Cara Aman Konsumsi Mie Instan

Sabtu, Maret 21, 2009 Leave a Comment

Siapa sih yang tidak kenal sama yang namanya mie instan? Bagi anak kos-kosan mungkin tiap hari dah masuk daftar menu makanan. Sebenarnya... mengkonsumsi mie instan setiap hari itu tidak baik. Anda tentu tau bukan kenapa mie instan tidak boleh dikonsumsi setiap hari? Jika yang belum tau, mari kita perhatikan komposisi dari mie instan, diantaranya ada zat pewarna, zat pengawet, antioksidan (TBHQ, tertiary butylhydroquinone), dan juga Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih familiar dengan sebutan penyedap rasa.

Anda tentu pernah mendengar tentang MSG yang bisa menimbulkan gejala alergi atau keracunan yang disebut Chinese Restaurant Sindrome. Pusing, muntah-muntah bisa menimbulkan sakit, dada seperti yang terserang penyakit jantung. Belum lagi adanya zat pengawet yang membuatnya bisa tahan lama dan juga zat pewarna. Sedangkan TBHQ itu untuk mencengah ketengikan pada mie tersebut.
Oh ya.. ada nih tips dari saya supaya kita bisa mengkonsumsi mie instan secara sehat. caranya
  1. Rebus air dua kali lebih banyak dari biasanya, misalnya jika kita biasa merebus 2 gelas diubah jadi 4 gelas.
  2. Setelah mendidih, sebagian air kita taruh di mangkuk saji yang sudah diberi bumbu. (pake bumbunya separo aja, atau klo mau aman bikin sendiri bumbunya dan beri garam bila kurang rasa)
  3. Air yang masih ada dalam panci sisanya kita pergunakan untuk merebus mie instan.
  4. Tunggu hingga air menjadi agak menguning (ini tanda bahwa lapisan lilin yang terdapat di permukaan mie instan mulai luntur).
  5. Setelah itu, angkat dan tiriskan mie pada mangkuk yang telah terisi air tadi.
  6. Untuk menambah kandungan gizinya, kita bisa menambahkan telur dan sayur pada proses pemasakan.
Selamat mencoba...

Semoga tips ini bisa bermanfaat

26 komentar »

  • BeeMouNTaiN said:  

    tips nya berguna banget bunda untuk yang suka mie...sayang kalau aku tak ditakdirkan suka dengan mie..hiks hiks..

  • Atca said:  

    makasih bunda...ini makanan yg disukai anak2...aku jg jarang banget ngasih mie instan ky gini...nice info..

  • sehat dengan reiki said:  

    Aduh Jeng Azka aku baca postinganmu ini barusan nyantap mie instan dalam perjalanan liputan pagi ini. Aku paksa makan mie instant ini mengingat mobilitas tinggi ndak sempat sarapan pagi. Kalau di rumah sih aku jarang makan mie instan. senengnya nyantap sayur bening, tempe goreng plus sambel terasi.

  • yanuar catur rastafara said:  

    amien bunda
    bermanfaat bgt nih, pa lagi yang mahasiswa kayk aq gini
    hehehehee

  • bunda 4zka said:  

    To abie
    wah.. baru kali ini ada org yang gak suka sm mie. klo gtu bagus dong..

    To mb. atca
    anak2 mmg suka sama mie.. tp yang pasti orang tua harus pintar2 dlm memilihkan makanan u/ anaknya. penyajiannya pun bisa lebih di variasi lagi

    To mb. arum
    wah.. klo aq juga suka mb sm sayur bening, apalagi campur tempe penyet. hemmm...enak.
    tp klo mmg karna kesibukan ya gak apa makan mie, tp tambah pke telor ya..

    To yanuar
    anak kost mmg gak lepas sm yang namanya mie..
    hihi...

  • BeeMouNTaiN said:  

    heu balik lagi deh ke sini..
    bunda mau tau knp abie gak suka mie..
    baca deh yang satu ini
    http://hidupadalahpendakian.blogspot.com/search/label/tags%20dan%20pe-er

  • Tips Kecantikan said:  

    wah ene yg sering terlupakan yah bun.....air rebusan mie tuh mang harusnya gak boleh dikonsumsi

  • Miss Anna said:  

    mie instan mang uda g bs ditinggalin dr lifestyle....secara cepet dan instant geto loh.....

  • aaLiL said:  

    hohoh... siip bunda... terus air yg bekas rebusan mie kan gak boleh dijadiin kuah mie yg kita makan..trus jgn pernah niup mei panas pas didepan muka anda, tau knp? panaaasss heheh...keep share bunda

  • Girls Corner said:  

    mie instan pake telor rebus kek nya enak tuh....duh jd ngilerr

  • bunda 4zka said:  

    To miss anna
    iya mb.. mie instan mmg sdh gak bs ditinggalin. hali ini karena cepat dan mudah dalam menyiapkannya. yang pasti dibarengi ma sayuran n telor ya.. biar ada gizinya

    To aaLil
    ya iyalah... kan uapnya masih panas.. klo tetep dimakan aja tuh mie panasnya, tar lidahmu bisa sakit tuh..:)

  • IjoPunkJutee said:  

    MIe Instan enaknya tuk selingan....selingan saat kiriman belom datang...inget masa2 masih jadi anak kuliahan...:D

    So, lebih nyaman untuk perncernaan, dan bersahabat dari segi keuangan....:D

  • RIP666 said:  

    wah aku suka bgt mie...pa lagi klo malem2 kelaperan hohoho...(secara cuma bisa masak mie doank)

    infonya brguna bgt bunda...tak cobain ya

  • alix said:  

    Makasih tipsnya Bunda

  • Debrian said:  

    hihihih..sbg anak kost.. harus ikutin kata bunda :D
    makasi tips buat anak kost neh yg suka makan mie :D

  • byme said:  

    kalo aku mah langsung sikat enak sih
    byme

  • bunda 4zka said:  

    To IjoPunkJutee
    hehe... memaklumi koq, dulu pas kuliah aq juga suka gtu

    To rip666
    ank cowok mmg jago klo bikin mie

    To alix
    sama-sama

    To debrian
    siiiiiiip
    thnks ya deb..

    To byme
    mie mmg enak. apalagi dimakan pas laperrrrr. hemmm yummy...

  • Papa Zakiyya said:  

    thanks infonya bunda.. soale mie instant merupakan makanan wajibku buat sarapan...

  • Risti said:  

    Mie ainstant adalah makanan kesukaan anakku. kalo dua hari berturut-turut makan mie goreng anakku langsung radang tenggorokaan. infonya nya membantu sekali bun, good post yah..

  • Diary Pink said:  

    wah... skrg saya juga suka konsumsi mie hehehe...

  • Lyla said:  

    mantap infonya bund... sangat bermanfaat :)

  • reza said:  

    saya ini penggemar berat mie instan loh mbak. saya sebenarnya dah tau resiko banyak makan mie, tp mo; gmn lgi?? :). saya baru tau nih cara masak mie yg benar, makasih ya.

  • Blogger Ceria said:  

    wuih..
    mantap bunda tipsnya.. sayangnya kadang suka males buat tiris2in gitu.. >.<

  • Best Vitamin Supplements said:  

    Nice tips...thanks 4 sharing

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!