setelah luka telah sepenuhnya tertutup.

    Dokter menyarankan Scar Esthetique untuk perawatan bekas luka yang paling efektif pengobatan.

  • nana hasan said:  

    artikelnya bagus banget. makasih yaa...

  • sabun zaitun said:  

    Ada beberapa cara yang baik dalam menghilangkan flek-flek hitam di wajah. Salah satunya adalah memanfaatkan minyak zaitun bisa dalam bentuk cairan atau bentuk sabun

  • eMingko said:  

    wah bisa diterapkan ni, mksi tipsnya :)

  • Anonim said:  

    ngomomg2 soal pelembab yg mengandung merkuri dan asam salisilat, kayaknya flek hitamku skrg diduga akibat pemakaian pelembab tertentu yg udah lama bgt aq pake
    hiks,,,

  • Diana Sesarin said:  

    Terima kasih buat tipsnya.

  • Anonim said:  

    terimakasih atas informasinya yaaa....

  • Leave your response!