Coban Rondo

Jumat, Januari 30, 2009 41 komentar

Hemmm...Kali ini saya akan menulis tentang obyek wisata di malang nih. Temanya tentang air terjun coban rondo, ada yang tau?? Bagi orang-orang yang tinggal di malang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata ini. Bagi temen-temen yang suka akan wisata alam, mungkin coban rondo ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata jika berkunjung ke malang jawa timur. Dijamin deh... gak akan nyesel klo datang kesini. Air terjun coban rondo ini punya cerita loh... Mau tau kenapa juga air terjun ini dinamakan coban rondo?? Cari tahu yuk tentang coban rondo...




Info dan Lokasi:
Wisata Coban Rondo yang terletak di Desa Pondesari, Kecamatan Pujon, ini berada pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata sekitar 22 derajat Celcius dengan curah hujan kurang lebih 1.721 milimeter per tahun. Airnya berasal dari sumber di Cemoro Dudo, dengan debit 150 liter per detik pada musim hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau. Obyek ini memang berada di kawasan yang dikuasai Perum Perhutani, sehingga pengelolaan wisatanya pun ditangani pihak Perhutani.


Coban rondo berasal dari kisah penantian seorang janda
Ceritanya begini nih....

Asal usul Coban Rondo berasal dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Setelah pernikahannya berjalan selapan (35 hari), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro.

Orangtua Dewi melarang keinginan tersebut, tapi pengantin baru itu tetap bersikeras untuk melakukan perjalanan yang diinginkan. Di tengah jalan mereka bertemu dengan Joko Lelono yang tidak jelas asal-usulnya. Melihat kecantikan Dewi Anjarwati, Joko Lelono terpikat dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ia langsung akan merebut dari tangan Baron Kusuma, yang dengan tegas juga ingin mempertahankan istrinya.

Perkelahian pun tidak terhindarkan. Sebelum duel berlanjut, Baron Kusuma minta kepada ponakawan (pelayan) yang menyertai untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di tempat yang ada cobannya (air terjun). Pikirnya, setelah mengalahkan Joko Lelono ia akan menyusul istri dan pelayannya itu ke tempat persembunyian mereka.

Akan tetapi, ternyata dalam perkelahian itu mereka berdua mati bersama, dan Dewi Anjarwati pun menjadi janda (rondho). Sejak itulah mereka menyebut tempat persembunyian Dewi Anjarwati itu sebagai Coban Rondo (Air Terjun Janda). Batu besar yang terletak di dasar coban itu konon merupakan tempat Dewi Anjarwati duduk menantikan sang suami.


Jadi inget nih ma foto kenangan wisata coban rondo bareng teman-teman kost dan teman ngaji semasa kuliah dulu. Klo kesini dijamin seru deh... bisa main-main air nih sepuasnya hehe...


Bagi yang ingin berwisata ke coban rondo, mungkin informasi ini akan sedikit membantu. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Batu akan sangat mudah menemukannya. Jika menggunakan angkutan umum, bisa memulai dari terminal bis Batu dan dilanjutkan dengan bis ke arah Kediri atau Jombang dan turun di mulut pintu masuk wisata Coban Rondo.
Read the full story

Manfaat dibalik Cuka dan Garam

Jumat, Januari 23, 2009 29 komentar

Rasanya sudah lama nih saya tidak posting di blog yang coretan ini, hal ini dikarenakan sibuk ngurusin azka yang sudah mulai MPASI. Disini saya mau memberikan tips atau manfaat dibalik cuka dan garam yang biasa kita pergunakan sehari-hari di dapur, salah satunya untuk memberikan rasa pada makanan yang kita buat. Cari tahu yuk tentang manfaat dibalik cuka dan garam.


Menghilangkan Lengket di Wajan
Sebagai ibu rumah tangga (IRT) yang gemar memasak, tentu saja akan kesal saat makanan yang digoreng tiba-tiba lengket di wajan penggorengan. Berikut ini tips agar wajan tidak lengket lagi.

Tips:
Wajan yang sudah dicuci bersih dibasahi dengan sedikit air diseluruh permukaannya. Kemudian ambil 1 sdm garam dan 1 sdm cuka, gosokkan keseluruh permukaan wajan hingga rata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajan hingga bersih.


Pembersih Noda Kopi dan Teh Pada Cangkir
Noda kopi dan teh pada cangkir seringkali membuat kita jengkel. Sayang kan, bila cangkir ternoda oleh bekas kopi atau teh. Berikut ini tips agar cangkir kita terbebas dari noda

Tips:
Campur cuka dan garam hingga rata. Gosokkan pada cangkir yang bernoda, lalu cuci cangkir dengan sabun cuci piring.


Penghilang Gatal-gatal
Saat berkebun, terkadang tanpa disangka bulu ulat menempel ke kulit dan menimbulkan gatal yang begitu digaruk, tubuh menjadi bentol-bentol. Berikut ini tips untuk mengurangi rasa gatal dan mengempeskan bentol tersebut.

Tips:
Ambil sedikit garam dapur, campur dengan minyak goreng lalu oleskan dan gosok perlahan-lahan di atas bentol-bentol. Beberapa saat kemudian rasa gatal dan bentol pun akan hilang.


Menghilangkan Noda Minyak Pada Kertas
Kertas atau arsip penting kadang-kadang tidak sengaja terkena noda minyak, tentu akan sangat menjengkelkan bukan? Berikut ini ada tips untuk menghilangkan noda minyak pada kertas.

Tips:
Gosokkan garam secukupnya pada kertas yang terkena percikan minyak, kemudian jemur.


