Khasiat di Balik Madu

Minggu, Maret 22, 2009 Leave a Comment

Siapa sih yang gak kenal sama yang namanya Madu?? Berasal dari lebah dan rasanya yang manis membuat kita tidak akan bosan untuk mengonsumsinya setiap hari. Saya itu dulu paling suka sama madu, tapi sekarang dah jarang lagi mengkonsumsinya., maklum..sudah habis dan belum beli lagi...

Madu sering kita lihat penggunaannya untuk campuran jamu (bagi yang suka jamu mungkin sudah tidak asing lagi ya...:), untuk campuran makan roti, untuk masker wajah biar tambah cinclong... dan lain sebagainya.

Ternyata, madu itu buanyak sekali loh manfaatnya.
Mau tau apa aja manfaat yang bisa kita perolah dari madu...



Luka Bakar

Oleskan madu secara merata pada luka bakar. Madu dapat mendinginkan dan mengurangi nyeri serta menyembuhkan luka dengan cepat tanpa meninggalkan bekas luka. Cara ini aman, karena bakteri tidak bisa hidup dalam madu.

Insomnia

Satu atau dua sendok teh madu tiap malam akan membantu anda terlelap. Lebih ampuh lagi kalau dicampurkan dalam segelas susu hangat.

Hiperaktif
Ganti semua gula pasir anda dengan madu. Gula pasir memiliki kemampuan stimulasi yang tinggi, padahal nutrisinya rendah. Sebaliknya madu mampu menyediakan energi melimpah tanpa membuat anak jadi hiperaktif.

Hidung Mampet
Taruh satu sendok makan madu dalam baskom berisi air panas, lalu hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda dengan handuk diatas baskom. Sangat manjur!

Lelah

Encerkan satu sendok makan madu dengan air hangat lalu diminum. Madu memiliki kandungan utama berupa fruktosa dan glukosa, jadi sangat mudah diserap tubuh. Atlet Yunani kuno selalu mengkonsumsi madu sebelum pertandingan untuk menambah stamina dan setelah pertandingan untuk mendinginkan tubuh.

Masker Wajah

Campurkan madu dengan oatmeal dalam takaran yang sama, kemudian gunakan sebagai masker. Biarkan selama setengah jam lalu bersihkan wajah anda. Madu adalah pembersih wajah yang ampuh untuk menghilangkan jerawat dan noda di wajah.

Gangguan Pencernaan
Campurkan madu dengan cuka apel lalu ditambah lagi dengan air. Selain memperlancar pencernaan, ramuan ini juga baik untuk persendian dan penurunan berat badan.

Hair Conditioner
Oleskan campuran madu dan minyak zaitun pada rambut anda, lalu tutup kepala anda dengan handuk hangat selama setengah hingga satu jam. Kemudian dibilas. Madu dapat memberi nutrisi yang diperlukan rambut dan kulit kepala.

Sakit Tenggorokan

Biarkan satu sendok teh madu mengalir lambat di tenggorokan anda. Madu berfungsi untuk mengurangi peradangan.

Stress

Perpaduan madu dan air adalah stabilizer alami yang luar biasa bagi tubuh kita, karena campuran tersebut memiliki efek menenangkan. Agar lebih efektif, gunakan perbandingan antara madu dan air sebanyak 1:4.

Anemia

Madu adalah "makanan" yang paling bagus untuk darah. Semakin gelap warna madu, semakin banyak pula kandungan mineralnya.

Pengawet Makanan

Jika anda mengganti gula pada resep kue dan cookies anda, maka kue dan cookies tersebut akan lebih tahan lama, karena madu bersifat anti-bakteri.

Botol Bayi

Empat sendok teh madu yang dilarutkan bersama air dan dimasukkan ke dalam botol bayi akan memberikan efek tenang pada bayi sekaligus menambah asupan multivitamin si bayi. (Perhatian: hanya untuk bayi diatas usia satu tahun). Bagi bayi yang baru tumbuh gigi, mengoleskan madu pada gusi mereka akan membantu mengurangi rasa sakit karena tumbuhnya gigi.

Osteoporosis
Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu sendok teh madu per hari dapat mencegah osteoporosis. Sangat dianjurkan untuk anda yang sudah berusia kepala lima.

