Asam Urat

Rabu, Mei 20, 2009 Leave a Comment

Beberapa hari ini, bunda azka lagi sibuk banget, karna mbah utinya azka dah kurang lebih satu minggu ini penyakit asam uratnya kambuh. Semua badannya mbah uti pada pegel-pegel semua, sampe-sampe gak bisa gendong nduk azka. Ini gara-gara kemaren bunda azka beli sate plus gule, jadi mbah uti ikutan makan. Akhirnya kumat deh tuh asam uratnya.

Oke deh... Cari tahu yuk apa itu asam urat, apa saja gejala-gejalanya, dan makanan apa saja yang harus dihindari bagi para penderitanya.


asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Gejala Asam Urat
  • Kesemutan dan linu
  • Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  • Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin)

  • Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  • Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  • Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  • Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
  • Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  • Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.
Sumber: kumpulan.info

Bagi yang punya penyakit asam urat ini, diharapkan selalu hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Soalnya, klo asam urat ini sudah kambuh, aktifitas jadi terganggu. Semoga informasi tentang asam urat ini bisa bermanfaat.

Ingat... Mencegah lebih baik...daripada mengobati.

23 komentar »

  • Lala said:  

    "...Udang, kerang, cumi, kepiting" Huuuaaaa...makanan enak enak tuch bun, harus dihindari ya? Kalo sebulan sekali boleh kan?

  • We Read said:  

    Waduh kakiku sering pegel linu linu kalo habis makan udang, jangan jangan asam urat nich?
    Tapi biasanya kalo rajin lari lari ilang dech pegel pegelnya :D

  • Rakhmat said:  

    Sekarang sering kita mendengar sakit asam urat ini, tapi dulu saya sering dengan sakit reumatik, dan gejala sakitnya sama apakah sebenarnya itu sama atau tidak ya ?

  • buJaNG said:  

    Hihihi... saya kira bunda azka yang kena asam urat... :D

  • yanuar catur rastafara said:  

    bun,aq klu turun tangga biasanya sering ngerasa linu di dengkul
    ini gejala asam urat atau darah tinggi ya bund??

  • Seti@wan Dirgant@Ra said:  

    Wadduh,.... semoga ndak kena penyakit ini yah bund..... nggak ada lagi nih yang bisa dimakan.

  • fauzy said:  

    alhamdulillah aku belum pernah, moga gak bakal kena deh, amin...

  • Denny said:  

    neh penyakit keturunan ga si bund, soale papi juga gitu.
    biasanya asam murat datang pada penderita diabetes atau darah tinggi,,,

    soalnya sama2 menyerang daerah ginjal dan sekitarnya

  • aa said:  

    salam kenal,,,,dari yang baru aja ngeblok maohon dukungan nya ya n jangan pernah bosan tuk kasih komen di blog yang baru aja siap setengah hehehhe,,,kunjungan di tunggu ya ...makasih

  • rini said:  

    asam urat mmg sering dialami oleh kebanyakan orang tua kita.

    biasanya karna banyak makan sejenis kacang2an seperti melinjo. ibu saya juga gtu, kena asam urat.

  • manggIs said:  

    Terima kasih info nya bunda....

    Kudu jaga jaga nih biar tak sampe kena....

  • aaLiL BelajarSEO said:  

    saya kalau kelamaan jongkok suka kesemuten bund... apa termasuk gejala2 urat asam? hehehe.. thanks bund info nya.. semoga keluarga sehat selalu...

  • Anak Rantau said:  

    MAkacih infonya Bunda ..

  • Itik Bali said:  

    Kenapa ya..
    kok yang enak2 itu malah menimbulkan penyakit gawat
    padahal itu semua kesukaanku bund
    hu..hu

  • Tony said:  

    thank infonya mbak...jadi lebih tahu tentang penyakit ini :)

  • GONDES said:  

    makasih banyak infonya bund

  • blog sedekah said:  

    wowww,,banyak amit pantangannya bunda,,,???
    pantes tmn sekantorku ngeluh mlulu,,

    nc post bunda
    thx

  • Risefa said:  

    waduh banyak banget yang dipantang, terus makanan penggantinya apa dunk..?

  • Radill said:  

    keren infonya bun, dah lama bunda ngga mampir ketempatku nich..

  • Magazine Blog said:  

    wah thx nih bun infonya.. ^^ sebelumnya saya gatau asam urat paan... hehehe.. :P

  • kuryt said:  

    alhamdulilah sekaramg aku masih sehat kok..trim utk infonya
    Myokezone

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!