Polimer Alam

Jumat, Februari 20, 2009 Leave a Comment

Kali ini saya akan posting tentang pendidikan, khususnya yang terkait dengan pembelajaran kimia. Walaupun saya belum bisa mengajar.. setidaknya dengan adanya blog ini sedikit bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Sengaja tema pertama yang saya ambil adalah polimer alam, yang saya ambil dari skripsi saya.



Sebagian konsep kimia merupakan konsep yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan untuk mengkonstruksi pemahaman secara tepat. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsep pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa agar lebih mudah dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu cara untuk menunjang hal tersebut adalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang sesuai.

Salah satu perangkat pembelajaran yang dibutuhkan adalah bahan ajar. Bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai “pendamping” atau alternatif sumber belajar dalam proses pembelajaran. Pendamping yang dimaksud adalah ketika guru menerapkan model-model pembelajaran, bahan ajar ini diharapkan memberikan bekal pengetahuan terhadap permasalahan yang diajukan atau disepakati bersama antara guru dan siswa. Alternatif sumber belajar yang dimaksud adalah bahan ajar ini dapat dijadikan sumber belajar di samping sumber belajar lainnya dalam rangka memahami suatu konsep dari materi pelajaran.

Berikut ini ada sedikit info tentang polimer alam

Polimer adalah molekul besar yang tersusun dari molekul-molekul kecil yang tertata secara berulang. Polimer berasal dari bahasa Yunani, yang berakar kata poly berarti ”banyak” dan mer berarti ”bagian”.

Berdasarkan asalnya, polimer dibedakan menjadi polimer alam dan polimer sintetis. Polimer alam adalah polimer yang tersedia di alam, contohnya: polisakarida (amilum, glikogen, selulosa, kitin, kitosan, agar-agar, karagenan, dan alginat), protein, dan karet alam. Sedangkan polimer sintetis yaitu polimer yang sengaja dibuat oleh manusia, contohnya: plastik, karet sintetis, dan serat sintetis.

Sekilas Tentang Polimer Alamnya dilanjut lain waktu ya...
To be Continue...

36 komentar »

  • e-je said:  

    wah jadi inget dulu pas kuliah industri kimia hehehe... makasi bunda dah mengingatkan kembali.

  • Atca said:  

    wahhh kalo sudah masuk ke polisakarida, jadi pusing ngapalinnya...hiks..inget jaman kuliah nihh

  • ikhsan said:  

    bagus banget postingnya...

  • AndriRistiawan said:  

    dari dulu ampe sekarang saya masih bingung tentang kimia
    hawuawuuaw
    >.<
    jadi malu

  • MGYP said:  

    Udah dibaca berkali-kali, tapi tetep ga ngerti juga! Dari SMA ga pernah dapat pelajaran kimia sih, jadi ga nyambung!
    Sukses selalu ya Bund!

  • taxmania said:  

    istri saya dulu juga kul di kimia..tapi tau deh dia mudheng apa ndak klo tentang yg kayak gini..hi3x

  • frizzy said:  

    Aku senang banget ma artikel seperti ini bund. Berasa nambah ilmu jadi nambah syukur deh ma yang punya ilmu.
    Thanks for sharing...

    Cheers, frizzy.

  • genial said:  

    ini baru namanya posting :) walaupun saya asli gk ngerti mslh polimer satu ini... ck ck ck...

  • genial said:  

    nunggu sambungan na kang ah :)

  • debrian said:  

    SMA aq jg bljr ini deh bunda,
    hehe..skrg bljr lg deh ma bunda :D

  • Game_Lover said:  

    Bunda tau byk ya ttg polimer, tau2 bunda nie guru kimia ya ! heheheheheh

  • Rumah Islami said:  

    kimia merupakan kelemahan saya.. msh mending fisika :)

    memang semuanya tergantung pada konsep belajar dan mengajarnya ya... kalau tepat semua pelajaran jadi favorite

  • Ombung (^ ; ^) said:  

    wah postingannya keren! tp polimer sintetis itu di negra2 maju malah jd masalah,soalnya limbahnya sangat sulit dimusnahkan, bahkan banyak swalayan2 di luar negeri skarang beralih ke kertas sebagai bahan pembungkus belanjaan.

    kira2 bs ga masalah limbah polimer diatasi?

