Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim

Jumat, Januari 02, 2009 Leave a Comment

Sengaja saya ingin menulis tentang kanker serviks ini, dikarenakan kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyebab kematian nomor satu yang sering terjadi pada perempuan di Indonesia. Namun informasi mengenai hal ini belum banyak diketahui karena kanker serviks sering tidak menimbulkan gejala atau keluhan sehingga perempuan datang ke dokter dalam kondisi yang sudah terlambat.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kanker servicks ini? Apakah penyakit ini tidak bisa dicegah atau diobati? Apa aja ya gejala-gejala awal yang dapat dideteksi? Ini ada sedikit info dari saya mengenai kanker serviks yang saya rangkum dari beberapa sumber. Semoga bisa bermanfaat ya..



Kanker serviks
adalah kanker yang terjadi pada leher rahim atau sering juga disebut mulut rahim, yakni suatu daerah yang menghubungkan rahim (uterus) dengan vagina. Kanker ini adalah jenis kanker yang biasanya tumbuh lambat pada wanita dan mempengaruhi mulut rahim, bagian yang menyambungkan antara rahim dan vagina. Kanker ini sifatnya tidak diturunkan melainkan dipengaruhi oleh aktivitas seksual.

Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (human papilloma virus). Dimana virus HPV ini dapat ditularkan melalui kontak dengan daerah genital, baik melalui hubungan seksual, atau dengan sentuhan oral, atau tangan, atau penularan dari ibu ke bayi yang dilahirkan.

Gejala-gejala awal yang dapat dideteksi adalah pendarahan yang tidak normal, seperti pendarahan sesudah melakukan hubungan intim, pendarahan saat haid, atau pendarahan sesudah menopause. Gejala lain yang juga dapat diwaspadai adalah adanya kelainan pada vagina ( seperti keluarnya cairan berwarna kekuningan dan berbau ), atau gejala-gejala sakit/nyeri pada pinggul, sakit/nyeri pada kaki. Kadang penderita akan merasakan nyeri dan mengalami gangguan buang air kecil dan buang air besar.

Karena umumnya kebanyakan wanita tidak menunjukan gejala. Maka banyak diantara mereka yang tidak menyadari, kalau mereka telah menderita kanker. Itulah yang menjadi penyebab mengapa penderita kanker servicks datang ke dokter sudah dalam taraf stadium lanjut.

Tapi, tidak semua perdarahan di vagina juga disebabkan oleh kanker leher rahim, penyebabnya bisa juga karena infeksi, hormon yang tidak seimbang, atau gangguan haid. Namun ada baiknya setiap perdarahan di luar masa haid harus diperiksakan ke dokter, agar kita mengetahui dengan pasti apakah kita mengidap kanker servicks atau tidak.

Penyebab dari kanker sevicks sendiri, hingga saat ini menurut pernyataan yang dikeluarkan dari WHO, 99 persen berhubungan erat dengan HPV (Human Papilloma Virus). Dari 120 tipe HPV yang telah diketahui, 30-40 diantaranya menyerang anogenital (area kelamin termasuk kulit penis, mulut vagina dan anus).

Ada banyak tipe-tipe HPV, yang termasuk dalam tipe rendah yakni HPV 6 dan 11 tidak menyebabkan kanker, hanya menyebabkan kutil di sekitar kemaluan, sedangkan tipe tinggi, HPV 16 dan 18 menyebabkan kanker serviks,

Berbagai pencegahan kanker serviks, yang bisa dilakukan misalnya melakukan edukasi mengenai kesehatan organ reproduksi pada remaja, menggunakan kondom sebelum berhubungan atau bersikap setia pada satu pasangan, serta melakukan vaksinasi yang kini sudah tersedia di Indonesia.

Penyakit kanker serviks ini dapat dicegah melalui screening dan vaksinasi. Vaksinasi untuk perempuan yang belum pernah melakukan hubungan seksual, sedangkan screening atau papsmear sebaiknya dilakukan perempuan yang sudah pernah berhubungan seksual.

17 komentar »

  • Anonim said:  

    nah.... tuh... check up dan jaga kesehatan tubuh supaya terhindar penyakit berbahaya ini... :)

  • Anonim said:  

    waduh mbak... ngeri banget ya kanker servik duhhh... gak mau ahh...

  • Anonim said:  

    aku pernah ikutan seminar kanker juga... emang serem kanker serviks

  • Anonim said:  

    ada yg tau cara menghubungi dokter pembicara kanker serviks?

  • Anonim said:  

    wah...jadi ingat almarhumah ibuku..bliau wafat stelah menderita penyakit ini...tapi smua kan emang diatur sama ALLOh...ya diikhlasin aja... smoga bliau bahagia di sana...aamiiin

  • Anonim said:  

    sereeeeeeeeem !!!!!!

  • Anonim said:  

    oooo....
    lumayan serem_in iacgh....
    pi semua_a lom terlambat khn....
    selagi kita dapat tyuz memperhatikan kesehatan dr qta....

  • hamba allah said:  

    emank usia muda nggak boleh melakukan hub.seks, belum waktunya...jd y itulah penyakit kutukannya bagi yamg melakukan...!!!
    astaghfirullah..................

  • al hamasah said:  

    Jangan lupa banyak makan makanan yang banyak mengandung serat and no free sex.

  • Tank said:  

    apapak penyebanya kanker serviks itu karena seks bebas juga? apakah orang yang tdk pernah berhubungan intim bisa kena penyakit tersebut?

  • Life Health Insurance said:  

    kanker serviks memang menakutkan

  • yanti said:  

    setia pada pasangan...kita perempuan sering kena imbas dari ketidaksetiaan pasangan kita..semoga Allah menjauhkan penyakit yang mengerikan tersebut...Amin..

  • sulis said:  

    bagus artikelnya, kami juga memiliki trik untuk mencegah kanker serviks, anium, dan keputihan, pembalut wanita ( anion). kami siap membantu aja dan berusaha aja (085885495495)

  • Arvandy said:  

    Kakak saya ada info menarik nich, di tetangga sebelah kabarnya ada sebuah obat herbal untuk penanganan kanker / tumor. kabarnya mereka juga bukan sembarangan obat herbal alami, karena telah banyak pasien (70%) membaik setelah mengkonsumsi obat herbal tersebut. Dan saat ini obat tersebut telah mengantongi ijin dari PBPOM sejak tahun 2004 dan mendapatkan sertifikat dari orang Amrik sana, sebagai obat kanker yang diakui.

    Untuk lebih jelasnya kawan2 bisa mendapatkan informasinya di sini http://www.cancerhelps.com

  • Ipod Accessories Review said:  

    good post bro....

  • Anonim said:  

    mesti waspada sejak dini.......

  • Leave your response!