Tips Mengatasi Bau Mulut

Kamis, April 30, 2009 7 komentar

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BAU MULUT. Semua orang juga tentu pernah merasakan yang namanya bau mulut. Selain membuat tidak nyaman, Bau mulut juga bisa menggangu komunikasi. Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa bau mulut itu disebabkan karena adanya gigi yang berlubang. Cari tahu yuk tentang BAU MULUT dan Bagaimana Tips Mengatasi Bau Mulut tersebut.


BAU Mulut, yang secara medis disebut halitosis, dapat muncul akibat tidak teraturnya kegiatan membersihkan gigi. Bisa juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan serius. Bau mulut juga bisa muncul gara-gara makanan yang Anda konsumsi dan kebiasaan tidak sehat lain.

BAU Mulut yang terus menerus terjadi bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit gusi. Ini akibat adanya plak pada gigi. Bakteri dalam gigi dapat mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi gusi. Jika penyakit ini tidak diselesaikan akan merusak gusi dan rahang Anda. Tidak pasnya kawat penyangga gigi, infeksi jamur dan karies juga sebabkan bau mulut.

Mulut kering atau xerostomia juga dapat menyebabkan bau mulut. Ludah diperlukan untuk melembabkan dan menetralkan asam yang diproduksi plak, juga mencuci sel-sel yang mati yang terkumpul di lidah, gusi, dan dagu. Jika tidak dikeluarkan, sel-sel ini akan menyebabkan bau mulut. Mulut kering bisa jadi disebabkan oleh pengobatan tertentu, masalah pada kelenjar ludah atau pengobatan saluran napas yang dilakukan lewat mulut.

Bagaimana Tips Mengatasi Bau Mulut ala Bunda Azka

  1. Periksa ke dokter gigi secara teratur. Setidaknya enam bulan sekali.
  2. Jaga makan Anda. Rajinlah sikat gigi, dua kali sehari dengan pasta gigi untuk hilangkan plak. Jangan lupa sikat juga lidah Anda. Ganti sikat gigi setiap 2-3 bulan sekali.
  3. Jangan banyak merokok, karena selain gak baik buat kesehatan, rokok juga bisa membuat mulut jadi bau.
  4. Jangan banyak minum kopi, karena selain kopi itu mengandung stimulan, juga gak baik buat gigi karena bisa menyebabkan plak dan nantinya bisa menimbulkan bau mulut yang tak sedap.
  5. Banyak minum air putih, selain sehat air putih juga dapat menggelontor partikel makanan dan bakteri juga merangsang produksi ludah.
  6. Bisakan hidup sehat

Semoga Tips Mengatasi Bau Mulut tersebut bisa bemanfaat.


*dari berbagai sumber
Read the full story

Flu Babi

Selasa, April 28, 2009 30 komentar

Beberapa hari ini, masyarakat dunia termasuk indonesia sedang di gegeri berita tentang adanya virus flu babi. Wah... ngeri juga ya?? Padahal yang flu burung kemarin aja sudah membuat masyarakat indonesia panik, termasuk juga saya. Oke deh... kita cari tahu yuk apa itu flu babi? bagaimana penularannya? Apa saja gejala yang dialami jika terkena flu babi? dan yang terakhir adalah bagaimana cara pencegahan kita terhadap virus flu babi ini.



Apa Itu Flu Babi?

Flu babi adalah jenis influenza yang disebabkan oleh virus H1N1 yang sebelumnya dikenal menyerang babi. Virus flu babi yaitu H1N1 merupakan mutasi virus influenza A dan biasanya ditemukan di Asia dan Eropa.

Menurut wikipedia

Flu babi adalah kasus-kasus influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A. Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3.

Bagaimana penularan flu babi?

Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.

Apa saja gejala yang dialami jika terkena flu babi?

Gejala infeksi virus flu babi termasuk demam, diorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, kehilangan kesadaran, yang berakhir pada kematian. Menurut Pusat Imunisasi dan Penyakit Pernapasan Amerika Serikat, virus H1N1 kebal terhadap obat anti flu seperti amantandine dan rimantandine. Namun zat aktif obat anti flu burung Tamiflu yaitu oseltamivir dan zat aktif obat anti influenza A, zanamivir, efektif mengatasi gejala flu babi pada manusia.


Bagaimana cara pencegahan kita terhadap virus flu babi?

