Coban Rondo

Jumat, Januari 30, 2009 Leave a Comment

Hemmm...Kali ini saya akan menulis tentang obyek wisata di malang nih. Temanya tentang air terjun coban rondo, ada yang tau?? Bagi orang-orang yang tinggal di malang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata ini. Bagi temen-temen yang suka akan wisata alam, mungkin coban rondo ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata jika berkunjung ke malang jawa timur. Dijamin deh... gak akan nyesel klo datang kesini. Air terjun coban rondo ini punya cerita loh... Mau tau kenapa juga air terjun ini dinamakan coban rondo?? Cari tahu yuk tentang coban rondo...




Info dan Lokasi:
Wisata Coban Rondo yang terletak di Desa Pondesari, Kecamatan Pujon, ini berada pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata sekitar 22 derajat Celcius dengan curah hujan kurang lebih 1.721 milimeter per tahun. Airnya berasal dari sumber di Cemoro Dudo, dengan debit 150 liter per detik pada musim hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau. Obyek ini memang berada di kawasan yang dikuasai Perum Perhutani, sehingga pengelolaan wisatanya pun ditangani pihak Perhutani.


Coban rondo berasal dari kisah penantian seorang janda
Ceritanya begini nih....

Asal usul Coban Rondo berasal dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Setelah pernikahannya berjalan selapan (35 hari), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro.

Orangtua Dewi melarang keinginan tersebut, tapi pengantin baru itu tetap bersikeras untuk melakukan perjalanan yang diinginkan. Di tengah jalan mereka bertemu dengan Joko Lelono yang tidak jelas asal-usulnya. Melihat kecantikan Dewi Anjarwati, Joko Lelono terpikat dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ia langsung akan merebut dari tangan Baron Kusuma, yang dengan tegas juga ingin mempertahankan istrinya.

Perkelahian pun tidak terhindarkan. Sebelum duel berlanjut, Baron Kusuma minta kepada ponakawan (pelayan) yang menyertai untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di tempat yang ada cobannya (air terjun). Pikirnya, setelah mengalahkan Joko Lelono ia akan menyusul istri dan pelayannya itu ke tempat persembunyian mereka.

Akan tetapi, ternyata dalam perkelahian itu mereka berdua mati bersama, dan Dewi Anjarwati pun menjadi janda (rondho). Sejak itulah mereka menyebut tempat persembunyian Dewi Anjarwati itu sebagai Coban Rondo (Air Terjun Janda). Batu besar yang terletak di dasar coban itu konon merupakan tempat Dewi Anjarwati duduk menantikan sang suami.


Jadi inget nih ma foto kenangan wisata coban rondo bareng teman-teman kost dan teman ngaji semasa kuliah dulu. Klo kesini dijamin seru deh... bisa main-main air nih sepuasnya hehe...


Bagi yang ingin berwisata ke coban rondo, mungkin informasi ini akan sedikit membantu. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Batu akan sangat mudah menemukannya. Jika menggunakan angkutan umum, bisa memulai dari terminal bis Batu dan dilanjutkan dengan bis ke arah Kediri atau Jombang dan turun di mulut pintu masuk wisata Coban Rondo.

41 komentar »

  • Bunda said:  

    hohoho Makasih Nih Informasinya sapa tau besok langsung ke TKP hahah :)

  • belajar dan berbagi said:  

    waahh aku blm pnh ke malang...hehehe..

    thanks info nya bunda,,,keep share

  • DeLiA said:  

    oalaaaaaaaaaaah.. ini punya Bunda Azka thoooo :P
    hihihihihihihi..

    aq pernah camping di Coban Rondo jaman masih kuliah dulu.. itu masa-masa menjelang kelulusan sekitar tahun 2004 awal.. pergi b6 bareng sahabat2q, dg modal nekat.. kehujanan, ga bawa lampu, ga bawa bahan api unggun buat menghangatkan badan.. yang ada kedinginan abeeeees.. tp pengalaman tak terlupakan itu..

  • bunda 4zka said:  

    @ bunda
    Langsung ke TKP aja bun... mumpung wiken nih.

    @ aalil
    ayo... klo blm ke malang, segera ya. dijamin gak rugi nih, siiiiip

    @ delia
    thn 04?? koq gak ketemu ya?? tar klo ke malang lagi caling ya,,,

  • renny said:  

    bunda waktu kuliah itu salah satu tempat favorit dengan perjalan by motor cycle sama friends...hua..hua...jadi inget masa2 muda( mang sekarang da tua wakk) tapi asyik bun ceritanya...kapan ya main kesana lagi bersama family sekalian mampir ke bunda azka..bolehkah?