Semoga tips-tips di atas bisa membantu para ibu-ibu ya....
Selamat mencoba

Read the full story

Trimester Ketiga

Kamis, Januari 15, 2009 9 komentar

Setelah kita mengetahui tanda-tanda kehamilan dan dilanjut dengan perubahan yang terjadi di trimester pertama dan trimester kedua. Kali ini saya akan menuliskan tentang perubahan yang terjadi di trimester ketiga kehamilan. Dimana pada trimester ketiga ini adalah saat-saat menanti kelahiran bayi anda. Kira-kira apa yang terjadi pada Anda dan calon bayi anda di trimester ketiga ini...


Bulan ke-7, ke-8, ke-9 Anda


Dalam tiga bulan terakhir ini, beberapa penyakit menghilang tetapi penyakit lain dapat bertambah parah. Beberapa masalah muncul disebabkan karena ukuran tubuh anda yang semakin membesar.

  • Uterus menjadi sangat besar dan keras Uterus terasa berkontraksi dan terkadang terasa mengencang.
  • Otot-otot menjadi semakin rileks sebagai persipan melahirkan. Kondisi ini menyebabkan frekuensi buang air kecil semakin meningkat sekitar 5 menit sekali, bahkan terkadang sampai merembes keluar.
  • Sesak napas karena paru-paru harus memasok udara untuk anda dan janin
  • Gerakan anda menjadi kaku dan cenderung kurang terkoordinasi karena berat dan ukuran badan yang bertambah
  • Nyeri punggung dan sakit kaki menjadi lebih parah
  • Sulit tidur dan menemukan posisi berbaring yang nyaman. Kegelisahan sebagai calon ibu juga dapat menyebabkan sulit tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan.
  • Pada bulan terakhir anda akan merasa agak lega. Uterus telah tumbuh meninggi kearah paru-paru sehingga tersedia ruang yang cukup besar bagi janin. Tetapi pada minggu ke-36, uterus semakin membesar sebagai persiapan proses melahirkan. Ruang untuk janin semakin luas dan kepalanya sedikit menunduk, sehingga anda lebih mudah bernapas.
  • Sekitar minggu ke-40, tubuh anda sudah siap menhadapi proses persalinan.

Bulan ke-7, ke-8, ke-9 bayi Anda


Pada awal trimester ketiga, janin diperkirakan dapat hidup di luar rahim. Bayi prematur cenderung sulit bernapas dan menjaga panas tubuh. Tetapi dengan bantuan peralatan medis modern, angka harapan hidup masih cukup tinggi. Dalam periode ini, janin tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Janin berubah dari yang sebelumnya berkeriput dan kurus menjadi halus dan gemuk berisi.


Pada minggu ke-32, proporsi tubuh bayi sudah seperti yang anda harapkan. Posisi kepala menunduk menghadap panggul anda dengan berat sekitar 1,6 kg (3,5 lb).

Pada minggu ke-36, janin telah memenuhi uterus dan posisi janin berubah ke posisi kelahiran.

Akhirnya, sekitar minggu 40, bayi anda siap untuk dilahirkan. Setelah lahir, kelopak matanya membuka dan ia telah mampu melihat cahaya. Kuku-kukunya sangat panjang sehingga harus segera dipotong setelah lahir.


Sumber: Wyeth
Read the full story

Rahasia di Balik Sayur Bayam

Sabtu, Januari 10, 2009 26 komentar

Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya bayam, sayuran yang sering dimakan oleh popeye itu loh (hehe.. keseringan nonton popeye waktu kecil). Saya itu paling suka sama sayur bayam, selain praktis bikinnya, sayur bayam juga mengandung zat besi. Tapi, tahukah kalian bahwa ada rahasia dibalik sayur bayam?? Kita tidak diperbolehkan untuk memanaskan sayur bayam?? Pantesan dulu mbah utinya azka wanti-wanti gak boleh kalo manasin sayur bayam. Kira-kira kenapa ya?? Yuk cari tahu..



Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro).
Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Jadi, jika bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. Maka dari itu kita tidak diperbolehkan untuk memanaskan kembali sayur bayam.


Jangan pernah mengonsumsi bayam lebih dari 6 jam
Bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.

Menurut John S Wishnok, bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%).

Efek toksik (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb). Telah kita ketahui bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. Jika hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.

Efek toksik lainnya adalah kemampuan nitrit bereaksi dengan Amino sekunder dapat membentuk senyawa yang dapat menyebabkan kanker.


Jangan masak bayam pake panci alumunium
bisa bereaksi dengan zat besi yang ada di bayam, dan... jadi racun


Tips mengkonsumsi bayam
* Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar
* Hendaknya langsung diolah setelah mendapatkan bayam segar
* Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es

Jadi takut mengonsumsi bayam?? JANGAN... soalnya, kandungan nutrisinya sangat bagus. Bahkan, bayam disebut sebagai King of Vegetables.


Sumber: Resep Balita
Read the full story

Gerhana Matahari 2009-2010 di INDONESIA

Dapet email dari temen info bunda, si rahma bundanya radhin. Yawda deh, saya posting aja disini, skalian juga buat informasi. Ini tentang gerhana matahari yang akan melewati indonesia, khususnya ditahun 2009 tepatnya tanggal 26 Januari dan 21-22 Juli dan tanggal 15 Januari ditahun 2010. Benar atau tidaknya kita lihat aja nanti.







Gerhana 26 Januari 2009

Gerhana ini spesial karena jatuh pas di hari libur Imlek. Gerhana ini dapat dilihat oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia (Dari Banda Aceh sampai Ambon), beruntunglah mereka yang tinggal di daerah Lampung, Samarinda, dan Teluk betung, karena bulan menutup hampir seluruh bagian matahari. Gerhana ini terjadi pada waktu sore hari sekitaran pukul 3 - 4.

Yang perlu diperhatikan dari jenis gerhana ini adalah jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular (bukan total) artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh priringan matahari berbeda dengan gerhana matahari total dimana bulan menutupi seluruh piringan matahari.


