Cara Mengetahui Madu Asli

Rabu, Maret 25, 2009 18 komentar

Terkait postingan tentang khasiat dibalik madu, maka kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang pemilihan madu. Supaya kita tidak terkecoh dalam membeli madu. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui asli atau tidaknya. Saya juga pernah mempraktekan dengan cara ini.

Semoga tips mengetahui madu asli di atas bisa bermanfaat, sehingga kita bisa merasakan manfaat madu.


  1. Masukkan 1 sdm madu ke dalam air hangat. Bila madu bercampur dengan air, itu menandakan bahwa madunya palsu.
  2. Kocoklah madu dalam botol kemasannya. Madu asli biasanya setelah dikocok akan mengeluarkan buih, sedangkan madu palsu tidak. Madu asli akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka, maka akan terdengar suara letupan kecil. Oleh karena itu, jangan menyimpan madu di botol itu dalam keadaan penuh. Bisa-bisa tutupnya lepas. Dulu saya pernah nyimpan madu di botol minuman plastik dalam keadaan penuh dan ternyata tutupnya lepas.
  3. Masukkan madu di lemari es. Madu asli tidak akan menggumpal walau disimpan dalam waktu lama, sedangkan madu palsu akan menggumpal.
  4. Teteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu biasanya akan lebih mudah diserap oleh kertas karena kadar air yang dikandungnya lebih tinggi dibanding madu asli.
  5. Rasa madu asli selain manis, ada rasa asem-asem dikit dan clekit-clekit di mulut.
Read the full story

Tips Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) ala Bunda azka

Belakangan ini, saya memang sulit untuk tidur. Yang biasanya saya biasa tidur jam 9 malem.. sekarang mendadak bisa jam 11 ato gak jam 12 malem. Mungkin saya terkena insomnia kali ya... atau memang saya sedang keasikan sama yang namanya blogging ya?? hehe....
Tapi mmg kebiasaan jelek tuh harus dihindarin...

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.


Berikut ini ada beberapa tips dari saya, untuk mengatasi susah tidur:
  1. Jangan minum kopi sebelum tidur. Karena bisa membuat tidak bisa tidur. Baca tentang manfaat dan bahaya kopi disini
  2. Jangan makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Karena akan membuat perut gak nyaman, akibatnya susah tidur deh
  3. Jangan banyak nonton tv dan matikan inet. Batasi waktunya, sehingga waktu tidur kita optimal
  4. Mandi air hangat sebelum tidur. Biar badan terasa segar, sehingga tidur pun nyaman, atau klo gak mau mandi ya cuci muka aja.
  5. Niat untuk hidup sehat selalu diterapkan, dalam artian jika kita ingin menghentikan kebiasaan gak bisa tidur ini, ya harus biasakan pola tidur yang baik. tidur harus tepat waktu.

Bagi yang masih sulit tidur malam.. mudah-mudahan tips yang diatas bisa bermanfaat ya..

Read the full story

Khasiat di Balik Madu

Minggu, Maret 22, 2009 22 komentar

Siapa sih yang gak kenal sama yang namanya Madu?? Berasal dari lebah dan rasanya yang manis membuat kita tidak akan bosan untuk mengonsumsinya setiap hari. Saya itu dulu paling suka sama madu, tapi sekarang dah jarang lagi mengkonsumsinya., maklum..sudah habis dan belum beli lagi...

Madu sering kita lihat penggunaannya untuk campuran jamu (bagi yang suka jamu mungkin sudah tidak asing lagi ya...:), untuk campuran makan roti, untuk masker wajah biar tambah cinclong... dan lain sebagainya.

Ternyata, madu itu buanyak sekali loh manfaatnya.
Mau tau apa aja manfaat yang bisa kita perolah dari madu...



Luka Bakar

Oleskan madu secara merata pada luka bakar. Madu dapat mendinginkan dan mengurangi nyeri serta menyembuhkan luka dengan cepat tanpa meninggalkan bekas luka. Cara ini aman, karena bakteri tidak bisa hidup dalam madu.

Insomnia

Satu atau dua sendok teh madu tiap malam akan membantu anda terlelap. Lebih ampuh lagi kalau dicampurkan dalam segelas susu hangat.

Hiperaktif
Ganti semua gula pasir anda dengan madu. Gula pasir memiliki kemampuan stimulasi yang tinggi, padahal nutrisinya rendah. Sebaliknya madu mampu menyediakan energi melimpah tanpa membuat anak jadi hiperaktif.

Hidung Mampet
Taruh satu sendok makan madu dalam baskom berisi air panas, lalu hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda dengan handuk diatas baskom. Sangat manjur!

Lelah

Encerkan satu sendok makan madu dengan air hangat lalu diminum. Madu memiliki kandungan utama berupa fruktosa dan glukosa, jadi sangat mudah diserap tubuh. Atlet Yunani kuno selalu mengkonsumsi madu sebelum pertandingan untuk menambah stamina dan setelah pertandingan untuk mendinginkan tubuh.

