Manfaat dan Bahaya Kopi

Jumat, Februari 27, 2009 Leave a Comment

Setelah kemaren saya menulis tentang manfaat cuka dan garam, kali ini saya akan menulis tentang manfaat dan bahaya kopi. Siapa sih yang tak kenal kopi?? Minuman berwarna hitam dan rasanya yang pahit ini, konon katanya bisa menghilangkan rasa kantuk dan lemas. Selain manfaatnya..ternyata kopi juga menimbulkan bahaya bagi tubuh. Cari tahu yuk tentang manfaat dan bahaya kopi.


Zat yang terkandung dalam kopi adalah kafein.

Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.

Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin
dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.



Manfaat kopi

Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.


Kerugian Kopi

Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.


Aman konsumsi kopi

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.

Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.

Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.


Sumber: Dra. Emma S Wirakusumah, Msc dan Wikipedia

90 komentar »

  • Rayza said:  

    waaah... aku cinta kopi bunda....
    Jadi gimana nich baiknya....

  • Risti said:  

    horeeee.. kalo gitu aku masih aman mengkonsumsi kopi, soale sehari aku minum 2 cangkir kopi.

    thanks yah bun informasinya, tapi kenapa yah kalo minum kopi matching banget sambil ngerokok?

  • Blok c No.3 said:  

    Walah...Bunda gw tiap hari minum kopi nih...kalo kaga minum malah pusing tuh...gimana yah...

  • Aneka Grosir said:  

    kalo kopi instant (yg 3 in 1) aman ga bun?

  • munawar am said:  

    terima kasih bunda azka berkenan berkunjung ke blog saya...,
    Oh iya, kebetulan sambil nulis koment ini, saya sedang menikmati kopi di sisi monitor;saya suka kopi, sejauh ini masih cukup untuk menjaga stamina, termasuk saat sdg online. tksh,

  • Bang Ir said:  

    blogger ada yg ga epas dari kopi.xixix

  • harry seenthing said:  

    wah tipsnya memang jitu nih bunda.....aku baru tahu apalaghi aku kalo ronda suka ngupi bunda

  • agen pulsa said:  

    wah kalo saya tiap pagi pasti ngopi. Tapi kayaknya aman2 aja tuh cuma 1-2 cangkir sehari kok

  • reni said:  

    Kalo aku gak doyan kopi, cuma suka nyium aromanya aja siy hehehe...
    Kalo suamiku siy doyan kopi, tapi gak minum tiap hari kok. :)

  • Miss Anna said:  

    saya bukan pecandu kopi hueheuheuehe...cuma suka nyeruput

  • Tips Kecantikan said:  

    blogger dan kopi tuh sahabat deket sebenere...hehehehe

  • andy said:  

    ada mitos bun, kadar nikotin hilang ama kafein kadar kafein ilang ama minum susu... bener gak ya ?

  • ziezie said:  

    met weekend jg bunda...kalau zie alhamdulillah tidak maniak minum2an berwarna alias hanya suka air bening sm juice buah2an

  • Ocim said:  

    benar2 sangat bermanfaat tips dan informasinya bunda ...

  • paank Fachrezi said:  

    hmmm ya ya ya
    kalo saya lebih suka Kopi-Paste.
    bahaya gak ya?
    xixixixi
    ^_^

  • yanuar catur rastafara said:  

    iya bunda,,kpoi tu emank kadang gk bagus
    tp bagus pula sich..
    aq ja kalau gk ngopi sehari ja
    rasanya aneh bgt

  • phiena-venus said:  

    Aku ga suka kopi, kalo ngeteh tiap hr. Ada kafeinnya jg kan, malah lebih tinggi. Gimana tuh..

  • eRGe32 said:  

    wah mantap artikel nya, tp bund saya kadang minum kopi 3 - 5 x sehari, gimn menurut bunda tentang kebiasaan saya itu? kalau saya gak minum kopi kadang kpala terasa sakit truz ilang nya kalo minum kopi pengen di ilangin tapi gak bisa.

  • tolearnfree said:  

    wah harus hati2 ni mnum kopi. bunda, prnah dengan kopi jos yang dijogja kan? kopinya itu dicampur dengan arang, mnurut bunda gmna?

