Kedelai Bisa Bikin Kulit Kenyal dan Awet Muda

Jumat, Januari 02, 2009 Leave a Comment

Gak sengaja saya nemuin artikel menarik tentang kedelai. Siapa tak kenal kedelai? Salah satu jenis kacang-kacangan ini terkenal kaya akan sumber gizi terutama protein nabati, memiliki rasa enak, mudah dicerna, dan potensial menyehatkan. Uniknya lagi, kedelai ternyata mengandung salah satu zat aktif fitoestrogen yang disebut isoflavon. Khasiat isoflavon ini menyerupai hormon estrogen.

Dengan mengonsumsi isoflavon secara rutin, dapat meningkatkan kekenyalan kulit, lho, sehingga dapat mengurangi kerutan di wajah dan mengurangi efek penuaan dini.


Menurut dr Deby Susanti Vinski, ahli kecantikan dan anti-aging lulusan Perancis, isoflavon punya fakta sebagai berikut:

Dapat menjaga keseimbangan hormon.
Berfungsi sebagai antioksidan sehingga berpengaruh pada peningkatan kelembapan kulit.
Dapat ditemukan pada tumbuhan dan kacang-kacangan dan yang paling tinggi ditemukan dalam kacang kedelai.

Lalu bagaimana isoflavon dapat memengaruhi kecantikan kulit?

Berdasarkan penelitian tahun 2005, dari 26 wanita berusia 30-40 tahun, setelah mengonsumsi isoflavon selama 3 bulan, terbukti kulitnya menjadi lebih kenyal.

Menurut dr Deby, hal ini sekaligus membuktikan isoflavon memiliki zat yang mampu mengurangi kerutan pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

Isoflavon tak hanya mampu menjaga kecantikan kulit saja, tapi juga mampu memperbaiki metabolisme lemak, sekaligus mengontrol berat badan.

Bila kulit dan tubuh adalah kecantikan fisik luar yang dapat dirawat oleh isoflavon, kecantikan tubuh dalam pun sanggup dirawat oleh isoflavon.

Pada saat terjadi menopause, hormon estrogen berkurang dan tak lagi di produksi tubuh. Sehingga, kerap timbul masalah seperti sulit tidur dan kulit keriput. Kemiripan sifat isoflavon dengan hormon estrogen membuat zat ini begitu hebat dan mampu menghambat laju penuaan dini.

Untuk itu, segera konsumsi makanan mengandung isoflavon agar cantik luar dalam, dan pilihlah produk kedelai yang mengandung cukup isoflavon. Dari hasil penelitian, tepung kedelai merupakan produk olahan kedelai yang paling banyak mengandung khasiat isoflavon.

Nah, mengonsumsi isoflavon kedelai terbukti aman dan bisa memperbaiki kualitas kulit serta penampilan tetap awet muda. Tak heran bila kaum wanita disarankan mengonsumsi kedelai dan produknya, serta diet mengandung fitoestrogen untuk menghambat penuaan dini. Mengonsumsi susu kedelai diharapkan dapat menjadi cara alternatif alami penghambat penuaan kulit.

Sumber: Kompas

6 komentar »

  • ziezie rumah baru said:  

    wah ok juga nih tipsnya Bunda...wah Bunda punya rumah kedua nih...zie jg memperkenalkan rumah ke2 zie ya Bun..oiy rumah ini zie add di rumah kedua zie ya

  • phiena-venus said:  

    Wah, aku tiap pagi sarapan tempe atau tahu nih, brarti aku tambah cantik doong.. Hahaha
    Kalo mengontrol berat badan seh emang bener terbukti. Dari dulu berat badanku tetep segini2 aja tuh.

  • Penny said:  

    hidup tempe klo gitu ya.. Bunda Azka???

  • Real Estate Corner said:  

    tempe emang bergizi

  • Life Health Insurance said:  

    tempe selain bergizi juga murah

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!