Masker Wajah

Campurkan madu dengan oatmeal dalam takaran yang sama, kemudian gunakan sebagai masker. Biarkan selama setengah jam lalu bersihkan wajah anda. Madu adalah pembersih wajah yang ampuh untuk menghilangkan jerawat dan noda di wajah.

Gangguan Pencernaan
Campurkan madu dengan cuka apel lalu ditambah lagi dengan air. Selain memperlancar pencernaan, ramuan ini juga baik untuk persendian dan penurunan berat badan.

Hair Conditioner
Oleskan campuran madu dan minyak zaitun pada rambut anda, lalu tutup kepala anda dengan handuk hangat selama setengah hingga satu jam. Kemudian dibilas. Madu dapat memberi nutrisi yang diperlukan rambut dan kulit kepala.

Sakit Tenggorokan

Biarkan satu sendok teh madu mengalir lambat di tenggorokan anda. Madu berfungsi untuk mengurangi peradangan.

Stress

Perpaduan madu dan air adalah stabilizer alami yang luar biasa bagi tubuh kita, karena campuran tersebut memiliki efek menenangkan. Agar lebih efektif, gunakan perbandingan antara madu dan air sebanyak 1:4.

Anemia

Madu adalah "makanan" yang paling bagus untuk darah. Semakin gelap warna madu, semakin banyak pula kandungan mineralnya.

Pengawet Makanan

Jika anda mengganti gula pada resep kue dan cookies anda, maka kue dan cookies tersebut akan lebih tahan lama, karena madu bersifat anti-bakteri.

Botol Bayi

Empat sendok teh madu yang dilarutkan bersama air dan dimasukkan ke dalam botol bayi akan memberikan efek tenang pada bayi sekaligus menambah asupan multivitamin si bayi. (Perhatian: hanya untuk bayi diatas usia satu tahun). Bagi bayi yang baru tumbuh gigi, mengoleskan madu pada gusi mereka akan membantu mengurangi rasa sakit karena tumbuhnya gigi.

Osteoporosis
Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu sendok teh madu per hari dapat mencegah osteoporosis. Sangat dianjurkan untuk anda yang sudah berusia kepala lima.

Panjang Umur

Orang-orang dengan usia tertua di dunia pada umumnya adalah mereka yang rutin mengkonsumsi madu. Ada satu lagi fakta menarik, yaitu para peternak lebah (yang otomatis juga rajin mengkonsumsi madu ) ternyata lebih sedikit berisiko terserang kanker dan rematik dibandingkan dengan pekerjaan manapun di dunia.

Migrain
Saat migren baru menyerang, minumlah campuran satu sendok makan madu dengan setengah gelas air hangat. Jika dirasa perlu, ulangi 20 menit kemudian.

Iritasi mata

Larutkan madu dengan air hangat dalam takaran yang sama. Setelah dingin, cuci mata anda yang terkena iritasi dengan larutan tersebut.

Obat Batuk

Campur 170 gram madu, 55 gram gliserin dan air perasan dari dua buah jeruk lemon. Aduk rata dan simpan dalam botol yang tertutup rapat. Dapat diminum sewaktu-waktu sebagai obat batuk.

Ada kalanya madu murni yang disimpan lama akan menggumpal. Apabila itu terjadi, anda hanya perlu meletakkan botol madu anda dalam panci berisi air panas (bukan mendidih) selama beberapa saat hingga madu mencair kembali.


Sumber: sendokgarpu.com
Read the full story

Cara Aman Konsumsi Mie Instan

Sabtu, Maret 21, 2009 26 komentar

Siapa sih yang tidak kenal sama yang namanya mie instan? Bagi anak kos-kosan mungkin tiap hari dah masuk daftar menu makanan. Sebenarnya... mengkonsumsi mie instan setiap hari itu tidak baik. Anda tentu tau bukan kenapa mie instan tidak boleh dikonsumsi setiap hari? Jika yang belum tau, mari kita perhatikan komposisi dari mie instan, diantaranya ada zat pewarna, zat pengawet, antioksidan (TBHQ, tertiary butylhydroquinone), dan juga Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih familiar dengan sebutan penyedap rasa.