  • bunda 4zka said:  

    @ renny
    Memang sih.. paling asik tuh perjalanan pke motor ma temen2. Tp klo jauh sih lebih enk pke mobil. Wah... dulu kuliah di malang juga ya..
    ok, di tunggu kunjungan ke malangnya yah :)

  • sehat dengan reiki said:  

    Aku pernah shoting Agro wisata tanaman Apel Batu dan sekalian mampir ke Coban Rondo tahun 1993. Saat itu debit air kecil sekali mengingat Malang dan sekitarnya sedang musim kemarau. Tapi dengan kecilnya debit air Coban Rondo tersebut, kondisinya tetap bagus. Dekat grojokan itulah kita ambil gambar dan medokumentasikan ke pita seluloid 16 mm dengan judul Wisata Kabupaten Malang. Siip deh sambil makan duren sepuasnya di arah jalan masuk Coban Rondo. Malam harinya di Malang Theatre nonton Film Droop Zone. Penontonnya cukup banyak.
    Esok hari ke Tumpang berkunjung ke Candi Jago dan Candi-candi di sekitar Kabupaten Malang. Ingat Malang ingat juga dengan wisata kuliner Bakmi Malang. Serba murah dan enak. Kalau sekarang aku ngak tahu lagi kondisi Malang, mudah-mudahan masih tetap dengan yang dulu ketika aku dan kawan-kawan datang ke sini.

  • Debrian said:  

    kpn" ja ahh main kesanana.. jauh ne bun

  • Penny said:  

    terakhir ke sana jaman SMA dulu bunda ... seru untuk acara kumpul rame2 ama teman-teman

  • Rie21 said:  

    Bunda, asyik banget ya jalan2 nya... Oh ya bunda, link nya nanti saya add, maaf tadi itu ga sempet masukin. Karna saya buru2 pulang, maklum saya nge blog di warnet. Nanti pasti saya pasang. Makasih ya bunda... salam Rie21

  • Brigadista said:  

    bunda azka,..... bikin ngiri aja jalan jalannya...

  • Atca said:  

    wahh aku kalo cuti pasti mampir kemalang bn..tapi belom pernah kesana..
    boleh deh nanti kesana..keren banget tempatnya.

  • Risti said:  

    Dulu aku pernah dinas ke malang selama 2 minggu, tapi blom pernah main ke coban Rondo cuma main ke mbatu dan ke selekta tempatnya dingin banget dan banyak apelnya

  • ayuzuricha said:  

    kayaknya pernah coment kesini tapi kok gak ada yah :P

    mbak aku jadi keinget kesini pas diklat SMA dulu, jadi inget rasanya suruh berendem di sungai batu jam 12 malem,hufff.... dasar senior :P:P

  • frizzy said:  

    Kalo cek GA kedua nyampe, aku mau kesana ahhh.
    Hehehe sekalian silaturrahmi ma penghuni air terjun hihihi

    Cheers, frizzy

  • alie said:  

    pengen nih mampir lagi ke coban rondo, tempatnya memang asik, jd tambah referensi tempat wisata, thanks

  • phiena-venus said:  

    Kalo kesana lagi ajak2 yah

  • Anna 'dTeepZ said:  

    Anna dulu sering banged keCoban Rondo ene...ada kalo 4 kali...emang air terjunnya tuh keren abis tinggi dan indah.....good postig bro!

  • Lyla said:  

    bunda,,, maapnih baru mampir... btw aku bacanya korban rondo hihihi....

  • bunda 4zka said:  

    @ mb arum sekar dan mb penny:
    asik yah dah jalan2 ke malang, ayo mb,,, ke malang lagi

    @ debrian:
    walau jauh tp asik loh... ok, ditunggu ya debrian

    @ risti, ayu, anna, alie:
    coban rondo mmg asik, jd pingin ksna lagi ya...

    @ mas frizzy:
    Ok.. ditunggu mas cek GA nya, dihabiskan rame-rame hehe...

    @ phiena:
    ok deh... tar aq ajak klo ksna lagi

    @ mb lyla:
    Korban rondo?? klo cwok korban rondo iya... masa air terjun korban janda hehe "becanda koq"

    Buat yang sudah komen mksih ya
    aq kasih senyum deh :)

  • bintang said:  

    kayaknya pernah kesini gak yahh aku...hehehe...