Yang pasti sih hindari kontak langsung dengan babi
Karena penularan flu babi melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita, kemudian Masa inkubasinya 3-5 hari. Maka masyarakat dihimbau untuk mewaspadai seperti halnya terhadap flu burung. Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas, dan segera memeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu adalah tahap awal menghindari flu babi.

Semoga dengan informasi tentang flu babi di atas, kita semua bisa mewaspadainya dan terhindar dari flu babi tersebut.


*dari berbagai sumber

Read the full story

Cari Tau Yuk Ciri-ciri Makanan Berformalin

Minggu, April 12, 2009 44 komentar

Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Di dalam formalin terkandung sekitar 37 persen formaldehid dalam air. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15 persen sebagai pengawet. Formalin dikenal sebagai bahan pembunuh hama (desinfektan) dan banyak digunakan dalam industri.

Nama lain formalin : Formol, Methyl aldehyde, Paraforin, Morbicid, Oxomethane, Polyoxymethylene glycols, Methanal, Formoform, Superlysoform, Formic aldehyde, Formalith, Tetraoxymethylene, Methyl oxide, Karsan, Trioxane, Oxymethylene, Methylene glycol



Manfaat Formalin
  • Pembunuh Kuman, sehingga dimanfaatkan untuk pembersih lantai, kapal, gudang dan pakaian.
  • Pembasmi lalat dan berbagai serangga lain.
  • Bahan pembuatan sutra buatan, zat pewarna, cermin kaca dan bahan peledak.
  • Dalam dunia fotografi biasanya digunakan untuk pengeras lapisan gelatin dan kertas.
  • Bahan pembuatan urea.
  • Bahan pembuatanparfum.
  • Bahan pengawet produk kosmetika dan pengeras kuku, biasanya dipakai untuk pengawet mayat.
  • Pencegah korosi untuk sumur minyak.
  • Bahan untuk insulasi busa.
  • Bahan perekat untuk produk kayu lapis (plywood)
  • Dalam konsentrasi yang sangat kecil(1 persen) digunakan sebagai pengawet untuk berbagai barang konsumen seperti pembersih rumah tangga, cairan pencuci piring, pelembut, perawat sepatu, sampo mobil, lilin dan karpet.

Bahaya utama formalin jika terhirup, mengenai kulit dan tertelan manusia, dapat menimbulkan luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran pernafasan, reaksi alergi dan bahaya kanker. Bagaimana mengenali makanan yang mengandung formalin? Berikut beberapa hal yang dapat anda jadikan pertimbangan..

Ciri-ciri Mi Basah yang Mengandung Formalin:
Tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 derajat celsius). Bau agak menyengat, bau formalin. Tidak lengket. Mi berformalin lebih mengilap dibandingkan mi tanpa formalin.

Ciri-ciri tahu berformalin:
Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat celsius). Bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es ( 10 derajat celsius). Tahu terasa terlampau keras, namun tidak padat. Bau agak menyengat, bau formalin.

Ciri-ciri bakso berformalin:
Tidak rusak sampai lima hari pada suhu kamar ( 25 derajat celsius) dan teksturnya sangat kenyal

Ciri-ciri ikan segar berformalin:
Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar ( 25 derajat celsius). Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar. Warna daging ikan putih bersih. Bau menyengat, bau formalin

Ciri-ciri ikan asin berformalin:
Tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu kamar ( 25 derajat celsius). Warna ikan bersih cerah dan tidak berbau khas ikan asin

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat ya... sehingga kita bisa waspada dan menghindari makanan yang mengandung formalin.

Sumber: Wikipedia dan perempuan.com
Read the full story

Facebook dan YouTube Pada Jam Kerja Menjadikan Anda Karyawan yang Lebih Baik

Jumat, April 10, 2009 17 komentar


Apakah Anda pernah tertangkap sedang menggunakan situs jejaring sosial semacam Facebook atau Twitter? Jangan khawatir, karena menurut sebuah studi dari Australia, mereka yang berselancar internet untuk hiburan pada jam kantor memiliki peningkatan produktivitas dibandingkan mereka yang tidak.

University of Melbourne melakukan studi dan menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan Internet untuk keperluan pribadi rata-rata memiliki produktivitas 9% lebih tinggi daripada mereka yang tidak menggunakannya.

Penulis studi, Bren Coker, dari departemen management and marketing, mengatakan "workplace Internet leisure browsing," atau WILB membantu mempertajam konsentrasi pekerja.