Anda tentu pernah mendengar tentang MSG yang bisa menimbulkan gejala alergi atau keracunan yang disebut Chinese Restaurant Sindrome. Pusing, muntah-muntah bisa menimbulkan sakit, dada seperti yang terserang penyakit jantung. Belum lagi adanya zat pengawet yang membuatnya bisa tahan lama dan juga zat pewarna. Sedangkan TBHQ itu untuk mencengah ketengikan pada mie tersebut.
Oh ya.. ada nih tips dari saya supaya kita bisa mengkonsumsi mie instan secara sehat. caranya
  1. Rebus air dua kali lebih banyak dari biasanya, misalnya jika kita biasa merebus 2 gelas diubah jadi 4 gelas.
  2. Setelah mendidih, sebagian air kita taruh di mangkuk saji yang sudah diberi bumbu. (pake bumbunya separo aja, atau klo mau aman bikin sendiri bumbunya dan beri garam bila kurang rasa)
  3. Air yang masih ada dalam panci sisanya kita pergunakan untuk merebus mie instan.
  4. Tunggu hingga air menjadi agak menguning (ini tanda bahwa lapisan lilin yang terdapat di permukaan mie instan mulai luntur).
  5. Setelah itu, angkat dan tiriskan mie pada mangkuk yang telah terisi air tadi.
  6. Untuk menambah kandungan gizinya, kita bisa menambahkan telur dan sayur pada proses pemasakan.
Selamat mencoba...

Semoga tips ini bisa bermanfaat
Read the full story

Bagaimana Memahami Kecerdasan Anda

Kamis, Maret 19, 2009 17 komentar

Ada dua jenis kesadaran. Yang pertama adalah kesadaran normal (normal cognition), ini adalah sebuah kemampuan untuk memanggil pengetahuan yang ada pada memori. Saat anda ditanya sebuah pertanyaan dan anda dapat menghasilkan jawaban, itu adalah sebuah karya dari kesadaran. Jenis kesadaran kedua adalah kesadaran meta (metacognition), sebuah kemampuan untuk mengetahui apakah anda tau atau tidak tau.



Pernahkah anda ditanya sebuah pertanyaan yang anda tau jawabannya, namun anda tidak dapat menemukan kata yang tepat untuk menjawabnya? Fenomena ini dikatan sebagai "tip of the tounge" (diujung lidah), pastinya kita semua pernah mengalaminya. Anda tau jawabannya, tapi gagal melafalkannya.jika seseorang menjawab pertanyaannya, anda akan tau jawaban tersebut benar atau tidak. Dalam kasus ini kesadaran meta hadir tanpa kesadaran normal.

Pendek kata, kesadaran normal adalah mengetahui, sedangkan kesadaran meta adalah mengetahui anda tau atau tidak. Keduanya dapat hadir secara bersamaan, namun seringkali mereka tidak.

Apa Hubungannya Dengan Kecerdasan Seseorang?

Jadi apakah kepentingan hal ini terhadap pengembangan diri seseorang? Fakta mengatakan bahwa ada dua macam kesadaran, berarti ada tipe kecerdasan yang berbeda.

Pada pendidikan tradisional, kecerdasan diukur berdasarkan kesadaran nomal seseorang. Untuk beberapa orang, hal ini tidak membawa masalah. Mereka dapat memproduksi semua yang mereka ketahui dalam sebuah tes. Namun buat yang lainnya, ini adalah masalah yang besar. Mereka yang mengerti sesuatu tapi gagal untuk menerjemahkannya (melafalkannya) pada sebuah tes, akan diberikan nilai yang jelek dan dinilai sebagai orang yang kurang percaya diri.

Tapi apakah ketidakmampuan ini membuat mereka menjadi kurang cerdas? Mereka tau jawabannya. Jika pertanyaan tersebut muncul pada sebuah tugas, mereka dapat me-refer sebuah buku atau mencarinya pada Google. Pada dunia nyata, mereka se-efektif orang-orang yang berhasil dalam tes. Mereka hanya tidak dapat membuktikannya.

Pentingnya Mengetahui Apa Yang Anda Tau


Kecuali anda sedang mengambil sebuah tes atau bermain sesuatu yang berbahaya, kesadaran meta adalah faktor yang lebih membawa kesuksesan di kehidupan nyata dibandingkan dengan kesadaran normal. Dalam kehidupan nyata, saat anda dihadapkan pada pertanyaan yang mengharuskan anda memutuskan anda tau atau tidak. Dengan kesadaran meta, ini mudah. Jika anda tau jawabannya namun anda tidak dapat menyebutkannya untuk saat ini, anda dapat melakukan sedikit pencarian. Jika anda yakin bahwa anda tidak tau, maka anda dapat segera belajar. Karena anda sadar akan kesombongan anda, anda tidak akan bertindak dengan percaya diri yang sebenarnya bodoh. Orang yang berpikir bahwa dia tau sesuatu yang sebenarnya tidak diketahuinya membuat keputusan yang paling fatal.

Seorang dengan kesadaran normal yang rendah, tapi kesadaran meta yang tinggi sebenarnya adalah orang yang terbaik. Mereka mungkin payah disekolah, tapi saat dihadapkan pada masalah, mereka sadar akan kemampuan mereka dan mengambil tindakan terbaik. Orang-orang ini sepintas tidak terlihat pintar, namun karena mereka tau apa yang mereka tau, mereka membuat keputusan yang lebih baik dan belajar lebih banyak hal penting.

