Buah Naga dan Mbah Utinya Azka

Kamis, Januari 08, 2009 Leave a Comment

Kalau pergi ke mall... mbah uti sering titip beli buah naga. Emang sih mbah utinya azka tu paling seneng kalau makanbuah. Katanya sih buah naga tuh bagus loh buat ngobatinberbagai macam penyakit, salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Apaiya.....?? Wah.. jadi penasaran nih mo tau lebih lanjuttentang buah naga. Pantesan aja, pak lek bunda dulutanahnya di tanemin buah naga. Eh... giliran mo panen koqbuah naganya di curi orang, padahal kan pak lek tuh dahnitipin lahannya ma orang selama pak lek ada di malaysia untuk study S3 nya. Waduh.... Lha koq malah ceritain buah naga yang dicuri sih. Yupz... balik lagi ke buah naga. Yuk cari tau tentang khasiat buah naga.


Buah naga belakangan ini menjadi buah bibir di masyarakat luas. Penampilan buah ini sangat unik dan menarik. Warna merah menyala. Kulitnya seperti sisik. Buah naga dapat dijumpai di pasar tradisional dan di supermarket. Harganya sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg. Rasanya manis segar dan sedikit asam.

Buah naga kaya aka serat yang mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain untuk mencegah kolesterol, kandungan serat pada buah naga juga sangat berguna dalam sistem pencernaan. Sementara itu, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker).

Buah naga terkenal sebagai salah satu sumber betakaroten. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang sangat berguna dalam proses penglihatan, reproduksi, dan proses metabolisme lainnya.

Betakaroten juga dikenal sebagai unsur pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru. Betakaroten dapat menjangkau lebih banyak bagian-bagian tubuh dalam waktu relatif lebih lama dibandingkan dengan vitamin A, sehingga memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Secara keseluruhan, khasiat buah naga adalah:

* Mujarab menurunkan kolesterol
* Untuk penyeimbang kadar gula darah, pencegah kanker, pelindung kesehatan mulut
* Pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan.
* Mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik.
* Mengobati sembelit, Mengobati Hypertensi, Memperhalus kulit wajah


Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya... dan bagi yang mau tau lebih lanjut tentang khasiat buah naga bisa juga dibaca di http://hidupsehatselalu.jualg
adget.com/?p=91.

8 komentar »

  • Anonim said:  

    buah naga benar2 bermanfaat..selain itu enak rasanya..asem..manis..kecut..suegerr tenan...

  • RIP said:  

    wow...
    bagus nih buat mata hehe...

  • Mama Shahira dan Syafiq said:  

    wah... buah favorit tuh.. emang enak banget kok.. dan banyak manfaatnya yaa...

  • Anonim said:  

    Hmmm... boleh juga tar dicoba makan... :D

  • Anonim said:  

    Buah naga emang enak dech.. Rumahku deket juga ma perkebunannya

  • Anonim said:  

    wahh... aku blm pernah nyobain bund... enak apa gak ya??? oya.. maap nih linknya blm aku pasang.. soalnya IM2nya seret.. refresh melulu jadi stres...aku pasang skrg bisa di cek bund...

  • Anonim said:  

    Buahnya memang enak, tapi sayang bukan buah lokal ya?
    Kalo untuk buah lokal yg bagus dikonsumsi apa bund?

    Cheers, frizzy.

  • KOESnadi said:  

    Iya neh emang bagus dan banyak manfaatnya, di rumah lagi nyoba nanam neh ada 4 buah pohon, dah lumayan. Cuma aku pernah ngrasain kok agak g suka yah?he..he..

  • Leave your response!