Gerhana Matahari 22 Juli 2009


Gerhana ini cuma dapat dinikmati oleh mereka-mereka yang tinggal di bagian utara Indonesia seperti: Banda Aceh, Jayapura, Manado, Medan, Padang, Palu, Pekanburu, Pontianak, Samarinda, Sorong, Ternate. Jenis Gerhana ini adalah gerhana Matahari Total, namun di Indonesia, bulan hanya akan menutup sebagian kecil dari matahari. Jika ingin melihat gerhana matahari total ini secara full, anda bisa ke Shanghai, karena disana, Bulan akan menutupi seluruh bagian matahari.







Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Fenomena alam ini cuman bisa dinikmatin oleh mereka yang tinggal di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Bagian Timur Indonesia sudah keburu malam ketika bayangan bulan melewati bagian sana.

Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina sana, sehingga di Indonesia cuma kebagian sebagian kecil bayangan dari Bulan.


Read the full story

Trimester Kedua

Kamis, Januari 08, 2009 11 komentar

Melanjutkan postingan yang kemaren, yaitu tentang kehamilan di trimester pertama. Sekarang saya akan menulis tentang kehamilan di trimester kedua. Sumbernya sih masih tetep sama yaitu wyeth nutrition. Sengaja dulu (waktu hamil azka) menyimpan file ini, karena ada gambar tentang perkembangan bayinya dan apa saja yang dialami baik oleh ibunya maupun calon si jabang bayi.



Sebenarnya saya juga punya buku full color tentang 9 bulan kehamilan. Isinya juga bagus, tapi sayang... saya tidak bisa menyisipkan gambarnya karena saya gak punya scan, jadi gak bisa deh tampilin gambarnya. Lanjut yuk tentang kehamilan di trimester kedua.


Pada trimester kedua masa hamil (bulan 4, 5, dan 6), gerakan janin mulai terasa dan kehamilan anda mulai tampak. Janin sudah mulai berbentuk manusia, mempunyai bulu mata dan cenderung menghisap ibu jari tangan.

Bulan ke-4 Anda

* Morning sickness mulai berkurang, bahkan akan hilang sama sekali di akhir trimester kedua.
* Pinggang anda semakin melebar
* Rasa mual menyebabkan produksi air ludah anda meningkat
* Produksi keringat meningkat
* Gerakan janin mulai terasa


Bulan ke-4 bayi


Pada minggu ke-13 atau bulan pertama trimester kedua, bentuk janin telah sempurna. Janin tersebut akan terus membesar sepanjang sisa masa kehamilan.

Minggu ke-14, berat janin naik mencapai sekitar 64 g (2 1/4 oz), padahal seminggu yang lalu beratnya masih sekitar 28 g (kira-kira 1 oz). Janin tersebut telah mampu mengepalkan jari-jari tangan. Alat ultrasound telah mendeteksi detak jantung

Minggu ke-16, gerakan janin semakin keras, dan otot-ototnya semakin kuat. Bulu-bulu halus/ lanugo yang menutupi seluruh tubuh dan alis mata mulai kelihatan.


Bulan ke-5 Anda

* Ulu hati anda akan terasa panas
* Kulit dan rambut semakin berubah. Warna kulit wajah anda akan berubah menjadi coklat kekuningan (kloasma). Tahi lalat membesar dan bertambah gelap. Waspadai adanya gejala kanker kulit dengan berkonsultasi dengan dokter pribadi anda


Bulan ke-5 bayi

Pertumbuhan janin semakin pesat.

Pada minggu ke-20, panjang janin mencapai kira-kira 25 cm (10 inchi). Gigi dalam rahang mulai terbentuk. Gerakan janin semakin kuat karena otot-ototnya yang semakin menguat.

Gerakan tersebut berupa sundulan-sundulan lemah pada perut anda





Bulan ke-6 Anda

* Perubahan pada pembuluh darah terlihat jelas. Terdapat jalinan garis ungu membentang di dada dan sepanjang paha. Anda juga dapat mengalami varises dan wasir.
* Berat hamil anda telah mencapai kira-kira setengah dari total kenaikan berat kehamilan. Pinggang dan pinggul menebal.
* Frekuensi buang air kecil meningkat karena tekanan uterus pada kandung kemih. Kadang ditemui adanya infeksi.
* Rabas/discharge vaginal semakin bertambah. Infeksi jamur juga biasa terjadi. Berkonsultasilah dengan dokter pribadi anda untuk mengatasinya.


Bulan ke-6 bayi


Pada minggu ke-24, panjang janin telah mencapai 33 cm (33 inchi). Janin sudah bisa batuk dan tersedak. Janin tampak kurus karena persediaan lemak tubuh belum kelihatan (persediaan ini mulai kelihatan pada minggu ke-28).

Pada akhir trimester kedua, paru-paru telah sempurna sehingga janin sudah mampu bernapas diluar kandungan.



Untuk kehamilan trimester ketiga dilanjut lain waktu ya... mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat. Read the full story

Buah Naga dan Mbah Utinya Azka

Kalau pergi ke mall... mbah uti sering titip beli buah naga. Emang sih mbah utinya azka tu paling seneng kalau makanbuah. Katanya sih buah naga tuh bagus loh buat ngobatinberbagai macam penyakit, salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Apaiya.....?? Wah.. jadi penasaran nih mo tau lebih lanjuttentang buah naga. Pantesan aja, pak lek bunda dulutanahnya di tanemin buah naga. Eh... giliran mo panen koqbuah naganya di curi orang, padahal kan pak lek tuh dahnitipin lahannya ma orang selama pak lek ada di malaysia untuk study S3 nya. Waduh.... Lha koq malah ceritain buah naga yang dicuri sih. Yupz... balik lagi ke buah naga. Yuk cari tau tentang khasiat buah naga.