Pintar Tapi Orang Yang Biasa

Secara bertolak belakang, ada seseorang dengan kesadaran normal yang tinggi tetapi kesadaran meta yang rendah. Mereka disebut sebagai orang jenus pada saat muda karena memiliki nilai-nilai yang bagus. Sayangnya, mereka dihadang dengan rendahnya kesadaran meta; mereka kira mereka tau segala sesuatu, tetapi mereka tidak. Mereka sombong, tidak belajar dari kesalahan, dan tidak mengerti perbedaan dari hubungan antar pribadi. Mereka menghina seseorang dengan kesadaran normal yang lebih rendah.

Jadi siapa yang lebih baik? Pada sebuah pertempuran kecerdasan, kesadaran yang lebih tinggi akan menang, namun hidup bukan pertemupran sekali waktu. Hidup adalah sejumlah percobaan dalam meraih sukses. Belajar membutuhkan pengetahuan akan apa yang tidak anda ketahui, dan belajar melangkah lebih jauh dari yang anda rasa penting. Orang-orang dengan kesadaran meta yang rendah tidak pernah sadar bahwa mereka "tidak mengerti". Mereka juga tidak mengetahui apa yang penting.

Ini tidak menghalangi mereka dari sukses material. Namun mungkin itu juga pengukuran yang buruk untuk sebuah kecerdasan. Banyak orang yang menjadi kaya dan sukses dengan kepintaran mereka dan kesadaran normal mereka, namun secara manusiawi mereka dikatakan sebagai biasa-biasa saja. Apakah orang yang menghasilkan jutaan dolar namun kejam terhadap bawahan dan keluarganya dapat dikatakan lebih cerdas dari orang yang hidup dalam kecukupan dalam keluarga yang penuh kasih?

Gunakan Kemampuan Kesadaran Meta Anda


Jadi apa yang sebenarnya kita ketahui dan apa yang tidak? Dan bagaimana kita dapat membedakannya? Banyak sekali yang harus diketahui didunia ini dimana otak yang paling brilian pun hanya mampu menyerap sedikit. Untuk alasan ini, kita harus mempertanyakan segala seuatu yang kita ketahui. Pikiran yang tertutup tidak peka terhadap keadaan sekitar, pikiran yang terbuka menyedot segala sesuatu. Seperti spons, ia akan menyedot semua observasi dan menjadi lebih kuat.

Namun kita tidak dapat hidup dalam keraguan. Kalau pun ya, kita tidak akan pernah bertindak, terpenjara oleh kurangnya pengetahuan yang kita miliki. Kita harus percaya kepada intuisi. Jika sesuatu hal membuat anda merasakan dalam cara tertentu, perasaan itu harus dihormati. Bertindaklah berdasarkan pendiran anda, bukan orang lain, dan bukalah telinga anda untuk ide-ide baru.

Kekuatan mental yang terpenting adalah kemampuan untuk mengetahui apa yang tidak anda ketahui. Kesadaran akan kesalahan adalah langkah pertama untuk maju. Jangan coba menutupi kurangnya pengetahuan. Orang lain akan melihatnya dan anda tampak seperti orang bodoh yang sombong. Jika anda mengakui keterbatasan anda, orang lain akan menolong anda belajar dan menghargai rasa malu anda. Untuk orang-orang pintar, hal ini sangat sulit dilakukan. Kita terbiasa ada pada posisi yang benar, dan ada pada posisi yang salah adalah memalukan. Kita khawatir akan kehilangan status dan terlihat bodoh. Kesombongan ini adalah kelemahan terbesar dan sumber dari masalah. Menghancurkannya dan hidup dengan kerendahan hati adalah sebuah tanda dari kebijaksanaan sejati.

Sumber: pickthebrain
Read the full story

Oleh-oleh Khas Malang

Senin, Maret 16, 2009 15 komentar

Siapa sih yang gak tau sama kota malang? Selain sebagai kota pelajar dan kota wisata, ternyata malang kaya akan kuliner lho.. Mau tau apa saja, khas kota malang selain apel??

Keripik
Keripik malang itu buanyak loh macemnya... buah dan sayur pun bisa dibuat keripik. berikut ini ada beberapa keripik khas kota malang.

Keripik Tempe
Saya itu paling suka nih sama keripik tempe, apalagi klo makan keripik tempe buatan temennya ibu di singosari. Keripik tempenya uenaaaaak... kerasa banget bumbunya, ditambah lagi ada irisan daun jeruk, jadi baunya harum. Keripik tempe malang juga ada berbagai macam rasa loh... ada yang original, keju, pedas, dan aneka rasa lain.

Keripik Bayam
Bayam yang biasanya kita makan dalam bentuk sayur ini, sekarang sudah tersedia loh dalam bentuk keripiknya. Rasanya juga nyam...nyam... Bisa buat pengganti kerupuk juga.

Keripik Kentang
Kentang selain buat campuran sayur sop dan perkedel, ternyata dimalang diolah loh jadi keripik kentang.

