Hindari Fast Food Jika Ingin Sehat

Minggu, Juni 21, 2009 Leave a Comment

Hemm,,, siapa sih yang gak kenal sama namanya fast food. Fast food atau makanan siap saji ini selalu diminati oleh banyak orang, selain cepat, praktis dan tentunya enak. Fast food yang sering kita temui di indonesia yaitu fried chicken, burger, sama pizza.

Ternyata dibalik lezatnya makanan-makanan itu ada juga loh sisi negatifnya. Ini ada info yang bunda dapat tentang fakta dibalik fast food tersebut.


Para ilmuwan dari Universitas Glasgow yang melakukan percobaan pada sejenis unggas yang dibagi menjadi dua kelompok. Pertama diberi makanan yang kualitasnya tidak layak makan, semacam junk food. Sementara kelompok lainnya diberi makanan dengan takaran sesuai yang dibutuhkan.

Dari studi tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa unggas yang diberi makanan sejenis junk food pada usia dua minggu pertama dalam hidupnya lebih cepat mati. Hal ini karena zat anti penuaan dan antioksidan yang diproduksi tubuhnya hanya bertambah sedikit.

Perlu diketahui bahwa makanan fast food ternyata mengandung garam, lemak & kalori yang tinggi, termasuk kolesterol yang mencapai 70% serta hanya sedikit mengandung serat yang justru sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain kandungan gizinya yang rendah, fast food juga mengandung zat pengawet dan zat adiktif yang membuat kita ketagihan. Lemak tinggi yang banyak terdapat dalam makanan cepat saji juga berpengaruh untuk memperbesar risiko terkena kanker, terutama kanker payudara dan usus besar. Makanan cepat saji juga mengandung protein hewaninya yang cukup ‘kaya’, hal ini bisa menyebabkan terhambatnya penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kondisi ini dapat merangsang cepatnya terjadi osteoporosis.

Terus terang sih bunda azka juga suka tuh sama yang namanya fast food itu. Paling tidak bunda azka makan yang begituan itu 2 minggu sekali, atau kalo bisa ya sebulan sekali aja, atau kalo mau lebih baik lagi ya dihindari saja makan fast food hehehe....

Jadii, jika kita ingin sehat, maka hindarilah makanan siap saji tersebut, karena selain kandungan gizinya juga kurang, ternyata juga bisa menimbulkan banyak penyakit. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna dan diolah secara alami aliaz dimasak sendiri di rumah.


3 komentar »

  • Denny said:  

    Pertamax.. dolo baru dibaca!!!

  • Denny said:  

    hehehe.. kalo saya si selera nusantara bund..
    lebih suka makanan di warung2 kecil, selain murah gizinya juga masih original. :D tanpa bahan pengawet.. *halah..

    sekarang ini mulai banyak banget fastfood yang beredar,, yah semoga banyak yang masih berminat dengan masakan nusantara.. *asli ga kalah enaknya..

    Hidup PECELLLLL!!!

  • Anonim said:  

    Hallo Bunda,
    Setuju banget kalo kita harus ngurangin junk food seperti yang bunda sarankan.
    Masalahnya Bun, apakah semua fastfood itu tergolong junkfood ya, Bun?
    Enggak kali yah. Ini cuman buat sharing aja,yah, Bun.
    Kalo kita mengacu pada kata fastfood alias cepat saji. rujak manis misalnya, termasuk fastfood, kan? Tapi apa dia tergolong junkfood? Enggak, kan? Karena banyak mengandung serat dan vitamin yang menyehatkan.
    Jadi, mungkin kita harus pintar-pintar milih fastfood 'kali, Bun, ya?
    Hidup Bunda Azkaaaaaaaaaa. Merdekaaaaaa!!!!

  • Leave your response!