  • Debrian said:  

    owh gt.. aq suka kopi neh bunda.. makasi info na,. jadi agak dikurangi minum kopi nya neh :P

  • www.katobengke.com said:  

    memng sih efek yang bahaya dari kopi adalah ketergantungan......
    inilah bahayanya meminum kopi namun manfaatnya juga bagus...

  • Kang Artha said:  

    wah bun makasih inponya....aku kalo mampir malam malam kesini terus dikasih apoa ya bun? kofi bikin ketagihan, rokok bisa bikin mandul...lha terus saya dikasih apa ni????

  • Mbah Koeng said:  

    komplit juga nech tipsnya !!

  • Ani said:  

    Aku bertahun2 stop minum kopi, tapi akhir2 ini dah mulai minum lagi walau bukan kopi pekat, nescafe creamer saat ini yang kusuka, tapi nggak berani sering2 juga. Nice post bund!

  • adit said:  

    untungnya saya bukan pecandu kopi.. minum kopi bisa dihitung dalam seminggu.. paling 3-4 kali seminggu..

  • Dinan said:  

    minum kopi + rokok + gorengan... hmmm lengkap bgt
    nice info bunda makasih

  • arif rahmawan said:  

    wah, kalau saya minum kopi langsung pusing, gimana ya?

  • 72 said:  

    satu manfaat kopi yg blom tertulis:
    menurut sebuah penelitian, orang yang hobi minum kopi lebih kecil kemungkinanya untuk melakukan bunuh diri.
    heheehe... ^_^

  • RiP666 said:  

    waduh...aku ga suka kopi...hmmm

  • free premium themes said:  

    kopi dan rokok adalah teman setia ku.. tiada hari tanpa kopi+rokok, ngopi ga ada rokok ga afdol, bgtu juga sbaliknya..ga minum kopi sehariiii aj, pala punyeng, badan pada pegal2.. jadi adakah kata-kata yang bisa membuat ku berhenti dari semua itu..?? jawabannya cukup 1.. yaitu SAKIT PARAH.. HKHKHKHK.. btw.. thx info na..

  • I'm too Ordinary said:  

    Ada lagi penyebab orang minum kopi gak bisa tidur.
    Soalnya kalo sambil tidur bisa keselek. Wekekekek...

    ...(PS) eh bund, link na dah nyantel tuh ;)

  • namaku wendy said:  

    jadi musti konsumsi seimbang yah bun, gak bole berlebih hmmm
    pantes ehm sapa yah tu kalo sakit kepala sukanya num kopi hbs tu sakitnya reda gitu

  • lunaticg said:  

    Salam dari Malaysia.
    terima kasih untuk informasinya tapi saya dah 10 tahun lebih x minum kopi.

  • SUGIANA said:  

    Hati-hati tuch terutama untuk pecandu kopi, jangan berlebihan, padahal .... saya juga bisa lebih dari 5 gelas per hari, apalagi kalau lagi banyak kerjaan malam hari....he...3X.
    ===============
    Salam kenal, salam sukses and keep touch.
    http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com

  • Ifat said:  

    kopi...I Like It..tapi cuma buat luluran dnk, klo minum gk mo pait banget...asal tau porsi ma aturannya aja..

  • adicahblora said:  

    wah.. ternyata begitu tow..,
    jadi enakan minum apa??
    air putih pasti lebih sehat

  • kakara said:  

    oh gitu ya.. info bagus nih..
    tapi kalau 3 cangkir per hari ..setiap hari,
    itu namanya kecanduan juga khan bunda..
    :) keep sharing ..

  • Diary Pink said:  

    kalo yang suka begadang pasti gak bakalan ketinggalan dengan kopi, tapi saya gak suka kopi jadi minum teh aja hehehe...

  • z4ro08 said:  

    waduuuh, kayanya minum kopin msti dikurangi nih, nice info bund...

  • sehat berkat reiki said:  

    Kalau kopi sudah aku kurangi. Di kantor kalau sedang dinas siaran malam, aku sruput sedikit saja. Selebihnya air mineral putih saja. Hobi ku sekarang malah bikin wedang jahe agar hindari dari masuk angin. Trims buat artikel kopi ini.

  • D'Faa said:  

    waah info'a ngebantu bgt neh
    plgi bwt aq yang cofee lover.......