Buah naga belakangan ini menjadi buah bibir di masyarakat luas. Penampilan buah ini sangat unik dan menarik. Warna merah menyala. Kulitnya seperti sisik. Buah naga dapat dijumpai di pasar tradisional dan di supermarket. Harganya sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg. Rasanya manis segar dan sedikit asam.

Buah naga kaya aka serat yang mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain untuk mencegah kolesterol, kandungan serat pada buah naga juga sangat berguna dalam sistem pencernaan. Sementara itu, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker).

Buah naga terkenal sebagai salah satu sumber betakaroten. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang sangat berguna dalam proses penglihatan, reproduksi, dan proses metabolisme lainnya.

Betakaroten juga dikenal sebagai unsur pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru. Betakaroten dapat menjangkau lebih banyak bagian-bagian tubuh dalam waktu relatif lebih lama dibandingkan dengan vitamin A, sehingga memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Secara keseluruhan, khasiat buah naga adalah:

* Mujarab menurunkan kolesterol
* Untuk penyeimbang kadar gula darah, pencegah kanker, pelindung kesehatan mulut
* Pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan.
* Mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik.
* Mengobati sembelit, Mengobati Hypertensi, Memperhalus kulit wajah


Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya... dan bagi yang mau tau lebih lanjut tentang khasiat buah naga bisa juga dibaca di http://hidupsehatselalu.jualg
adget.com/?p=91.
Read the full story

Trimester Pertama Kehamilan

Selasa, Januari 06, 2009 6 komentar

Setelah kemarin menulis tentang tanda-tanda kehamilan, maka sekarang saya akan menulis lebih lanjut tentang kehamilan di trimester pertama. Banyak perubahan fisik yang akan di alami selama trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan). Periode ini juga merupakan periode tumbuh kembang yang cepat bagi bayi anda.

Tulisan yang saya posting disini merupakan file simpanan saya sewaktu saya hamil azka yang diperoleh dari browsing internet. Sengaja saya tulis kembali disini agar tidak hilang. Saya mengambilnya dari wyeth nutrition, tapi saya lupa linknya. Abisnya dulu saya simpan aja dikomputer, gak di bookmarks. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil khususnya.


Bulan Pertama Anda

* Perubahan pertama mulai terlihat pada minggu ke-4 masa kehamilan.
* Rasa metal dalam mulut merupakan penanda pertama dan satu-satunya perubahan fisik yang ada.

Bulan Pertama Bayi





Pada minggu ke-2, struktur dasar susunan syaraf pusat dalam kandungan mulai terbentuk.





Bulan Ke-2 Anda

* Pada minggu ke-5, sekalipun anda hanya mengalami menstruasi atau bahkan tidak lagi mengalami menstruasi; anda akan merasakan gejala menjelang menstruasi seperti kembung, gerah, dan sakit kepala.

* Payudara mulai membesar dan menjadi lebih peka.

* Frekuensi buang air kecil bertambah.

* Pada minggu 6, vagina dan labia mayor mulai bereaksi terhadap peningkatan aliran darah dengan berubah warna menjadi kebiru-biruan.

* Mual dan muntah mulai terjadi.

* Pada minggu 7, kadang-kadang anda merasa pusing dan sesak napas.

* Benjolan-benjolan kecil mulai muncul di payudara, dan area seputar puting susu berubah warna menjadi lebih tua.

* Pada minggu 8, rambut anda mulai sulit ditata.

* Cairan vagina yang bening, putih, dan tak berbau mulai merembes keluar.


Bulan ke-2 Bayi


Minggu 5, embrio dapat dilihat dengan mata telanjang.

Minggu 6, jantung berdegup; kepala, dada, serta perut mulai terbentuk.

Minggu 7, terbentuk lekukan-lekukan yang menandai tempat dimana jari tangan dan jari kaki akan tumbuh.

Minggu 8, sekalipun panjang janin baru sekitar 2.5 cm (1 in), semua organ bagian dalam sudah ada pada tempatnya dan sendi-sendi utama seperti pundak dan pinggul sudah terlihat dengan jelas.


Bulan ke-3 Anda

* Minggu 9, kulit anda mengalami perubahan. Gusi mulai melunak sehingga memerlukan perawatan lebih. Untuk keterangan lebih lanjut, lihat Perubahan Fisik Lainnya.

* Kelenjar tiroid/ gondok disisi leher bagian depan membesar.

* Minggu 10, ukuran uterus anda sudah sebesar buah grapefruit (buah sejenis jeruk)

* Payudara sudah lebih besar dari ukuran bra normal anda.

* Minggu 11, rasa mual, muntah dan morning sickness mulai hilang.

* Volume darah bertambah banyak, dan anda dapat mengalami mimisan.

* Minggu 12, akhir dari trimester pertama, uterus sudah tumbuh lebih tinggi dari tulang panggul dan terasa bila diraba dari luar.


Bulan ke-3 Bayi


Minggu 9, mulut dan hidung sudah kelihatan; kedua lengan pun tumbuh dengan cepat.

Minggu 10, bentuk jari tangan dan jari kaki sudah kelihatan, walaupun satu sama lainnya masih tersambung oleh selaput kulit.

Diakhir minggu 11, semua organ bagian dalam sudah berbentuk dan berfungsi.

Minggu 12, atau akhir trimester pertama— kelopak mata, kuku jari tangan dan kaki telah kelihatan, persendian bisa bergerak, bayi mampu mengisap dan menelan.

Semua sistem dalam tubuh bayi telah berkembang dengan baik dan banyak organ yang bentuknya hampir sempurna. Meskipun dalam 12 minggu janin tumbuh dengan cepat, janin masih belum mampu hidup di luar rahim.