Keripik Telo Ungu

Telo yang biasa kita kenal kan warnanya putih kalo gak ya warna kekuningan. Ternyata di malang telo itu ada yang warnanya ungu. Telo ungu ini, biasa ditemui di daerah gunung kawi.

Keripik Buah

Mungkin sebagian orang heran, koq ada ya buah yang dijadikan keripik?? Ni dia keripik buah yang ada di malang.
Keripik apel, nangka, nanas, mangga, jambu, semangka, rambutan, dan salak.


Selain berbagai macam keripik... Anda juga bisa mencoba sari apel dan cuka apel, jenang apel, bakpia telo ungu, dan berbagai mie (mie telo ungu, mie wortel, dan mie bayam).


Ayoo... bagi yang mau ke malang, jangan lupa borong ya oleh-oleh khas malang.


Read the full story

Contoh Soal Berdasarkan Tingkatan C1- C6

Sabtu, Maret 14, 2009 15 komentar

Inget waktu kuliah dulu tentang mata kuliah penilaian kimia yang diajar oleh bpk. prayit. Dimana saya diberi tugas untuk membuat contoh soal-soal berdasarkan jenjang kemampuan c1 samapai c6. Berikut ini ada beberapa contoh soal yang dimaksud. Contoh soalnya terkait sama pelajaran kimia ya...
Semoga informasi ini bisa bermanfaat.


Contoh soal Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.

Simbol unsur perak, tembaga, dan emas secara berturut-turut adalah.....
a. Ag, Cu, dan Au
b. Fe, Cu, dan Au
c. Sn, Ag, dan Cu
d. Pd, Ag, dan Cu

Peristiwa berikut yang termasuk perubahan kimia adalah.....
a. air mendidih menjadi uap air
b. gula larut dalam air panas
c. kertas dibakar menjadi abu
d. lilin meleleh karena dinyalakan

Contoh soal Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.

Jumlah atom N yang terdapat pada molekul (NH4)2SO4 sebanyak.....
a. 1
b. 2
c. 4
d. 6

Contoh soal Penerapan (Application) C3

Yang termasuk jenjang penerapan adalah kemampuan menggunakan prinsip, aturan, atau metode yang telah diketahuinya dalam situasi baru atau situasi kongkrit.

Jika diketahui massa atom relatif Na=23, S=32, H=1, dan O=16 maka massa molekul relatif Na2S4.5H2O adalah.....
a. 19
b. 142
c. 232
d. 264

Contoh soal Analisis (Analysis) C4

Yang dimaksud jenjang analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar komponen informasi tersebut menjadi jelas.

Dalam wadah 5 liter dimasukkan 4 mol SO3 yang terurai menurut reaksi:
2 SO3(g) <---> 2 SO2(g) + O2(g)
Jika pada saat kesetimbangan tercapai masih ada 1 mol SO3. Berapakah tetapan kesetimbangannya.....
a. 2,7
b. 5,4
c. 13,5
d. 27

Contoh soal Sintesis (Synthesis) C5

Yang dimaksud jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi lainnya.

Sebanyak 1 liter larutan CrCl3 1M dielektrolisis dengan arus 6 A. Waktu yang diperlukan untuk mengendapkan semua logam kromium adalah.....(Ar Cr= 52, F=96500 C mol -1)
a. 289500 detik
b. 96500 detik
c. 48250 detik
d. 32167 detik

Contoh soal Evaluasi (Evaluation) C6

Yang dimaksud jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.

Jika diketahui potensial elektroda standar dari:

Ag­­­­+ (aq) + e ---> Ag(s) εo = +0,80 volt

In­­­­3+ (aq) + 3e ---> In(s) εo = -0,34 volt

Mg­2­+ (aq) + 2e ---> Mg(s) εo = -2,37 volt

Mn­2­+ (aq) + 2e ---> Mn(s) εo = -1,20 volt

Pasangan yang memberikan perbedaan potensial sebesar +1,14 volt adalah.....
a. Ag I Ag­­­­+ II Mn­2+­ I Mn
b. In I In­­­­3+ II Ag­­­­+ I Ag
c. Mn I Mn­2+ ­II Mg­2­+ I Mg
d. Ag I Ag­­­­+ II In­­­­3+ I In

Read the full story

10 Alasan Mengapa Anda Harus Selalu Ingin Tahu

Jumat, Maret 13, 2009 15 komentar

Pada dasarnya, setiap orang ingin tau segala hal. Contoh saja, bila kita ingin sukses, maka kita pun akan mencari tau hal-hal apa saja yang bisa membuat kita sukses, atau bila anda ingin kehidupan yang menjanjikan maka anda harus selalu ingin tahu. Semakin anda penasaran, semakin banyak peluang yang terbuka sepanjang hidup anda. Buka mata anda dan perhatikan baik-baik, berapa banyak asumsi keliru yang selama ini telah anda buat? Apa yang selama ini ingin anda ketahui?


