Rahasia di Balik Sayur Bayam

Sabtu, Januari 10, 2009 Leave a Comment

Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya bayam, sayuran yang sering dimakan oleh popeye itu loh (hehe.. keseringan nonton popeye waktu kecil). Saya itu paling suka sama sayur bayam, selain praktis bikinnya, sayur bayam juga mengandung zat besi. Tapi, tahukah kalian bahwa ada rahasia dibalik sayur bayam?? Kita tidak diperbolehkan untuk memanaskan sayur bayam?? Pantesan dulu mbah utinya azka wanti-wanti gak boleh kalo manasin sayur bayam. Kira-kira kenapa ya?? Yuk cari tahu..



Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro).
Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Jadi, jika bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. Maka dari itu kita tidak diperbolehkan untuk memanaskan kembali sayur bayam.


Jangan pernah mengonsumsi bayam lebih dari 6 jam
Bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.

Menurut John S Wishnok, bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%).

Efek toksik (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb). Telah kita ketahui bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. Jika hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.

Efek toksik lainnya adalah kemampuan nitrit bereaksi dengan Amino sekunder dapat membentuk senyawa yang dapat menyebabkan kanker.


Jangan masak bayam pake panci alumunium
bisa bereaksi dengan zat besi yang ada di bayam, dan... jadi racun


Tips mengkonsumsi bayam
* Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar
* Hendaknya langsung diolah setelah mendapatkan bayam segar
* Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es

Jadi takut mengonsumsi bayam?? JANGAN... soalnya, kandungan nutrisinya sangat bagus. Bahkan, bayam disebut sebagai King of Vegetables.


Sumber: Resep Balita

26 komentar »

  • Digital Baca : said:  

    Informasinya mantbs .....
    Matur nuwun

  • Mawar said:  

    Info yg menarik :)

  • My Journey said:  

    wah... kalo belinya di C4 kyknya dah gak seger2 lagi ya?

  • Mr. Eagle said:  

    wow eagle paling doyan tuh ama sayur bayamm kayak popaye...

  • namaku wendy said:  

    *manggut..manggut* owh jadi begitu yah knpa musti buru2 dhabiskan dan tak bole dpanasin lagi

  • Dimas Bagus Parasdya said:  

    Waaah mas postingan yang bagus, saya juga gitu...hehe

  • frizzy said:  

    Aku dah print and kasih ke istri ma nyokap.
    Good posting sob, thanks yaa...

    Cheers, frizzy2008.

  • Ocim said:  

    baru tahu aku hal dibalik bayam, ternyata bermanfaat yak

  • SM said:  

    wah.....
    mulai saat ini jangan sisakan sayur banyam
    sikat abis
    hehehhe

  • RIP said:  

    wow... bisa kuat kayak popeye nih ^^

    nice info bunda

  • Nia said:  

    wehh ternyata bahaya juga klo ngga tau seluk beluk bayam...bisa jadi racun yaaa....

  • Atca said:  

    saya sekeluarga sangat suka makan bayam..biar kaya popay..he..he..
    btw memang banyak gizinya bunda..
    siip nihh dapat ilmu lagi..makasih bunda

  • BrenciA KerenS said:  

    aku paling suka tuh masak sayur bayem dicampur ma wortel n jagung... sama ikan asin trus sambel trasii..

    sluurrrpp... manteebbss..

    Nice info yaa...

  • devianty said:  

    siip tips nya baru tahu ...

  • Cece™ said:  

    Makasih bunda untuk info dan tipsnya. Sangat berguna, apalagi aku memang suka ama bayam :)

    Salam kenal bunda

  • Senoaji said:  

    waaaaa bayaaaammmm *kaburrrrrrr*

    tabiek
    senoaji

  • Reni Dwi Astuti said:  

    informasi yg luar biasa, apalagi ini sayur favorit kayla.thanks ya Bun

  • you-answer-see said:  

    Popeye The Sailor Man!TUIT!TUIT! hihih......nanti di kasih tau ke si mami....hihih...

  • Brigadista said:  

    Waahhh kalo gitu bukannya jadi popeye malah bisa jadi popok doong,.. wahhh, emak harus tahu neeh...!!!

  • Real Estate Corner said:  

    sayur bayam nya popay kayak apa ya

  • Life Health Insurance said:  

    sayur bayam banyak gizinya

  • Anonim said:  

    sayur bayam memang sedap..
    i like it..
    saya suka makan sayur bayam..

  • niTnoT said:  

    makcie infonya ijin sedot y...

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • flow meter said:  

    katanya kalau dah di masak juga nggak boleh diangetin lagi ya sob?

  • Leave your response!