10 Alasan Mengapa Anda Harus Selalu Ingin Tahu

Jumat, Maret 13, 2009 Leave a Comment

Pada dasarnya, setiap orang ingin tau segala hal. Contoh saja, bila kita ingin sukses, maka kita pun akan mencari tau hal-hal apa saja yang bisa membuat kita sukses, atau bila anda ingin kehidupan yang menjanjikan maka anda harus selalu ingin tahu. Semakin anda penasaran, semakin banyak peluang yang terbuka sepanjang hidup anda. Buka mata anda dan perhatikan baik-baik, berapa banyak asumsi keliru yang selama ini telah anda buat? Apa yang selama ini ingin anda ketahui?


Berikut ini adalah 10 alasan mengapa anda harus selalu ingin tahu?
  1. Anda akan semakin mengerti diri anda sendiri - Rasa ingin tahu memungkinkan anda untuk menyingkapkan permasalahan dan pemikiran, yang selama ini ada. Jika rasa ingin tahu dapat anda kelola dengan baik, itu akan membawa anda untuk sampai pada tujuan.
  2. Anda akan mengetahui kebenaran - Segala sesuatu yang tampak nyata dalam hidup tidak sepenuhnya benar. Seorang yang dipenuhi rasa ingin tahu tidak menerima mentah-mentah omongan seseorang, mereka akan mencari kebenaran dari omongan tersebut. Seorang yang dipenuhi rasa ingin tahu mencari informasi detail tentang segala sesuatu, mereka bukan hanya tau "apa" atau "kapan" tapi juga "bagaimana" dan "kenapa".
  3. Anda akan melepaskan jiwa anak-anak anda - Anak-anak adah seorang yang penuh dengan rasa ingin tahu. Mereka seperti kanvas kosong yang siap untuk diisi pengetahuan dan pengalaman. Mereka menyerap apa yang dapat diketahui tentang dunia dengan pikiran terbuka. Rasa ingin tahu dapat membuka pikiran anda juga.
  4. Anda akan merasakan pengalaman baru - Pengalaman baru adalah hal paling menyenangkan dalam hidup. Pengalamn baru akan menstimulasi pikiran anda dan melepaskan emosi yang kreatif, dan membebaskan anda dari rutinitas yang menjemukan.
  5. Anda akan meningkatkan produktitas anda - Pikiran yang selalu ingin tahu akan menembus batas penalaran yang biasa anda terima dan membokar setiap detail yang menggerakan sebuah proses. Semakin anda mengerti detail, semakin anda mengerti prosesnya. Hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih produktif.
  6. Anda akan belajar lebih banyak - Saat rasa ingin tahu menyelimuti anda, anda akan kembali dengan ilmu yang lebnih banyak. Anda akan menembus batas-batas pemikiran anda. Semakin banyak yang anda pelajari semakin banyak pula yang anda tahu.
  7. Anda akan semakin efisien - Seorang yang penuh rasa ingin tahu akan melihat hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Mereka akan menemukan cara alternative untuk menyelesaikan suatu masalah. Semakin banyak alternative solusi yang ada, semakin besar masalah yang ada akan segera teratasi.
  8. Anda akan merasakan indahnya keanekaragaman - Keanekaragaman adalah bumbu atau variasi dalam hidup. Tidak ada hal yang lebih membosankan selain repetisi. Bila anda membiarkan diri anda berjalan kearah yang berbeda, anda akan menambah variasi kehidupan anda.
  9. Anda akan menjadi lebih positif - Lebih mudah berpikir negatif daripada positif. Jika anda tidak mengerti akan suatu hal, atau tidak terbiasa akan suatu hal, mudah sekali untuk menghilangkan pikiran tersebut dari otak anda. Hanya jika anda mengerti akan sesuatu, anda akan menghargainya. Manusia biasanya akan lebih positif pada sesuatu yang mereka ketahui. Rasa ingin tahu membuat pikiran anda lebih luas dan menambahkan pengertian yang lebih mendalam.
  10. Anda akan membuka banyak hubungan baru - Rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat anda bepergian ketempat yang tidak biasa anda kunjungi. Pada suatu kesempatan, anda tentu akan berhenti sejenak untuk melihat-lihat lingkungan sekitar. Anda tidak akan pernah tahu bahwa anda bias saja bertemu dengan orang dengan banyak sekali kesamaan dengan anda.

Klik di sini untuk sumber artikel.

13 komentar »

  • Unknown said:  

    sangat bermanfaat untuk pendewasaan diri

  • Keke Naima said:  

    setju bgt deh sm postingan ini :)

  • Anonim said:  

    tapi ingin tahu apa dulu...? semakin kita tahu, kita akan tahu bahwa kita ternyata tidak tahu.

  • Anonim said:  

    postingan yang menggugah.....good post

  • Anonim said:  

    Karena aku sangat ingin tahu maka kemari, tapi mana ya tuan tumahnya? kok tidak ada kopi menghidang, camilan terparkir. Laparrrrrrr.... waktunya makan siang hikhik... Tapi ga ada teman...

    Lah jadi ngawur.

    Memberi pengetahuan banyak nih blog, bisa dipraktekkin buat diri sendiri dan keluarga.

  • Anonim said:  

    mantaaab bunda,,kumplit..plit.. keep share ya bund..

  • Anonim said:  

    Setuju banget bund..tapi gimana ya bunda, agar keingintahuan itu tertuju ke hal2 yg positif?? Kadang keingintahuan ke hal2 negatif itu godaannya lebih besar dibandingkan ke hal2 positif...:(

  • ayuzuricha said:  

    iya nih bund,10 alasan kita banget yah :) dalam hal apapun selalu mau tau dan pingin belajar

  • Danni Nahason said:  

    Wuihh...
    Rasa ingin tahu benar2 membuat diri kita semakin terbentuk menjadi orang yang berpengetahuan luas.
    Iya kan?!

  • Anonim said:  

    setubuh..ehh..setuju bun... nice alasanna :D

  • Anonim said:  

    Mantaff dan setuju sama tulisanmu sob.
    Halo sobat, apa kabar? Salam hormat dan sukses selalu untukmu yaa. Terima kasih atas persahabatannya...

    Cheers, frizzy.

  • Anonim said:  

    wah bunda makin sukses ya... artikelnya bagus

  • Anonim said:  

    setuju dengan postingan bunda....

  • Leave your response!