“Orang-orang perlu keluar sebentar untuk mendapatkan kembali konsentrasi mereka,” kata Coker pada situs universitas ( www.unimelb.edu.au/)

“Istirahat yang singkat dan ringan ,seperti berselancar di Internet memungkinkan pikiran untuk mengistirahatkan dirinya, yang menciptakan konsentrasi bersih yang lebih tinggi dalam sehari kerja, dan sebagai hasilnya, peningkatan produktivitas,” katanya.

Menurut studi yang dilakukan pada 300 pekerja, 70% pekerja yang menggunakan Internet pada jam kerja melakukan WILB.

Aktivitas WILB yang paling popular diantaranya adalah mencari informasi mengenai sebuah produk, membaca situs berita online, bermain game online dan menonton video di YouTube.

“Perusahaan sudah membuang jutaan dollar untuk software yang dapat memblokir akses karyawan untuk menonton video, menggunakan situs jejaring sosial atau berbelanja online dengan anggapan bahwa hal tersebut akan membebani biaya produktivitas bernilai jutaan dollar,” kata Coker. “Namun keadaan tidak selalu seperti itu.”

Namun, kata Coker studi ini dilakukan hanya kepada orang-orang yang menggunakan waktu berselancar kurang dari 20% dari total waktu kerja mereka di kantor.

“Mereka yang memiliki tingkah laku seolah kecanduan internet akan memiliki tingkat produktivitas yang lebih rendah daripada mereka yang tidak,” katanya.(reuters)


Read the full story

Pempek Palembang

Selasa, April 07, 2009 50 komentar

Setelah kemaren saya cerita-cerita tentang wisata kota malang dan Oleh-oleh khas malang, kali ini saya akan bercerita tentang pempek palembang. Bagi yang wong kito galo, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pempek ini. Berhubung suami orang palembang, makanya saya jadi doyan banget nih makan pempek, tekwan, model, otak-otak dan tak lupa si kerupuk kemplang yang rasa ikannya begitu terasa. Duuh... klo inget itu bawaannya mao pulang deh ke palembang.


Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam". Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, dan pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan

Sejarah pempek
Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Namun cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Walaupun begitu sangat mungkin pempek merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

Sumber: Wikipedia

Klo sudah begini, bawaannya mo beli pempek nih.

Read the full story

Selecta Malang

Minggu, April 05, 2009 22 komentar

Postingan kali ini, saya akan bercerita tentang wisata yang ada di malang selain coban rondo, yaitu selecta. Malang selain terkenal dengan kota pendidikan, oleh-oleh khas malangnya, ternyata malang juga terkenal dengan tempat wisatanya.
Kira-Kira apa ya yang membedakan antara wisata coba rondo dengan selecta.

Berikut ini ada informasi tentang wisata selecta malang.




Taman rekreasi Selecta terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur dengan dikelilingi oleh Gunung Arjuno, Welirang dan Anjasmoro, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari kota Malang dan 2 jam dari kota Surabaya. Tinggi dari permukaan laut 1.150 m dengan suhu udara berkisar antara 15° C – 25° C dan kedinginan air berkisar 18° C.

Selecta didirikan oleh seorang warga negara Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1930 sebagai tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi warga negara Belanda saat berada di Indonesia, sesuai dengan nama Selecta yang berasal dari kata selectie yang berarti ”pilihan”. Dan pada akhirnya Selecta menjadi sebuah karya monumental bagi sebuah konsep tatanan wisata yang menggabungkan unsur keindahan dan kesejukan alam pegunungan yang menjadi cikal bakal pariwisata Jawa Timur.

Pada awal masa kemerdekaan, Selecta merupakan tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi semua lapisan masyarakat negeri ini, mulai dari rakyat biasa hingga elit politik negeri ini, termasuk Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden di masa itu.

Dari masa kemerdekaan tersebut hingga masa sekarang, Selecta tetap mempertahankan tatanan sebagai tempat wisata eksotis yang indah dan sejuk, sehingga tetap menjadi tujuan wisata pilihan bagi semua lapisan masyarakat negeri ini dan wisatawan manca negara. Bahkan Selecta telah mengembangkan diri menjadi taman rekreasi dengan fasilitas yang lengkap tanpa mengurangi nilai sejarah dan keasriannya.