Berikut ini adalah 10 alasan mengapa anda harus selalu ingin tahu?
  1. Anda akan semakin mengerti diri anda sendiri - Rasa ingin tahu memungkinkan anda untuk menyingkapkan permasalahan dan pemikiran, yang selama ini ada. Jika rasa ingin tahu dapat anda kelola dengan baik, itu akan membawa anda untuk sampai pada tujuan.
  2. Anda akan mengetahui kebenaran - Segala sesuatu yang tampak nyata dalam hidup tidak sepenuhnya benar. Seorang yang dipenuhi rasa ingin tahu tidak menerima mentah-mentah omongan seseorang, mereka akan mencari kebenaran dari omongan tersebut. Seorang yang dipenuhi rasa ingin tahu mencari informasi detail tentang segala sesuatu, mereka bukan hanya tau "apa" atau "kapan" tapi juga "bagaimana" dan "kenapa".
  3. Anda akan melepaskan jiwa anak-anak anda - Anak-anak adah seorang yang penuh dengan rasa ingin tahu. Mereka seperti kanvas kosong yang siap untuk diisi pengetahuan dan pengalaman. Mereka menyerap apa yang dapat diketahui tentang dunia dengan pikiran terbuka. Rasa ingin tahu dapat membuka pikiran anda juga.
  4. Anda akan merasakan pengalaman baru - Pengalaman baru adalah hal paling menyenangkan dalam hidup. Pengalamn baru akan menstimulasi pikiran anda dan melepaskan emosi yang kreatif, dan membebaskan anda dari rutinitas yang menjemukan.
  5. Anda akan meningkatkan produktitas anda - Pikiran yang selalu ingin tahu akan menembus batas penalaran yang biasa anda terima dan membokar setiap detail yang menggerakan sebuah proses. Semakin anda mengerti detail, semakin anda mengerti prosesnya. Hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih produktif.
  6. Anda akan belajar lebih banyak - Saat rasa ingin tahu menyelimuti anda, anda akan kembali dengan ilmu yang lebnih banyak. Anda akan menembus batas-batas pemikiran anda. Semakin banyak yang anda pelajari semakin banyak pula yang anda tahu.
  7. Anda akan semakin efisien - Seorang yang penuh rasa ingin tahu akan melihat hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Mereka akan menemukan cara alternative untuk menyelesaikan suatu masalah. Semakin banyak alternative solusi yang ada, semakin besar masalah yang ada akan segera teratasi.
  8. Anda akan merasakan indahnya keanekaragaman - Keanekaragaman adalah bumbu atau variasi dalam hidup. Tidak ada hal yang lebih membosankan selain repetisi. Bila anda membiarkan diri anda berjalan kearah yang berbeda, anda akan menambah variasi kehidupan anda.
  9. Anda akan menjadi lebih positif - Lebih mudah berpikir negatif daripada positif. Jika anda tidak mengerti akan suatu hal, atau tidak terbiasa akan suatu hal, mudah sekali untuk menghilangkan pikiran tersebut dari otak anda. Hanya jika anda mengerti akan sesuatu, anda akan menghargainya. Manusia biasanya akan lebih positif pada sesuatu yang mereka ketahui. Rasa ingin tahu membuat pikiran anda lebih luas dan menambahkan pengertian yang lebih mendalam.
  10. Anda akan membuka banyak hubungan baru - Rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat anda bepergian ketempat yang tidak biasa anda kunjungi. Pada suatu kesempatan, anda tentu akan berhenti sejenak untuk melihat-lihat lingkungan sekitar. Anda tidak akan pernah tahu bahwa anda bias saja bertemu dengan orang dengan banyak sekali kesamaan dengan anda.

Klik di sini untuk sumber artikel.
Read the full story

Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Kamis, Maret 12, 2009 22 komentar

Semua wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, bebas dari jerawat maupun flek hitam. Namun salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita Asia, terutama yang berusia di atas 30 tahun, adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah.

Pigmentasi kulit atau melasma, bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah, akibat paparan sinar matahari.

Selain sinar matahari, melasma juga dapat terjadi akibat pemakaian obat hormonal, misalnya obat pencegah kehamilan. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.


Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Bisakah Flek Dilenyapkan?

Melenyapkan flek dari permukaan wajah, bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek hilang dan tak muncul kembali.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah.

Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah.

Namun dengan adanya peralatan modern saat ini, flek dapat dengan cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

Pertama-tama yang harus dilakukan, adalah melakukan facial. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah serta mencegah dan mengikis flek.

Caranya:

- Usapkan krim pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
- Bersihkan wajah, lalu gosok dengan menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
- Cuci wajah, lalu lumuri wajah dengan masker.
- Setelah masker mengering, wajah kembali dibersihkan, selanjutnya gunakan pelembab.

Anda baru akan merasakan manfaatnya, bila melakukan facial secara rutin selama 10 kali. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa parah flek yang Anda derita. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah dengan flek yang agak meluas, sebaiknya lakukan facial seminggu sekali dan dibantu dengan krim malam.