  • aR0oH2602 said:  

    Assalamu'alaikum..trims infonya ya..,
    setelah tahu ternyata bahaya kopi cukup osram,karena q copi lover's..kalau githu konsumsi kopi akan q kurangi..

  • mama shana said:  

    wah..
    termasuk kategori mana yah?? kayaknya belum addict banget deh. tenkyu yah infonya...

  • pmd said:  

    lalu apa nasehatnya bagi pelajar indonesia? Mungkin bijak kalau kita merekomendasikan komi sebagai menu asesories belajar, kale yee. mana lebih bermanfaat dari coklat???

  • Fakhira said:  

    infonya bagus juga nih,secara nih aku seneng banget ngopi,biasanya tiap pagi,tapi cuma 1 kali sehari (1 gelas),ngga sampe yg brapa gelas gitu,aku biasanya minum kopi good day moccacino...itu gpp khan ya??? soalnya klo minum kopi hitam gt,langsung mual...thx for infonya...^-^

  • supriyanto said:  

    bunda...rencana sih sy mau buat caffe khusus kopi, tapi gimana ya bun....

  • Rini said:  

    waah, mantaps artikeLnya,,
    jadi semakin cinta kopi,, :)

  • Anonim said:  

    aku kalau pagi2 blm minum kopi tidak bisa kerja, malah bisa fatal, coba bayangin berangkat kerja maik sepeda motor, bisa kesengol truk/bus.....
    belum ditemapt kerja tdk bisa fokus....alamat kontrak bisa di break....

  • Anonim said:  

    Infonya bagus.. thank's

  • Kaskus said:  

    Klo mbah surip 20 gelas sehari dan kurangi tidur hahahahahahha

  • my blog crazytainment.com said:  

    Kopi enak'y buat begadang ajh..
    Itu jg klo brg tmn2..
    Klo sendiri yaa minum tmn'y kopi (yaitu teh)..

    Nice Inpo . .

    :)

  • Anonim said:  

    wah... jadi ngeri... gak mw ahhh kena stroke.. tx yaah bunda buat infox.

  • ekoa76 said:  

    thanks for the info,...
    saya juga pengopi sejati,...
    mohon ijin untuk share artikelnya,

  • Life Health Insurance said:  

    untungnya saya gak suka kopi..

  • Real Estate Corner said:  

    alhmdulillah, saya sekarang sudah tidak sering lagi minum kopi

  • enan jamilah said:  

    aduh....hari ini ak lagi cari bahan buat pidato, tapi aku bingun judulnya apa yach??? ehm klu manfaat kopi bisa g yach...!!!!!

  • Anonim said:  

    makasih infonya....

    bagus banget artikelnya, dr segi manfaat udah aku rasakan... itu bener2 nyata... kopi emang pembangkit semangt...membentuk energi ekstra....

  • coffe lover said:  

    waduh gimana nih ,,aku sehari minum kopi mpek 10x lho........
    mati aku.......

  • Alam said:  

    Hmm.. thx infonya..

  • Anonim said:  

    kopi?............
    suka sich.
    tapi kadang takut c0s bingung gmana caranya ngukur kadar kafeinnya,,,,,,

  • Anonim said:  

    kopi...kopi..kopi....
    tiada hari tanpa minum kopi...
    thanks infonya...

  • seno said:  

    makasih infonya

    penggemar espresso nih

  • 7bidadari said:  

    alhamdulillah...saya masih aman dari bahaya kopi,karena sampai saat lini saya paling banyak minum kopi 2 cangkir saja.....

  • Phaymeans ngopi nyok said:  

    thank's infonya..
    ngopi2 4x sehari...
    g boleh kurang, tapi boleh lebih...
    hwaaaaaaaaaaaaaaahahahahahaaaa

  • tiaracalista said:  

    wah , bagus sekali infonya .
    saya masih berstatus pelajar ,, jadi tolong kunjungi blog saya dan beri saran ..
    kebetulan saya juga baru aja selesai nulis postingan tentang kopi ..
    dilihat ya ...

    http://tiaracalista.wordpress.com/2010/04/14/kopi-bukan-lagi-sekedar-minuman/

  • nu said:  

    TETAP ENAKKKKKKKK.... COFEE

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • determity said:  

    kopi enak asal jgn berlebihan. oce?