Panjang Umur

Orang-orang dengan usia tertua di dunia pada umumnya adalah mereka yang rutin mengkonsumsi madu. Ada satu lagi fakta menarik, yaitu para peternak lebah (yang otomatis juga rajin mengkonsumsi madu ) ternyata lebih sedikit berisiko terserang kanker dan rematik dibandingkan dengan pekerjaan manapun di dunia.

Migrain
Saat migren baru menyerang, minumlah campuran satu sendok makan madu dengan setengah gelas air hangat. Jika dirasa perlu, ulangi 20 menit kemudian.

Iritasi mata

Larutkan madu dengan air hangat dalam takaran yang sama. Setelah dingin, cuci mata anda yang terkena iritasi dengan larutan tersebut.

Obat Batuk

Campur 170 gram madu, 55 gram gliserin dan air perasan dari dua buah jeruk lemon. Aduk rata dan simpan dalam botol yang tertutup rapat. Dapat diminum sewaktu-waktu sebagai obat batuk.

Ada kalanya madu murni yang disimpan lama akan menggumpal. Apabila itu terjadi, anda hanya perlu meletakkan botol madu anda dalam panci berisi air panas (bukan mendidih) selama beberapa saat hingga madu mencair kembali.


Sumber: sendokgarpu.com

22 komentar »

  • frizzy said:  

    Mesti bookmark artikel ini, mantaff postingannya mantaff khasiat madunya.
    Terima kasih sob, dah dikasih pencerahan tentang madu.

    Cheers, frizzy.

  • z4ro08 said:  

    wow ternyata banyak juga yah manfaatnya.
    Thanks for sharing...

  • ayik said:  

    wah...mantap bener nich, makasih ya bunda ma inponya?

  • BeeMouNTaiN said:  

    good posting bunda.
    madu adalah minuman wajib kalo mendaki karena punya manfaat yang banyak.
    btw..madu dari lebah ya..klop banget dengan beemountain..lebah gunung *promosi*hehehe

  • aaLiL said:  

    bunda,, itu buat tenggorokan bsa bneran? waahh,, di coba ah... keep share

  • jerova said:  

    madu emang banyak kasiatnya...
    papinya jeriova suka madu,pantesan jeriova manis yah jihahahahahahahahahahahahahahaha

  • RIP666 said:  

    wah banyak jg maanfaatnya...btw madu beli dimana ya bunda??? hihihi

  • Risti said:  

    ternyata madu banyak manfaatnya pantesan Rasulullah SAW sering minum madu.

  • Seti@wan dirgantara said:  

    Mantav bunda,.... cuman didaerah saya sekarang sudah jarang madu yang asli. Apa tidak ada efeknya ya.... kalau madu dicampur dengan zat adiktif lain

  • Dio said:  

    tapi sekarang susah nyari madu asli bu

  • Diary Pink said:  

    kurang bund...obat sariawan juga ya hehe... :)

  • Lyla said:  

    kalo tiap pagi minum madu satu sendok makan insya allah sehat

  • bisnisway said:  

    wah bisa buat iritasi mata juga yah.....coba ah...

  • yanuar catur rastafara said:  

    wah,,ternyata,,khasiatnya cukup ampuh juga ya bunda??hehehehe

  • Hotel and Travel Information said:  

    Kalo orang2 diabet boleh makan madu gak?

  • Cewek Indonesia Seksi said:  

    Bener2 bermanfaat nieh infonya.. saya bookmark ya? Thanks 4 the sharing...

  • munawar am said:  

    ini madu yang beneran apa madu yang dijual di warung2 itu ya Bu..., saya jadi sanksi, emang seharusnya yang memiliki khasiat smacam itu harus madu asli

  • Debrian said:  

    ya aq jg suka madu neh...hee.. manfaatna byk jg toh..

  • phiena-venus said:  

    subhanalloh.. banyak jg manfaatnya yah. saran nih, Kasih tambahan dong, tips nentuin madu asli. Susah bgt bwt tau madu itu asli pa gak.

  • dody said:  

    Mohon ijin untuk dibagi ke yang lain...., terim kasih

  • frans said:  

    ternyata didalam madu mengandung bee pollen dan royal jelly, buat temen2 yang ingin mengetahui khasiatnya lebih lengkap, silahkan lihat di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=153723416#post153723416

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Leave your response!