Salah satu bahan facial yang kini mulai banyak dipakai dan dianggap cukup berkhasiat membersihkan flek, adalah spirulina. Spirulina adalah ganggang laut yang sudah dikemas dalam bentuk masker semacam lumpur, fungsinya untuk mengurangi flek karena strukturnya seperti scrub. Spirulina juga tersedia dalam bentuk kapsul dan diminum sebagai suplemen.

Dengan perawatan seminggu sekali, selama sepuluh kali perawatan facial, flek akan memudar. Namun tentu saja, efeknya akan lebih memuaskan adalah anda harus rajin dan rutin melakukannya.

Melakukan Facial Sendiri, Bisakah?

Perawatan facial sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan buah-buahan atau bahan alami.

Masker Bengkuang atau Mentimun

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitu pun Mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar.

Tapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tak hati-hati, alih-alih menyembuhkan, kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, inilah yang harus Anda lakukan:

- Oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
- Basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

Perawatan dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkoang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

Irisan Jeruk Nipis

Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah dan seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

Teh

Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh yang mengandung tanin sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut. Caranya:
- Inapkan secangkir teh kental semalam.
- Oleskan air teh ke seluruh kulit wajah dan tubuh.
- Biarkan kering dengan sendirinya.
- Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah, Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda sekaligus melakukan perawatan kulit wajah dan mata.

Hindari Toner Wajah


Saat membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Anda tak memerlukan toner, astringent atau face tonik, karena pemakaiannya akan berlebihan sehingga justru mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

Jika Anda rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihakan menggunakan scrub. Perlu diingat, penggunaan bahan alami memang hasilnya tak bisa instan seperti yang dilakukan dengan laser atau lainnya di salon-salon. Tapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya. Selamat mencoba!


TIGA JENIS KULIT WAJAH

Sebelum melakukan perawatan wajah, sebaiknya Anda kenali dulu jenis kulit Anda. Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

Kulit Normal

- Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
- Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
- Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
- Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Kulit Berminyak
- Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
- Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
- Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Kulit Kering
- Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
- Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
- Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.

Kulit Sensitif
- Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
- Kulit umumnya kering dan terkesan "tipis" sekali.
- Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.


Klik di sini untuk sumber artikel.
Read the full story

Membuat Tahu

Selasa, Maret 10, 2009 14 komentar

Gak sengaja nemu resep bikin tahu yang simple dan bisa dicoba dirumah nih...
Saya ambil dari sahabat bersama, Resepnya mudah banget nih dan pasti semua ibu-ibu bisa mempraktekkannya di rumah. Maklum... suami saya paling doyan nih sama tahu.

Bagi yang mau mencoba, ini saya tulis resepnya





Alat dan Bahan yang diperlukan:
Kedelai
Air
Penggiling
Alat Pencetak

Cara Membuat:
1. Cuci Kedelai sampai bersih
2. Kalau sudah bersih giling kedelai hingga halus.
3. Kalau sudah halus kemudian rebus sampai mendidih.
4. Kemudian tahu disaring di kain yang sudah disediakan.
5. Jika sudah disaring lalu di cetak di timbun dibatu yang besar agar tahunya menjadi keras/padat
6. Kemudian iris tahu sesuai dengan ukuran yang sudah disediakan

Anda tentu mengetahui bahwa tahu merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Saya kadang menyebut tahu sebagai linkstar. Karna tahu merupakan bintang dari sebuah makanan atau lauk pauk selain tempe. Walau harganya murah, tapi tahu memiliki protein yang cukup baik.

Sumber: sobatbaru.blogspot.com
Read the full story

Suplemen Kesehatan (Bag I)

Senin, Maret 09, 2009 1 komentar

Semua orang tentu ingin sehat bukan?? Ternyata slogan "mencegah lebih baik daripada mengobati" itu mempunyai peranan penting bagi kita, khususnya orang yang ingin sehat. tahukah Anda bahwa, jika ingin sehat maka harus berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Selain itu, Anda juga perlu mengkonsumsi suplemen kesehatan.

Suplemen Sun Hope menyediakan beberapa jenis produk suplemen kesehatan bermutu tinggi dan telah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk berbagai jenis penyakit kronis seperti : Jantung, Diabetes, Kanker, Kolesterol, Hepatitis, Stroke, Hipertensi, Ginjal, Gangguan Mata, Kehamilan, Asma, Menurunkan Berat Badan, Viagra Alami, dan lain sebagainya.

Mau tau apa saja produk dari suplemen kesehatan ini...