  • Enita said:  

    klo gw gak suka minum kopi....yg instan hehe, klo yg tubruk mah jangan ditanya... mantab rasanya! hehe

    -- visit http://m.rujakasik.com --

  • jiangjiu said:  

    Silver Engraving Process & Beauty of Engraved Silverware thomas sabo bracelet
    What is “Silver Engraving”? thomas sabo bracelets Silver Engraving is the process of incising special messages or names discount thomas sabo bracelet of loved ones on silver products/items like silver candlesticks, cheap thomas sabo bracelet silver christening gifts, thomas sabo bracelet clearance silver anniversary gifts and silver photo frames. thomas sabo Engraving makes the item look outstanding discount thomas sabo and help to create a special gift or feeling. thomas sabo sale ukEngraved Silver products- where elegance meets beauty.Engraving thomas sabo jewellery something memorable on silverware is one of the most thomas sabo silver elegant of keeping a memory alive.

  • Paul said:  

    Wah kata tetangga sebelah aman, disini justru sebaliknya mana yang bener nih??
    Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

    http://majalahkesehatan.com/manfaat-kopi-bagi-kesehatan/

  • Yan said:  

    Nice info, saya sendiri adalah penggemar dari kopi hitam hampir setiap hari saya meminum kopi..

  • Anonim said:  

    ehm.........
    kalo kopi dicampur sama susu kental,ada bahayanya nggak ya???

  • Anonim said:  

    wah...banyaknya komen di laman ni...

    terima kasih atas maklumatnya...saya pun suka minum kopi, tapi ramai yang kata kopi ni boleh menyebabkan penyakit kanser, betul ke?

    kalau tak minum kopi badan jadi lemah je, tak ada semangat nak buat kerja..

    (maaf lah..saya tak pandai tulis bahasa indonesia)

  • flow meter said:  

    alhamdulillah selama ini masih dalam jangkauan aman, 2 cangkir sehari. kalau kopi jahe itu apakah lebih bagus ya?

  • Ita kurnianti said:  

    ok...ada manfaatnya pasti juga ada efek buruknya..tapi kl ndak minum kopi kyknya ada yg kurang deh...so be positif thingking aja....^_^...

  • Ryryryryryryryryryryrryryryryry said:  

    Visit My Web

    ya

    ada Hubungan nya sama kopi nih

    baru loh FEb 2011

  • linda_dinda said:  

    assamualaikm.kalo saya gk minum kopi bun, rasanya lemes,pusing,ngantuk n gk semangat sama skali,shri sy mnum 3x tp setiap cangkirx berdua sama suami,tu termasuk msh kurang baik gk bun buat kshatanku?trim....

  • harri-muhammad said:  

    awali hari mu dengan secangkir kopi

  • Ifan Shehale said:  

    kopi mantabz

  • Anonim said:  

    kopi memang kesukaan hampir setiap orang ..hidup kopi

  • Momogi said:  

    Wow.. Ternyata banyak juga ya manfaat kopi..

  • momo si momo said:  

    gue suka tuh ma kopi...apalagi kalau lagi nonton film seru tengah malem,,,wihhyy...tapi gue sih minum nya gak mesti...cuma kadang-kadang aja(kalau ada film tengah seru)...hehehe :D

  • kopi said:  

    Waduh bunda, bisa ngga daftar manfaatnya ditambahkan dan daftar bahayanya dikurangi hehehe... :D

  • atika sugiarti said:  

    coba banyakin lagi bahayanya...
    oya apakah semua jenis kopi yang ada dipasaran sama ya berdampak seperti itu?

  • testiana said:  

    sekarang lo aku minum kopi ko jd mual ya ???
    knp ??

  • obat tardisional said:  

    baru tau tuh,, makasih infonya

  • Andrey said:  

    Aku seorang perokok. Jadi aku suka kopi. Karna aku pernah mengalami sakit Maaq, dokter menyarankan aku untuk tidak mengkonsumsi kopi. Sejak saat itu aku mulai mengurangi minum kopi. Maksimum 2 atau 1x sehari minum kopi dan terkadang sehari tidak mengkosumsi kopi. Guna menghindari ketergantungan kopi.

  • Leave your response!