Gerhana Matahari 2009-2010 di INDONESIA

Sabtu, Januari 10, 2009 Leave a Comment

Dapet email dari temen info bunda, si rahma bundanya radhin. Yawda deh, saya posting aja disini, skalian juga buat informasi. Ini tentang gerhana matahari yang akan melewati indonesia, khususnya ditahun 2009 tepatnya tanggal 26 Januari dan 21-22 Juli dan tanggal 15 Januari ditahun 2010. Benar atau tidaknya kita lihat aja nanti.







Gerhana 26 Januari 2009

Gerhana ini spesial karena jatuh pas di hari libur Imlek. Gerhana ini dapat dilihat oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia (Dari Banda Aceh sampai Ambon), beruntunglah mereka yang tinggal di daerah Lampung, Samarinda, dan Teluk betung, karena bulan menutup hampir seluruh bagian matahari. Gerhana ini terjadi pada waktu sore hari sekitaran pukul 3 - 4.

Yang perlu diperhatikan dari jenis gerhana ini adalah jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular (bukan total) artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh priringan matahari berbeda dengan gerhana matahari total dimana bulan menutupi seluruh piringan matahari.


Gerhana Matahari 22 Juli 2009


Gerhana ini cuma dapat dinikmati oleh mereka-mereka yang tinggal di bagian utara Indonesia seperti: Banda Aceh, Jayapura, Manado, Medan, Padang, Palu, Pekanburu, Pontianak, Samarinda, Sorong, Ternate. Jenis Gerhana ini adalah gerhana Matahari Total, namun di Indonesia, bulan hanya akan menutup sebagian kecil dari matahari. Jika ingin melihat gerhana matahari total ini secara full, anda bisa ke Shanghai, karena disana, Bulan akan menutupi seluruh bagian matahari.







Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Fenomena alam ini cuman bisa dinikmatin oleh mereka yang tinggal di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Bagian Timur Indonesia sudah keburu malam ketika bayangan bulan melewati bagian sana.

Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina sana, sehingga di Indonesia cuma kebagian sebagian kecil bayangan dari Bulan.


17 komentar »

  • Della said:  

    Hi, visit my blog please

  • My Journey said:  

    wah... gerhana matahari yang bisa keliatan di jogja kok masih lama banget.... keburu aku dah pindah lagi nih dari jogja...

  • kak ega said:  

    siang......thanks infonya.. mesti ke shanghai nie mo liat gerhana..skalian cari angpaw hehe.... visit my blog ya.....

  • fajardesign said:  

    wah semoga di cirebon kebagian...dari dulu pengen liat gerhana matahari yang nyata...

    salam

  • Ifat said:  

    ehm....pasti ke banten yah, tapi disni panas banget bunda

  • bintang said:  

    wahhhh...gak bisa diliat dari Abu Dhabi dong

  • bunda 4zka said:  

    @ semua yang sudah ngoment thnks ya...
    Iya nih... di malang juga gak kebagian. Apa harus pergi ke aceh dulu ya??
    Qta tunggu kebenarannya besok aja ya...terjadi gerhana matahari or gak

  • frizzy said:  

    Gerhana, fakta yang menarik buat orang yg ingin mengetahuinya. Dan umat muslim disarankan untuk sholat sunnah gerhana demi menghapuskan pendapat tahayul dalam masyarakat.
    Thanks for Good posting sob...

    Cheers, frizzy.

  • ayuzuricha said:  

    mbak kalo malang kebagian gerhana bilang yah :P gak pada liat barongsay di matos mbak :D

  • wak guru / memoar said:  

    Bunda kapan gerhana matahari yg bisa dilihat dari nJombang? Hehehe...

  • idotkontji said:  

    wah malam ini dong ya...

  • Anonim said:  

    wah, harus cepat2 berjemur biar dapat kekuatan matahari, ntar bisa kayak jagoan di heroes!!! argh... banzai!!!!

  • @ Coy said:  

    klo disini mah engk ada gerhananya hikz2x pada hal pingin banget ngelihatnya setelah sekitan tahun engk pernah lihat hehe...

  • Lyla said:  

    wah... bunda aku gak liat jogja mendung banget... :(

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • df said:  

    As you begin to recognize where to shop and how to look for cheap prices, moncler you will see extra money left over every month.You can check a phone book or the internet for outlet stores in your area. moncler Boutique These are great sources for reduced jewelery and clothing because they may be labels that you like. moncler pas cher Usually a big store will have an outlet that backs up its leftover products. moncler prix In it, you might find some of last years merchandise, moncler soldes or things that needed to be removed from the main store to make space for new items. moncler paris Most people walk out of them feeling great with the savings that they made. moncler polo Every store will have a reduced rack somewhere in it. moncler veste Some stores will keep their rack of clearance items at the front, and other places will store it at the back. When you head into a clothing and accessories store, moncler doudoune you should always look for it. You might find something at one store that would work perfect for an item off the reduced rack at another. moncler homme If you have access to the internet, you can try surfing it for some deals.

  • Leave your response!