DEEP SEA (Pasukan Pembersih Pembuluh Darah)- Suplemen asam lemak tak jenuh ganda omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA dari minyak ikan salmon Alaska. Dilengkapi dengan vitamin E yang berfungsi untuk mencegah oksidasi

Kandungan:
Satu softgel DeepSea = 1000 mg
Mengandung Omega –3 Fatty Acid yg terdiri:
EPA : 300, DHA : 200, Vit. E : 1 IU

Nama Produk : Deep Sea
Harga : Rp. 150.000,- /botol
Isi : 30 softgel /botol


Keistimewaan:
  • Kandungan EPA & DHA tertinggi diambil dari ikan laut dalam dengan teknologi modern
  • Memperoleh penghargaan Gold Medal Award dari AANM (American Association of Nutritional Medicine)
  • Jaminan keamanan dan kepastian dari WHO, dan telah teruji secara klinis

Manfaat:
  1. Mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah (arteriosclerosis, hiperkolesterol, dislipidemia.
  2. Membantu memelihara kesehatan jantung.
  3. Membantu mencegah penyakit degeneratif (diabetes, hipertensi, stroke dan kanker).
  4. Membantu mengurangi reaksi inflamasi (peradangan) dan penyakit autoimun (Lupus)
  5. Membantu menjaga kesehatan mata (retina mata).
  6. Membantu mengurangi depresi.
  7. Penting untuk ibu hamil untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin
  8. Membantu meningkatkan fungsi otak (kecerdasan) dan mencegah kepikunan (Alzheimer)
  9. Membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang

===============================================

POWER MIX - Susu colostrum yang kaya dengan protein terutama Imunoglobulin IgG, IgA, IgM dan IgE) yang merupakan faktor utama dalam kekebalan tubuh. Setiap bungkusnya mengandung Imunoglobulin G sebanyak 45 gr


Nama Produk : Power Mix

Harga : Rp. 495.000,-/box kecil
Isi : 5 sachet/box kecil

Harga : Rp. 1.462.500,-/box besar
Isi : 15 sachet/box besar



Manfaat:
  1. Penyakit Alergi
  2. Penyakit –Penyakit Kronis
  3. Meningkatkan Immune System
  4. Bergizi tinggi, cocok untuk wanita hamil dan anak-anak
  5. Hipertensi, Stroke, Arthritis, GOUT, Asma, Cancer, Hepatitis, Saluran pencernaan
  6. Diabetes
  7. Penyakit Kulit
  8. Menopause

Penghargaan:
Penghargaan dan Sertifikat
Power Mix
  • Tahun 1996 mendapatkan Award for Best New Product (Penghargaan sebagai Product baru terbaik) untuk kategori Foods for Medical Use Dari AANM (American Asso ciation of Nutritional Medicine)
  • Mendapatkan Certificate of Health and Free Sale dari Colorado Health Council
  • Terdaftar di Badan POM (Pengawasan Obat & Makanan)

============================================

MEGA FORMULA (Pelindung Extra untuk Hati)- Multivitamin lengkap yang terbuat dari sari tumbuhan dan hewani seperti ekstrak hati sapi, minyak gandum, ginseng dan royal jelly untuk stamina tubuh. Diperkaya dengan L-metionin, vitamin A, E dan vitamin B kompleks untuk memberikan nutrisi pada jaringan hati.



Nama Produk : Mega Formula
Harga : Rp. 165.000,-/botol
Isi : 30 softgel/botol



Keistimewaan:
  • Mengandung asam amino metionin dengan gugus sulfur aktif (untuk menetralkan racun)
  • Terbuat dari kombinasi bahan alami (nabati, hewani, dan herbal tradisional)
  • Kaya akan vitamin A, E dan B kompleks

Manfaat:
  1. Meningkatkan stamina dan kondisi fisik
  2. Membantu meningkatkan kinerja organ hati dan baik untuk penyakit hati (liver)
  3. Kandungan Metionin nya membantu mencegah terjadinya perlemakan hati
  4. Membantu mencegah terjadinya anemia dan darah rendah
  5. Menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut
  6. Meregenerasi sel dan jaringan organ tubuh

============================================

Nature’s SOD - Enzim Antioksidan yang sangat effektif melawan radikal bebas aktif yang tidak mempan dengan antioksidan dari vitamin biasa.



Nama Produk : SOD
Harga : Rp. 150.000,-/botol
Isi : 30 kaplet/botol



Keistimewaan:
  • Dilapisi selaput tipis
  • Dibuat dari tunas gandum alami dari Amerika terjamin tanpa efek samping dan dikonsumsi untuk waktu yang panjang.
  • Setiap kaplet mengandung enzim antioksidan lebih dari satu juta unit
  • Selaput untuk menghindari kerusakan akibat asam lambung

Manfaat:
  1. Memperlambat penuaan, memudarkan flek-flek pada kulit serta menghaluskannya
  2. Menetralkan racun dan efek samping dari obat-obatan
  3. Membantu mengatasi rematik dan radang sendi.
  4. Mencegah kanker
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit modern
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk Informasi lebih lanjut dan Jika Anda berminat untuk membeli tentang suplemen kesehatan ini bisa menghubungi Dewi
Hp : 081334790086
email : dew_lujeng2006@yahoo.co.id
YM : dew_lujeng2006



Read the full story