Sekarang, Selecta tidak hanya mempunyai kolam renang dengan air pegunungan yang segar dan jernih, tetapi juga dilengkapi taman bunga yang luas dan indah serta taman bermain anak dengan segala fasilitas bermain untuk anak, termasuk becak mini dan mobil mini. Kolam perahu dengan fasilitas perahu kano dan sepeda air, arena jogging seluas 6 hektar dan arena untuk berkuda serta tempat out bond yang ideal. Ketika memasuki areal taman rekreasi Selecta, pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir, karena luas tempat parkir mencapai 3 hektar dan sebuah masjid yang representatif di areal tersebut. Ketika turun dari kendaraan, pengunjung disuguhi akuarium dalam ukuran yang sangat besar dipenuhi berbagai macam ikan air tawar dan sebuah gua unik yang bernama Gua Singa.

Foto ini diambil thn 2004, dimana saya pergi kesana bersama teman-teman kuliah dan teman kost.

Kapan ya... bisa kesana lagiiiii.
Pemandangannya yang hijau membuat saya kangen ingin pergi kesana lagi.
Read the full story

Osteoporosis dan Wanita

Sabtu, April 04, 2009 25 komentar

Kenapa ya sering kali osteoporosis itu di identikkan dengan wanita? Mengapa juga osteoporosis itu selalu lebih banyak terkena pada wanita daripada pria? Sebenarnya apa itu osteoporosis, gejala-gejala apa bila kita terkena osteoporosis dan bagaimana mencegah terjadinya osteopososis? Berikut ini ada beberapa informasi tentang osteopososis. Semoga bisa bermanfaat ya...



Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kepadatan tulang mulai berkurang dan disertai kerusakan mikroarsitektur tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.

Osteoporosis dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Namun resiko terjadinya osteoporosis pada wanita lebih tinggi karena mengalami menopause (> 45 tahun). Yaitu masa dimana terjadi penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh (= masa berhenti haid). Sedangkan pada pria osteoporosis terjadi di usia lanjut ( > 70 th).

Osteoporosis disebabkan gangguan metabolisme tulang, yaitu kerja sel penghancur tulang melebihi kerja sel pembentuk tulang. Akibatnya lama kelamaan tulang menjadi keropos. Gangguan ini dapat terjadi secara fisiologis akibat proses penuaan yang disertai dengan menurunnya hormon, kurang asupan kalsium dan vitamin D, disertai dengan faktor-faktor pendukung lainnya.

Gejala yang timbul bervariasi, namun umumnya terjadi tanpa gejala, sehingga seringkali seseorang tidak menyadari dirinya menderita osteoporosis sampai terjadinya patah tulang.

Untuk mengetahui secara dini terjadinya osteoporosis, dapat digunakan beberapa pemeriksaan seperti :
  • Pengukuran kepadatan massa tulang (Bone Mineral Density/BMD) dengan Densitometer.
  • Pemeriksaan Laboratorium dengan mengukur petanda biokimiawi untuk mengetahui keseimbangan pembentukan dan penghancuran tulang.
Akibat yang ditimbulkan dari osteoporosis yaitu mudah terjadi patah tulang, meskipun hanya karena trauma ringan ataupun saat mengangkat beban berlebih. Tubuh makin lama makin membungkuk.

Untuk itu perlu diketahui cara mencegah terjadinya osteoporosis. Antara lain :
  • Kalsium yang cukup; kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang, karena itu kebutuhan akan kalsium harus dipenuhi. Sumber kalsium yang terbaik adalah makanan, tetapi bila tidak mencukupi maka diperlukan tambahan kalsium dari suplemen kalsium.
  • Makanan yang banyak mengandung kalsium : susu, keju, yogurt. Kebutuhan kalsium usia > 50 th : 800-1200 mg.
  • Vitamin D; diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium pada usus, sehingga asupan kalsium dapat digunakan tubuh dengan maksimal. Kebutuhan vitamin D usia > 50 th : 5 mcg.
  • Bifosfonat; obat golongan bifosfonat bekerja dengan cara menghambat kerja sel penghancur tulang secara berlebihan. Berberapa jenis obat golongan bifosfonat seperti alendronate, dapat digunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Olahraga yang teratur; dianjurkan untuk melakukan weight bearing / olahraga yang memberikan tekanan pada tulang.
  • Memperbaiki kebiasaan hidup; menghindari rokok, alkohol, dan kopi yang berlebihan karena dapat mengganggu pembentukan tulang.
  • Pemeriksaan tulang; melakukan pemeriksaan tulang untuk mengetahui osteoporosis secara dini. Pengobatan osteoporosis :
  • Terapi hormon pengganti; terapi hormon pengganti pada wanita post menopause. Terapi ini selain dapat mengobati osteoporosis, juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup wanita.