  • thevemo™ said:  

    Asri kayaknya bunda..air terjunnya

    penantian si Janda kembang ya mbak

  • budiawanhutasoit said:  

    saya pernah ke coban rondo ini.
    kalo ngga salah pas jaman majapahit berkuasa..halah..hehe

    tapi nama suami si Dewi Anjarwati itu keren juga ya Baron..kesannya orang Italy gitu..jangan emang orang italy ya bunda..

  • Rosa said:  

    wah, sy pernah dulu jaman kuliah ke coban rondho malang...hehehee

  • Blog Cantik said:  

    salam kenal ya!

  • memoarsangguru said:  

    Malang kabarnya gmn? Wah seneng sekali baca postingan bunda ttg coban rondo. wakguru tinggal cukup lama di malang, tepatnya di 'onosogrem' hampir 10 tahun. Tiga minggu lalu wakguru meluncur ke lokasi outbound hidayatullah. Pulang mampir ke coban rondo. Pas airnya sedang deres. Coban rondo tetap memukau.

  • anggi said:  

    saya baru aja ke sana...

    enak di sana buat memadu kasih..

    hehehe..

    salam kenal~

  • zhind said:  

    kapan2 dech kemalang sekalian ngunjungin temen2 qu di sana :)

  • Lyla said:  

    wah... aku blm pernah ke coban rondo... bagus gak mbak tempatnya??? tapi jauh di jatim hiks

  • SEDONA said:  

    Good day friend.

  • autodinamika said:  

    coban rondo...tunggu ku di bulan november nanti... :)

  • bakulmp3 said:  

    bagus sekali bunda fotonya,.. jadi pingin balik lagi ke cuban rondo nih,.. maklum sekarang ane kerja di Bali jadi nggak bisa kayak waktu masih di Tulungagung,....,.,.,. :D

  • ml-embun said:  

    di tempatku juga ada air terjun gak kalah dengan kota lain coba liat di: http://ml-yono.blogspot.com, kamu link ya...... salam kenal, baca2 end jalan2 siang

  • Abhinaya said:  

    eh kalau kesana jangan bawa pacar ya... ntar putus loh! hahaha.. percaya ngga percaya.. gw pernah kesana 2 kali sama pacar dua kali juga gw putus.... ntah karena kesana apa karena udah ngga cocok lagi ya...?!? *mikir*

  • bunda azka said:  

    @ abhinaya
    mmg konon ceritanya begitu...
    tp itu sih cm isu aja koq
    kyknya dirimu mmg sdh gak ada kecocokan lagi ma pasanganmu. :)

  • fusion said:  

    waah..seru ceritanya..panjangin lg dunk kisahnya,sambil nyanyiin nina bobo,bcanda denk

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • sad said:  

    thomas sabo bracelet Some basic considerations can help a person to get the right par of shoes. Below are some of the important points that one may need to think about before getting the shoes. thomas sabo bracelets Style is not that important - majority of the people choose their tennis shoes considering only brand names and its looks. discount thomas sabo bracelet They don`t keep the importance of their feet up front most of the times. It can be a little hard to give up an awesome looking pair of shoes that matches your personality cheap thomas sabo bracelet But when it comes to the usage, they should be chosen based on their functionality. The tennis shoes that one is purchasing should be able to protect and support one`s feet ideally. thomas sabo bracelet clearance They are equally as good for keeping the water and weather away from your feet and both brands offer cheap golf shoes as well as their many expensive varieties. thomas sabo Shopping at FootJoy or Adidas can give you fashion, color, and a large line of shoes online and in stores.At any rate, be mindful of our golf game if you are a real competitor--know that shoes are the most vital part of your golfing attire. discount thomas sabo You need to shop around, compare prices. And get the most for your money. thomas sabo sale uk That doesn't mean you should opt for a pair of discount shoes that also have cheap quality. What would be the point of purchasing a shoe that is not comfortable to wear. thomas sabo jewellery If you care anything about your success in golfing, shop around. thomas sabo silver The Heel Box - it is an important part of the shoes.

  • Anonim said:  

    wah mantep....aku dah 2 kali camping di perkemahan coban ronda 6 hari lg,salam kenal ja bwt para pngunjung coban rondo dari ovan di cepu, smoga kita bisa brbagi crita joint my email : ochasamba@yahoo.com thankz be4

  • Anonim said:  

    air terjun coban rondo emang bener-bener indah dengan udaranya yang dingin dan pemandangan alam yang dasyat,pengen dech kapan-kapan kesana lagi

  • Leave your response!