Baca juga ya tentang kehamilan di trimester kedua disini
Read the full story

Cake Isi Es Krim

Minggu, Januari 04, 2009 5 komentar

Gak sengaja nemuin resep unik ini, Cake isi es krim hemmm... kayaknya enak nih. Abisnya saya suka banget ma es krim. Yawda saya ambil aja resepnya dari kompas buat referensi, kali aja besok-besok mo bikin. Dari tampilannya sih uenak banget tuh, apalagi makannya pas siang-siang gini. Mo tau cara bikinnya??




Bahan Cake:

4 btr telur
150 gr gula pasir
125 gr tepung self raising flour
3 sdm cokelat bubuk
50 gr margarin cair
1 ltr es krim vanili

Saus Cokelat:
100 gr dark cooking chocolate
1 sdm mentega
4 sdm krim kental

Cara membuat:
Kocok telur dan gula sampai putih dan mengembang. Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat sambil diayak sampai rata. Terakhir, masukkan margarin cair, aduk rata.

Tuang adonan ke dalam loyang berlubang di tengah dan berdiameter 24 cm yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Ratakan.

Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat Celsius selama 30 menit sampai matang. Sisihkan hingga dingin.

Keluarkan cake dari loyang, potong melintang setinggi 1,5 cm dari bagian bawah. Angkat cake, keruk bagian tengahnya sedalam 1 cm hingga membentuk lubang. Sisihkan.

Keluarkan es krim dari freezer, kocok sebentar hingga agak meleleh. Letakkan di atas cake, tutup dengan sisa cake. Bungkus dengan plastik.

Simpan dalam freezer selama 2 jam. Keluarkan.

Potong-potong cake, sajikan bersama saus cokelat.
Read the full story

Kapan bayi boleh diberi MPASI

Sabtu, Januari 03, 2009 5 komentar

Kira-kira kapan ya bayi mulai diberi makanan pendamping ASI atau MPASI? Itulah yang sering kita dengar dari ibu-ibu yang mempunyai balita, termasuk juga saya. Karena tepatnya tanggal 19 januari'09 ini azka mulai MPASI. Yuk kita cari tau lebih dalam tentang MPASI dan Hal-hal apa saja yang perlu diketahui tentang MPASI.


Menginjak usia 6 bulan ini saat yang tepat untuk memperkenalkan makanan padat pada si kecil. Mengapa? Karena di usia ini, organ-organ pencernaan anak sudah lebih siap. Memperkenalkan makanan padat terlalu dini bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan atau alergi. Sementara bila terlambat, anak menjadi tak terlatih untuk mengunyah. Akibatnya, perkembangan rahang dan otot-otot mulut akan terlambat, dan mempengaruhi kemampuan anak untuk bicara. Anak yang jarang dilatih mengunyah, akan berpeluang lebih besar untuk mengalami kesulitan bicara.

Perkenalkan makanan baru pada si kecil dengan penuh kesabaran, dan ajaklah dia berlatih untuk mengunyah. Ingat lho, pencernaan dimulai dari mulut karena waktu mengunyah itulah dihasilkan enzim-enzim yang akan berperan membantu lambung mengolah makanan. Bila pencernaan si kecil sehat, dia akan tumbuh lebih optimal

Agar anak memiliki pencernaan sehat, perhatikan hal-hal berikut:

Anak perlu berkenalan dengan aneka makanan sehat sejak awal agar mampu mengembangkan selera makan yang lebih baik dan lebih beragam. Terapkan jadwal waktu makan dan camilan yang teratur agar anak tak terbiasa ngemil karena iseng. Sarapan yang baik akan menjadi dasar yang kuat untuk membantunya beraktivitas sepanjang hari.

Porsi kecil tapi sering
Bayi dan batita memerlukan separuh jumlah kalori yang dibutuhkan orang dewasa. Berhubung lambung mereka lebih kecil, mereka tak bisa makan sekaligus banyak. Jadi, mereka perlu makan lebih sering dibanding orang dewasa, dan mereka butuh makanan yang kaya akan energi. Makan yang teratur dan camilan yang sehat akan menjaga kestabilan kadar gula darah dan menyediakan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Segar lebih baik
Buah dan sayuran segar sangat penting bagi kesehatan dan merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan mineral. Meski mengandung sedikit energi, sayuran tinggi akan serat, yang berfungsi melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit atau susah buang air besar. Tapi, pilihlah sayuran yang kandungan seratnya tidak begitu tinggi karena perkembangan saluran pencernaan si kecil belum sempurna. Pemberian sayuran mentah juga tidak dianjurkan karena banyak zat-zat racun dalam sayuran segar bisa menghambat penyerapan zat gizi oleh usus si kecil yang enzim-enzim pencernaannya belum berkembang sempurna.

Hindari junkfood
Makanan-makanan berkualitas rendah yang tinggi lemak, manis-manis, atau mengandung pengawet dan penyedap rasa tak ada gunanya bagi tubuh. Makanan seperti itu justru akan mengacaukan kadar gula darah, dan merampas nutrisi penting untuk tubuh. Biasanya makanan ini sudah melalui proses panjang yang akibatnya justru mengikis kandungan gizinya. Makanan ini juga akan lebih susah dicerna, dan bahkan disinyalir menimbulkan risiko berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes.

Nutrisi itu penting
Bayi dan anak-anak memiliki kebutuhan istimewa akan protein selama masa pertumbuhan yang bisa diperoleh dari daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu dan kacang-kacangan. Mereka juga perlu kalsium untuk tumbuh menjadi lebih besar dan lebih kuat. Kebutuhan kalsium mereka lebih tinggi sebagai dasar bagi tulang yang sehat seumur hidupnya. Mereka juga perlu vitamin, mineral dan zat gizi penting yang ditemukan dalam makanan seimbang. Kekurangan zat besi, contohnya, bisa menyebabkan anemia (kurang darah) yang dapat menghambat perkembangan, daya konsentrasi lemah, rewel dan depresi.

