Trimester Kedua

Kamis, Januari 08, 2009 Leave a Comment

Melanjutkan postingan yang kemaren, yaitu tentang kehamilan di trimester pertama. Sekarang saya akan menulis tentang kehamilan di trimester kedua. Sumbernya sih masih tetep sama yaitu wyeth nutrition. Sengaja dulu (waktu hamil azka) menyimpan file ini, karena ada gambar tentang perkembangan bayinya dan apa saja yang dialami baik oleh ibunya maupun calon si jabang bayi.



Sebenarnya saya juga punya buku full color tentang 9 bulan kehamilan. Isinya juga bagus, tapi sayang... saya tidak bisa menyisipkan gambarnya karena saya gak punya scan, jadi gak bisa deh tampilin gambarnya. Lanjut yuk tentang kehamilan di trimester kedua.


Pada trimester kedua masa hamil (bulan 4, 5, dan 6), gerakan janin mulai terasa dan kehamilan anda mulai tampak. Janin sudah mulai berbentuk manusia, mempunyai bulu mata dan cenderung menghisap ibu jari tangan.

Bulan ke-4 Anda

* Morning sickness mulai berkurang, bahkan akan hilang sama sekali di akhir trimester kedua.
* Pinggang anda semakin melebar
* Rasa mual menyebabkan produksi air ludah anda meningkat
* Produksi keringat meningkat
* Gerakan janin mulai terasa


Bulan ke-4 bayi


Pada minggu ke-13 atau bulan pertama trimester kedua, bentuk janin telah sempurna. Janin tersebut akan terus membesar sepanjang sisa masa kehamilan.

Minggu ke-14, berat janin naik mencapai sekitar 64 g (2 1/4 oz), padahal seminggu yang lalu beratnya masih sekitar 28 g (kira-kira 1 oz). Janin tersebut telah mampu mengepalkan jari-jari tangan. Alat ultrasound telah mendeteksi detak jantung

Minggu ke-16, gerakan janin semakin keras, dan otot-ototnya semakin kuat. Bulu-bulu halus/ lanugo yang menutupi seluruh tubuh dan alis mata mulai kelihatan.


Bulan ke-5 Anda

* Ulu hati anda akan terasa panas
* Kulit dan rambut semakin berubah. Warna kulit wajah anda akan berubah menjadi coklat kekuningan (kloasma). Tahi lalat membesar dan bertambah gelap. Waspadai adanya gejala kanker kulit dengan berkonsultasi dengan dokter pribadi anda


Bulan ke-5 bayi

Pertumbuhan janin semakin pesat.

Pada minggu ke-20, panjang janin mencapai kira-kira 25 cm (10 inchi). Gigi dalam rahang mulai terbentuk. Gerakan janin semakin kuat karena otot-ototnya yang semakin menguat.

Gerakan tersebut berupa sundulan-sundulan lemah pada perut anda





Bulan ke-6 Anda

* Perubahan pada pembuluh darah terlihat jelas. Terdapat jalinan garis ungu membentang di dada dan sepanjang paha. Anda juga dapat mengalami varises dan wasir.
* Berat hamil anda telah mencapai kira-kira setengah dari total kenaikan berat kehamilan. Pinggang dan pinggul menebal.
* Frekuensi buang air kecil meningkat karena tekanan uterus pada kandung kemih. Kadang ditemui adanya infeksi.
* Rabas/discharge vaginal semakin bertambah. Infeksi jamur juga biasa terjadi. Berkonsultasilah dengan dokter pribadi anda untuk mengatasinya.


Bulan ke-6 bayi


Pada minggu ke-24, panjang janin telah mencapai 33 cm (33 inchi). Janin sudah bisa batuk dan tersedak. Janin tampak kurus karena persediaan lemak tubuh belum kelihatan (persediaan ini mulai kelihatan pada minggu ke-28).

Pada akhir trimester kedua, paru-paru telah sempurna sehingga janin sudah mampu bernapas diluar kandungan.



Untuk kehamilan trimester ketiga dilanjut lain waktu ya... mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat.

11 komentar »

  • Seno said:  

    Pas banget nih lagi nyari, istriku sedang mengandung anak pertamaku sekarang he..he..thanks ya

  • Riyan said:  

    pas banget juga nih..istriku lagi mengandung anak yang pertama..makasih yaa..doain agar selamat yaa bunda :D

  • Cara Menghemat PC or laptop said:  

    semoga semua yg pd hamil di beri sehat dan lancar

    Kota Malang
    Pasang Iklan KI
    Pasang Iklan RI

  • Anonim said:  

    selamat ya.. yg udah pd hamil, yg belum hamil sabar ya...

    ----------
    Rusli Zainal Sang Visioner
    Stop Dreaming Start Action
    Pasang Iklan 77

  • batik asia said:  

    hamil adalah kondisi yg cukup melelahkan terutama pd trisemester pertama. setelah itu biasanya sudah mulai merasakan nikmatnya menjadi wanoita yg bisa hamil

    Health & Beauty 2

    Health & Beauty 3

  • vie said:  

    Kehamilanku udah mencapai awal trimester kedua. mkasih infonya! Doain ja ya! moga lancar dan selamat saat melahirkan nanti

  • Real Estate Corner said:  

    seru yah menanti kelahiran bayi..
    apalagi sudah menginjak trimester kedua

  • Life Health Insurance said:  

    trimester kedua..
    gambar bayinya ternyata dah besar yah

  • Anonim said:  

    Trimakasih mama, sangat membantuku sekarang yang sedang mengadung 6 bulan

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!