Sumber : buklet "Mengenal Osteoporosis", Novell Pharmaceutical Laboratories
( balita-anda.indoglobal.com)

Read the full story

Tips Mengatasi Migrain Ala Bunda Azka

Kamis, April 02, 2009 12 komentar

Beberapa hari ini rasanya koq migrain sering kambuh ya? Cenut-cenut gitu, jadi bikin males ngapa-ngapain dan belum lagi emosi jadi meningkat. Bagi yang belum tahu, Migrain adalah sakit kepala yang hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, biasa disebut juga sakit kepala sebelah.

Ada beberapa penyebab migrain, misalnya stres, kurang tidur, perubahan cuaca, tidak makan, bau menyengat atau asap rokok dan terlalu lama terkena sinar matahari.


Wanita biasanya dua sampai tiga kali lebih sering terkena migrain dibanding laki-laki. Migrain paling sering mengenai orang dewasa (umur antara 20 sampai 50 tahun), tetapi seiring bertambahnya umur, tingkat keparahan dan keseringan semakin menurun. Migrain biasanya banyak mengenai remaja.

Berikut ini ada beberapa tips mengatasi migrain ala bunda azka
  1. Jika migrain menyerang, jangan langsung minum obat. Karena jika keseringan minum obat, maka jika migrain menyerang lagi maka perlu dosis obat yang tinggi untuk mengobatinya.
  2. Segeralah minum jahe anget atau bila tidak ada bisa susu hangat maupun teh, supaya pikiran bisa tenang dan badan jadi hangat.
  3. Segeralah tidur supaya otot-otot kepala menjadi rileks, jadi migrain bisa hilang.
  4. Kalau bisa, olahraga yang teratur karena itu bisa melancarkan peredaran darah
  5. Hindari penyebab migrain seperti hindari stress, dan tidur dengan teratur.
  6. Kalau memang semua tips yang di atas belum berhasil, ya sudah deh pilihan terakhir ya minum obat deh...

Mudah-mudahan tips di atas bisa membantu bagi teman-teman yang sering migrain. Jika teman-teman ada yang punya tips lain, bisa di share disini koq.
Read the full story

Bahaya Kemasan Pembungkus

Rabu, April 01, 2009 23 komentar

Kadang saya sempat berpikir, kenapa orang-orang masih menggunakan pembungkus yang berbahaya seperti styrofoam dan kertas koran. Apakah mereka itu tidak mengetahui akan bahaya dari kemasan tersebut? Berikut ini akan saya beri informasi tentang bahaya dari styrofoam dan kertas koran jika digunakan sebagai kemasan pembungkus makanan. Semoga dengan informasi ini, kita tidak lagi menggunakan itu sebagai pembungkus.


Styrofoam atau Polistirena

Styrofoam yang dibuat dari kopolimer stiren, mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Styrofoam mampu mempertahankan panas dan dingin, mampu mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, dan juga biayanya murah, serta ringan.

Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem endokrinologi dan reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan. Secara tidak langsung kalau kita sering menggunakan styrofoam ini bisa menyebabkan kanker.

Tips dari bunda azka.
Jika kita membeli makanan, maka jangan menggunakan styrofoam sebagai pembungkusnya. Hindari pula makan pop mie, karena itu menggunakan bahan styrofoam.


Koran


Kertas koran dan majalah yang sering digunakan untuk membungkus makanan, terdeteksi mengandung timbal (Pb) melebihi batas yang ditentukan. Di dalam tubuh manusia , timbal masuk melalui saluran pernapasan kita.

Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai dengan gejala pucat, sakit, dan lumpuh. Keracunan bisa bersifat kronis dan akut. Tahukah Anda bahwa bahan yang panas dan berlemak yang diletakkan pada koran tsb mempermudah berpindahnya timbale ke makanan tsb.

Tips dari bunda azka.

Lebih baik gorengan tersebut ditaruh di piring. Atau bila kita membelinya di pinggir jalan, langsung kita ambil pakai tangan dan tidak perlu dibungkus koran. Tapi ya nunggu gorengannya hangat dulu ya... jangan panas-panas langsung comot.

Read the full story