Air, air, air!

Banyak anak seringkali ”lupa” minum, entah karena Anda lupa menyodorkan air putih untuknya, atau karena si anak sendiri terlalu asyik bermain. Padahal, air sangat diperlukan untuk memperlancar transportasi nutrisi penting ke seluruh bagian tubuh dan ke otak. Kekurangan air atau dehidrasi dapat menimbulkan rasa pusing, daya konsentrasi lemah, dan sembelit. Setelah lebih besar, mungkin anak juga akan lebih senang minuman manis atau berkarbonat. Tapi hati-hatilah untuk tidak memberi dia terlalu banyak minuman seperti itu. Kalau dia haus, cukup berikan air putih saja, minuman yang terbaik dibanding minuman-minuman lain.


Sumber: Sahabat Nestle
Read the full story

Kedelai Bisa Bikin Kulit Kenyal dan Awet Muda

Jumat, Januari 02, 2009 6 komentar

Gak sengaja saya nemuin artikel menarik tentang kedelai. Siapa tak kenal kedelai? Salah satu jenis kacang-kacangan ini terkenal kaya akan sumber gizi terutama protein nabati, memiliki rasa enak, mudah dicerna, dan potensial menyehatkan. Uniknya lagi, kedelai ternyata mengandung salah satu zat aktif fitoestrogen yang disebut isoflavon. Khasiat isoflavon ini menyerupai hormon estrogen.

Dengan mengonsumsi isoflavon secara rutin, dapat meningkatkan kekenyalan kulit, lho, sehingga dapat mengurangi kerutan di wajah dan mengurangi efek penuaan dini.


Menurut dr Deby Susanti Vinski, ahli kecantikan dan anti-aging lulusan Perancis, isoflavon punya fakta sebagai berikut:

Dapat menjaga keseimbangan hormon.
Berfungsi sebagai antioksidan sehingga berpengaruh pada peningkatan kelembapan kulit.
Dapat ditemukan pada tumbuhan dan kacang-kacangan dan yang paling tinggi ditemukan dalam kacang kedelai.

Lalu bagaimana isoflavon dapat memengaruhi kecantikan kulit?

Berdasarkan penelitian tahun 2005, dari 26 wanita berusia 30-40 tahun, setelah mengonsumsi isoflavon selama 3 bulan, terbukti kulitnya menjadi lebih kenyal.

Menurut dr Deby, hal ini sekaligus membuktikan isoflavon memiliki zat yang mampu mengurangi kerutan pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

Isoflavon tak hanya mampu menjaga kecantikan kulit saja, tapi juga mampu memperbaiki metabolisme lemak, sekaligus mengontrol berat badan.

Bila kulit dan tubuh adalah kecantikan fisik luar yang dapat dirawat oleh isoflavon, kecantikan tubuh dalam pun sanggup dirawat oleh isoflavon.

Pada saat terjadi menopause, hormon estrogen berkurang dan tak lagi di produksi tubuh. Sehingga, kerap timbul masalah seperti sulit tidur dan kulit keriput. Kemiripan sifat isoflavon dengan hormon estrogen membuat zat ini begitu hebat dan mampu menghambat laju penuaan dini.

Untuk itu, segera konsumsi makanan mengandung isoflavon agar cantik luar dalam, dan pilihlah produk kedelai yang mengandung cukup isoflavon. Dari hasil penelitian, tepung kedelai merupakan produk olahan kedelai yang paling banyak mengandung khasiat isoflavon.

Nah, mengonsumsi isoflavon kedelai terbukti aman dan bisa memperbaiki kualitas kulit serta penampilan tetap awet muda. Tak heran bila kaum wanita disarankan mengonsumsi kedelai dan produknya, serta diet mengandung fitoestrogen untuk menghambat penuaan dini. Mengonsumsi susu kedelai diharapkan dapat menjadi cara alternatif alami penghambat penuaan kulit.

Sumber: Kompas
Read the full story

Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim

Sengaja saya ingin menulis tentang kanker serviks ini, dikarenakan kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyebab kematian nomor satu yang sering terjadi pada perempuan di Indonesia. Namun informasi mengenai hal ini belum banyak diketahui karena kanker serviks sering tidak menimbulkan gejala atau keluhan sehingga perempuan datang ke dokter dalam kondisi yang sudah terlambat.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kanker servicks ini? Apakah penyakit ini tidak bisa dicegah atau diobati? Apa aja ya gejala-gejala awal yang dapat dideteksi? Ini ada sedikit info dari saya mengenai kanker serviks yang saya rangkum dari beberapa sumber. Semoga bisa bermanfaat ya..



Kanker serviks
adalah kanker yang terjadi pada leher rahim atau sering juga disebut mulut rahim, yakni suatu daerah yang menghubungkan rahim (uterus) dengan vagina. Kanker ini adalah jenis kanker yang biasanya tumbuh lambat pada wanita dan mempengaruhi mulut rahim, bagian yang menyambungkan antara rahim dan vagina. Kanker ini sifatnya tidak diturunkan melainkan dipengaruhi oleh aktivitas seksual.

Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (human papilloma virus). Dimana virus HPV ini dapat ditularkan melalui kontak dengan daerah genital, baik melalui hubungan seksual, atau dengan sentuhan oral, atau tangan, atau penularan dari ibu ke bayi yang dilahirkan.

Gejala-gejala awal yang dapat dideteksi adalah pendarahan yang tidak normal, seperti pendarahan sesudah melakukan hubungan intim, pendarahan saat haid, atau pendarahan sesudah menopause. Gejala lain yang juga dapat diwaspadai adalah adanya kelainan pada vagina ( seperti keluarnya cairan berwarna kekuningan dan berbau ), atau gejala-gejala sakit/nyeri pada pinggul, sakit/nyeri pada kaki. Kadang penderita akan merasakan nyeri dan mengalami gangguan buang air kecil dan buang air besar.