  • z4ro08 said:  

    Aduhhhh binun bund... dari dulu pelajaran kimia bikin kepala ku ckot-ckot, he..he..he..
    nice post & smoga sukses bund

  • ina07aryana said:  

    Lemahnya ilmu kimia di indonesia yg saya alami ketika masih kul di AKA Bogor salah satunya adalah ketersediaan bahan bacaan yg berbahasa indonesia, sbg contoh buku kimia analisis berbahasa indonesia pastilah underwood semua orang kimia pasti tahu, diluar itu buku kimia analisis yg lain dipastikan berbahasa asing(inggris). Jd bisa dicyangkan ilmu kimia yg sulit(bg saya) menjadi tambah sulit karena harus mentranslet dr bahasa asing.. Well ini sbnry gawean pemerintah u mendukung kemajuan ilmu kimia..

  • Risti said:  

    bun.. artikelnya super sekali
    tetap berkarya dan berbagi bun...(bagi $$$ nya dunk kikikikikk)

  • Itik Bali said:  

    Wah bund..aku pernah buat artikel tugas tentang polimer untuk mading
    tapi gak bisa sedetail ini
    bagus banget artikelnya..

  • ilmu antropologi said:  

    berarti bu guru belum baca skripsi saya ya. code di download tuh skripsi, udah saya kasih linknya dibagian sayap kanan. makhluk sosial bukan berarti ngikut begitu aja apa yang ada di linkungan sosial kita. sekedar kasih pemahaman, orang yang kreatif beda dengan orang yang inisiatif. orang kreatif selalu memiliki inisiatif, sedangkan orang yang inisiatif belum tentu kreatif, coba deh bolak-balik,, hehehe...
    makasih komennya bu guru..

  • Danta said:  

    kimia?? tidaaaaaaakk.. deg2an mbaca artikel ini nih..

  • Reza Fauzi said:  

    ini tentang kimia yah? wah kebetulan saya payah kimia :D

  • Said said:  

    haihaihai

  • Lyla said:  

    wah..bunda skripsinya keren.. masalah kimia...

  • My Journey said:  

    infonya bermanfaat banget bund...

  • tiyo avianto said:  

    waduh ini bagus bgt nih,perlu disebar luasan

  • Aribicara said:  

    Seandainya saya masih SMU mungkin sangat terbantu sekali dengan ulasan dari Bunda Azka ini :)

    Smoga saja semakin banyak blog2 yang mempunyai kwalitas dan ulsan seperti Bundanya Azka ini sehingga mendapatkan pengetahuna yg lebih luas lagi :)

    Salam :)

  • Hellen said:  

    Wah.. Nambah ilmu lg bunda. Makasih bunda...

  • balisugar.com said:  

    wah bisa belajar kimia disini, ditunggu content selanjutnya, salam manis

  • Pearlwhy said:  

    polimerisasi apa yang menghasilkan Poli vinil klorida???
    karet dihasilkan dari polimerisasi apa aja, heehe
    jadi kangen kimia nih, hehe

  • Kang Artha said:  

    Banyak dari kita yang tidak tahu bahwa polimer ini berbahaya untuk kesehatan, misalnya saja kadang ada piring dari plastik kualitas rendah kita beli dengan harga murah. tapi kita tidak tahu seberapa besar piring ini tahan panas....lalu piing ini dipakai buat makan BAKSO yang masih panas...nah lho......makan bahan polimer kan?????...hati hati ya

  • renspandy said:  

    waa.. polimer.. pelajaran kimia saya..
    polimer alam rata-rata terbentuk dari reaksi kondendasi (penguapan) kecuali karet alam..
    sedangkan polimer sintesis, semua dibikin pake reaksi adisi (pemutusan rantai ganda)..
    bener gak?

  • Seti@wan Dirg@ntara said:  

    Wah kebetulan nih bunda,.... konsep ini yang saya harus ajarkan di kelas XII sebentar. Hanya kalau bisa saya kepingin minta dilengkapin dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan sehari-hari serta upaya untuk menanggulanginya. simpulannya....... mantav, saya tunggu postingan kimia selanjutnya.

  • budi said:  

    Polimer...banyak digunakan sebagai perkakas disekitar kita, sepertinya manusia tidak bisa lepas dari product tersebut. Apakah materi tersebut aman atau tidak bagi planet ini kedepan bila digunakan terus menerus dengan skala besar dan kurun waktu lama, apalagi teknologi produksi semakin maju dengan volume produksi yang besar dan keanekaragaman kebutuhan jenis produk tersebut.

  • free email said:  

    Keren nih, kunjungi saya juga ya free email account (disini)

  • free email said:  

    Keren nih, kunjungi saya juga ya free email account (disini)

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!