Contoh Soal Berdasarkan Tingkatan C1- C6

Sabtu, Maret 14, 2009 Leave a Comment

Inget waktu kuliah dulu tentang mata kuliah penilaian kimia yang diajar oleh bpk. prayit. Dimana saya diberi tugas untuk membuat contoh soal-soal berdasarkan jenjang kemampuan c1 samapai c6. Berikut ini ada beberapa contoh soal yang dimaksud. Contoh soalnya terkait sama pelajaran kimia ya...
Semoga informasi ini bisa bermanfaat.


Contoh soal Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.

Simbol unsur perak, tembaga, dan emas secara berturut-turut adalah.....
a. Ag, Cu, dan Au
b. Fe, Cu, dan Au
c. Sn, Ag, dan Cu
d. Pd, Ag, dan Cu

Peristiwa berikut yang termasuk perubahan kimia adalah.....
a. air mendidih menjadi uap air
b. gula larut dalam air panas
c. kertas dibakar menjadi abu
d. lilin meleleh karena dinyalakan

Contoh soal Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.

Jumlah atom N yang terdapat pada molekul (NH4)2SO4 sebanyak.....
a. 1
b. 2
c. 4
d. 6

Contoh soal Penerapan (Application) C3

Yang termasuk jenjang penerapan adalah kemampuan menggunakan prinsip, aturan, atau metode yang telah diketahuinya dalam situasi baru atau situasi kongkrit.

Jika diketahui massa atom relatif Na=23, S=32, H=1, dan O=16 maka massa molekul relatif Na2S4.5H2O adalah.....
a. 19
b. 142
c. 232
d. 264

Contoh soal Analisis (Analysis) C4

Yang dimaksud jenjang analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar komponen informasi tersebut menjadi jelas.

Dalam wadah 5 liter dimasukkan 4 mol SO3 yang terurai menurut reaksi:
2 SO3(g) <---> 2 SO2(g) + O2(g)
Jika pada saat kesetimbangan tercapai masih ada 1 mol SO3. Berapakah tetapan kesetimbangannya.....
a. 2,7
b. 5,4
c. 13,5
d. 27

Contoh soal Sintesis (Synthesis) C5

Yang dimaksud jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi lainnya.

Sebanyak 1 liter larutan CrCl3 1M dielektrolisis dengan arus 6 A. Waktu yang diperlukan untuk mengendapkan semua logam kromium adalah.....(Ar Cr= 52, F=96500 C mol -1)
a. 289500 detik
b. 96500 detik
c. 48250 detik
d. 32167 detik

Contoh soal Evaluasi (Evaluation) C6

Yang dimaksud jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.

Jika diketahui potensial elektroda standar dari:

Ag­­­­+ (aq) + e ---> Ag(s) εo = +0,80 volt

In­­­­3+ (aq) + 3e ---> In(s) εo = -0,34 volt

Mg­2­+ (aq) + 2e ---> Mg(s) εo = -2,37 volt

Mn­2­+ (aq) + 2e ---> Mn(s) εo = -1,20 volt

Pasangan yang memberikan perbedaan potensial sebesar +1,14 volt adalah.....
a. Ag I Ag­­­­+ II Mn­2+­ I Mn
b. In I In­­­­3+ II Ag­­­­+ I Ag
c. Mn I Mn­2+ ­II Mg­2­+ I Mg
d. Ag I Ag­­­­+ II In­­­­3+ I In

15 komentar »

  • z4ro08 said:  

    waduuh... ga ngerti bund :D
    Anyway, Thanks atas infonya

  • yanuar catur rastafara said:  

    wah,,kayaknya agak sulit nih otak q
    maklum bunda,,otak celeron nih
    hehehe

  • Aditya Ramadhan said:  

    bunda..tukeran link yuk...link bunda udah qu pasang tuh...di linkback yh...:D

  • setiawan said:  

    Makasih yah bunda, pembelajaran bermakna bagi saya, soalx saya juga guru kimia.

  • Li said:  

    gak nyampe sini bund ilmunya hahahaha,
    gak mudeng.

  • Abiagi Smith said:  

    jadi inget zaman sekolah dulu...sama kuliah..hihihi

  • Risti said:  

    waduh... ampun dech bun... ilmuku masih cetek belum sampe ama yang kayak ginian.
    bunda emang top

  • ndyteen said:  

    aduh pelajaran SMA terulang lagi...

    argentum cupprum aurum

    kayaknya kertas dibakar menjadi abu deh

    jumlah atom N kayaknya 4 hihihi

    skrng dah lupa bunda

  • frizzy said:  

    Ampuuun dapat soal kayak begini, kalo mesti selesai sekarang juga, aku nyerah deh sob.

    Cheers, frizzy.

  • Diary Pink said:  

    wah... apaan nih bund... itung2an kimia ya hehehe gak mudeng

  • supris said:  

    wah...bunda..kok coal nya culit2 ceh...hiks...kang cupliz kan gak bisa kimia...hehehe

  • biosains08 said:  

    makasih buanget bok informasinya...aku dah nyari ke mana-mana baru ketemu...suwun nggih...

  • Kifni said:  

    Makasih infonya bunda..

    lagi ada tugas buat soal...hehhee,,,,
    :)

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • chunxue said:  

    During the World War II, Art Deco jewellery was ugg sale a very popular style among women. The females started ugg boots wearing short dresses and cut their hair short. And uggs such boyish style was accessorized with Art Deco jewellery. They used cheap ugg boots long dangling earrings and necklaces, multiple bracelets and bold ugg boots uk rings.Art Deco jewellery has harshly geometric and symmetrical theme instead disocunt ugg boots of free flowing curves and naturalistic motifs. Art Deco Jewelry buy ugg boots today displays designs that consist of arcs, circles, rectangles, squares, and ugg outlet triangles. Bracelets, earrings, necklaces and rings are added with long ugg boots outlet lines and curves.One example of Art Deco jewelry is the Art Deco ring. Art Deco rings have ugg mall sophisticated sparkle and bold styles. These rings are not intended for a subtle look, they are meant to be noticed. Hence, these are perfect for people with bold styles.

  • Leave your response!