Karena umumnya kebanyakan wanita tidak menunjukan gejala. Maka banyak diantara mereka yang tidak menyadari, kalau mereka telah menderita kanker. Itulah yang menjadi penyebab mengapa penderita kanker servicks datang ke dokter sudah dalam taraf stadium lanjut.

Tapi, tidak semua perdarahan di vagina juga disebabkan oleh kanker leher rahim, penyebabnya bisa juga karena infeksi, hormon yang tidak seimbang, atau gangguan haid. Namun ada baiknya setiap perdarahan di luar masa haid harus diperiksakan ke dokter, agar kita mengetahui dengan pasti apakah kita mengidap kanker servicks atau tidak.

Penyebab dari kanker sevicks sendiri, hingga saat ini menurut pernyataan yang dikeluarkan dari WHO, 99 persen berhubungan erat dengan HPV (Human Papilloma Virus). Dari 120 tipe HPV yang telah diketahui, 30-40 diantaranya menyerang anogenital (area kelamin termasuk kulit penis, mulut vagina dan anus).

Ada banyak tipe-tipe HPV, yang termasuk dalam tipe rendah yakni HPV 6 dan 11 tidak menyebabkan kanker, hanya menyebabkan kutil di sekitar kemaluan, sedangkan tipe tinggi, HPV 16 dan 18 menyebabkan kanker serviks,

Berbagai pencegahan kanker serviks, yang bisa dilakukan misalnya melakukan edukasi mengenai kesehatan organ reproduksi pada remaja, menggunakan kondom sebelum berhubungan atau bersikap setia pada satu pasangan, serta melakukan vaksinasi yang kini sudah tersedia di Indonesia.

Penyakit kanker serviks ini dapat dicegah melalui screening dan vaksinasi. Vaksinasi untuk perempuan yang belum pernah melakukan hubungan seksual, sedangkan screening atau papsmear sebaiknya dilakukan perempuan yang sudah pernah berhubungan seksual.
Read the full story

Tanda-tanda Kehamilan

Hamil enggak ya?? Wah... pertanyaan itu mengingatkan saya waktu mengandung azka. Bagi saya, kehamilan merupakan saat-saat yang paling ditunggu bagi para istri umumnya yang menanti kehadiran seorang anak. Ini ada sedikit info tentang tanda-tanda kehamilan.

Apakah Anda hamil atau tidak, bisa dilihat dari beberapa tanda fisik yang timbul, diantaranya:


Tidak mengalami haid

Lebih sering buang air seni
Ibu hamil cenderung minum lebih banyak. Akibatnya ginjal lebih banyak memproduksi air seni. Karena itu, ibu hamil akan lebih sering buang air kecil. Penyebab hal ini adalah pembesaran rahim yang menekan kandung kemih.

Payudara mulai mengeras dan membesar

Payudara ibu hamil terasa lebih berisi, kenyal,dan lembut. Ini merupakan persiapan tubuh untuk menyusui.

Mudah letih dan lelah
Karena kebutuhan suplai darah meningkat pada ibu hamil, kerja jantung harus lebih keras. Selain itu, akibat rahim yang membesar, paru-paru tertekan, ibu hamil merasa mudah sesak napas dan cepat merasa lelah.

Mual, pusing, dan ingin muntah
Akibat perubahan hormon tubuh, sejak saat ini Anda mulai lebih mudah terkena morning sickness pada awal kehamilan sampai memasuki usia 4 bulan. Morning sickness, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan tubuh merasa lemas, pusing, dan mual pada pagi hari, atau sepanjang hari.

Untuk lebih memastikan Anda hamil, lakukan tes kahamilan. Air seni yang diperiksa adalah air seni yang pertama kali dikeluarkan sebelum Anda minum sesuatu, air yang Anda minum dapat melarutkan hormon kehamilan, yaitu hCG (human Chrionic Gonodotropin). Hormon inilah yang dapat menunjukan Anda hamil atau tidak. Jika hamil, akan anda tanda (+) atau garis dua berwarna merah jambu.
Read the full story

Manfaat Air Kelapa Muda

Kamis, Januari 01, 2009 4 komentar

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan air kelapa muda. Rasanya yang segar dan bisa menghilangkan haus dahaga membuat kita tidak bosan untuk meminumnya setiap hari. Apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya hemmm...

Tapi... tahukah Anda bahwa air kelapa muda itu mempunyai banyak manfaat didalamnya. Ingin tahu apa saja manfaat dari air kelapa...?? simak disini ya...






sebagai Penetral Racun

Berfungsi sebagai diuretik atau memperlancar kencing


Cacingan

Caranya adalah berikan larutan air kelapa muda,yang diberi sedikit sari jeruk sitrun kepada anak yang cacingan.


Luka Bakar

Caranya adalah campur 1 sendok teh bubuk,kunyit dengan air kapur sirih.Tambahkan air kelapa lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.Maka rasa panas akibat terbakar akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas luka (Insya Allah)


Menghilangkan jerawat

Caranya adalah tuang segelas air kelapa dalam wadah berisi parutan 3 ruas kunyit.Biarkan semalam dalam lemari es. Setelah itu bubuhkan 3 sendok teh bubuk cenda ke dalamnya. Simpan lagi dalam lemari es. Kemudian sariang ramuan dengan kain kasa. Oleskan sari larutan berjerawat 2 kali sehari sampai jerawat hilang.


Mencegah kerutan wajah
di usia dini
Caranya adalah sering-seringlah cuci muka anda dengan air kelapa.


Membuat suara Merdu
agar suara anda lebih merdu minumlah segelas kelapa muda yang telah diembunkan selama 1 hari. Lakukan hal ini selama 1 minggu insya allah suara anda akan merdu.


Menyembuhkan demam berdarah
Campurkan air kelapa muda dengan air perasan jeruk nipis, sedikit garam dan madu, dan minum sehari tiga kali.


Bila dicampur susu dan diminum akan mencegah penggumpalan susu dalam perut, sekaligus mencegah sembelit, rasa mual, dan sakit pencernaan.



Kalaupun diminum biasa, air kelapa bagus untuk menyegarkan tubuh karena mengandung mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Kelebihan lainnya, harganya sangat murah dan tidak mengenal musim alias bisa didapat kapan saja.


Sumber : dharma-putra.com dan kompas
Read the full story

Kejang Demam

Mengawali tahun baru ini... saya dikejutkan kabar dari seorang teman yang berada di medan, mb wiwin IB. Dia mengirimkan berita lewat sms mengabari bahwa anaknya sudah 2 hari ini terkena Kejang atau biasa disebut STEP. Sebenarnya apa sih kejang demam itu? Kira-kira apa ya faktor yang menyebabkan terjadinya kejang demam itu? Apa saja yang harus kita lakukan apabila anak kita mengalami kejang demam? Berikut ini adalah coretan saya tentang kejang demam yang diambil dari beberapa sumber. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referansi bila sewaktu-waktu anak kita mengalami demam tinggi, kita sebagai orang tuanya bisa mengantisipasi supaya tidak terjadi kejang.

Step atau kejang demam masih sangat umum terjadi pada anak anak. Menurut IDAI, kejadian kejang demam pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun hampir 2 - 5%. Step atau istilah kedokterannya kejang, bisa terjadi pada anak yang demam. Inilah yang disebut kejang demam. Yaitu merupakan suatu keadaan di mana sistem saraf pusat (otak) sensitif terhadap panas atau demam, sehingga timbullah kejang tersebut, bisa dibilang kejang demam itu adalah suatu kejang yang timbul pada saat anak demam. Anak akan terlihat aneh untuk beberapa saat, kemudian kaku, kelojotan dan memutar matanya. Anak tidak responsif untuk beberapa waktu, napas akan terganggu, dan kulit akan tampak lebih gelap dari biasanya. Setelah kejang, anak akan segera normal kembali. Kejang biasanya berakhir kurang dari 1 menit, tetapi walaupun jarang dapat terjadi selama lebih dari 15 menit.

Secara umum, kejang demam dapat dibagi dalam dua jenis yaitu :
  1. Kejang Demam Sederhana (Simple febrile seizures) : kejang menyeluruh yang berlangsung <>
  2. Kejang Demam Kompleks (Complex febrile seizures/complex partial seizures): kejang fokal (hanya melibatkan salah satu bagian tubuh), berlangsung > 15 menit, dan atau berulang dalam waktu singkat (selama demam berlangsung).

Lalu apa yang membedakan kejang demam ini dengan epilepsi? Walaupun gejalanya sama yaitu kejang dan berulang, namun pada anak yang menderita epilepsi, episode kejang tidak disertai dengan demam.

Faktor Keturunan merupakan salah satu faktor kejang demam. Orang tua yang pernah mengalami kejang sewaktu kecil sebaiknya waspada karena si kecil berisiko tinggi mengalami kejang yang sama.

Kejang umumnya berhenti sendiri. Begitu kejang berhenti, anak tidak memberi reaksi apapun untuk sejenak, tetapi beberapa detik/menit kemudian anak akan terbangun dan sadar kembali tanpa kelainan saraf. Kejang demam yang berlangsung singkat umumnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala sisa. Tetapi kejang yang berlangsung lama (> 15 menit) sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan permanen dari otak.

Saat anak mengalami kejang demam, hal penting yang harus kita lakukan antara lain :
  • Jika anak anda mengalami kejang demam, cepat bertindak untuk mencegah luka.
  • Letakkan anak anda di lantai atau tempat tidur dan jauhkan dari benda yang keras atau tajam
  • Palingkan kepala ke salah satu sisi sehingga saliva (ludah) atau muntah dapat mengalir keluar dari mulut
  • Jangan menaruh apapun di mulut anak. Anak anda tidak akan menelan lidahnya sendiri.
  • Hubungi dokter anak anda

Mencegah kejang bisa dilakukan dengan:
  • Demam tinggi pada anak dapat diatas dengan cara memberi obat demam dengan
  • penurun panas dan kompres dengan lap hangat (lebih kurang panasnya dengan
  • suhu badan si kecil) selama kurang lebih 15 menit, bila mencapai 38.5
  • derajat celcius atau lebih
  • Jangan melakukan pengkompresan dengan lap yang dingin, karena dapat
  • menyebabkan korslet di otak (akan terjadi benturan kuat karena atara suhu
  • panas tubuh si kecil dengan lap pres dingin)
  • Kalau dinyatakan epilepsi, segera minum obat resep dokter secara teratur
  • Sediakan obat anti kejang lewat dubur di rumah jika kejang membuat anak
  • tidak mungkin meminum obat.
  • sedia selalu obat penurun panas di rumah seperti parasetamol.
Kejang demam biasanya diobati dengan antiperik (penurun panas) seperti Diazepam. Sedangkan kejang akibat epilepsi ditangani dengan obat anti-epilepsi. Namun sebaiknya segera pergi ke dokter bila anak Anda mengalami kejang yang tidak berhenti.

Jangan mudah percaya bahwa minum kopi bisa menghindari dari kejang atau step. Secara medis, menurut salah satu Dokter Anak di Jakarta, sebetulnya kopi tidak berguna untuk mengatasi kejang. Kopi justru dapat menyebabkan tersumbatnya pernapasan bila diberikan pada saat anak Anda mengalami kejang, yang akhirnya mengantarkan pada kematian.
Read the full story