Tips Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) ala Bunda azka

Rabu, Maret 25, 2009 Leave a Comment

Belakangan ini, saya memang sulit untuk tidur. Yang biasanya saya biasa tidur jam 9 malem.. sekarang mendadak bisa jam 11 ato gak jam 12 malem. Mungkin saya terkena insomnia kali ya... atau memang saya sedang keasikan sama yang namanya blogging ya?? hehe....
Tapi mmg kebiasaan jelek tuh harus dihindarin...

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.


Berikut ini ada beberapa tips dari saya, untuk mengatasi susah tidur:
  1. Jangan minum kopi sebelum tidur. Karena bisa membuat tidak bisa tidur. Baca tentang manfaat dan bahaya kopi disini
  2. Jangan makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Karena akan membuat perut gak nyaman, akibatnya susah tidur deh
  3. Jangan banyak nonton tv dan matikan inet. Batasi waktunya, sehingga waktu tidur kita optimal
  4. Mandi air hangat sebelum tidur. Biar badan terasa segar, sehingga tidur pun nyaman, atau klo gak mau mandi ya cuci muka aja.
  5. Niat untuk hidup sehat selalu diterapkan, dalam artian jika kita ingin menghentikan kebiasaan gak bisa tidur ini, ya harus biasakan pola tidur yang baik. tidur harus tepat waktu.

Bagi yang masih sulit tidur malam.. mudah-mudahan tips yang diatas bisa bermanfaat ya..

18 komentar »

  • Unknown said:  

    wah kalau saya sih tv hidup nggak masalah, tadinya nonton tv jadinya ditonton tv

  • Anonim said:  

    wah...kalo kang supris biasanya biar bisa tidur...merem teruss....ntar lama2 juga bablas.... :D

  • Anonim said:  

    aq emang ga bisa tdur neh..hikz..
    jadi tips km mgkn membntu neh :)
    tp yg no 4. ga bisa. krn di bandung, di kost aq ga da air panas.hikzz

  • ReGiE said:  

    makasih infonya..
    aq emang insonia akutlah..coz aq biasa tidur jam 2 pagi..untuk merubahnya sangat susah sekali,,,
    semua aktivitas pagi selalu terlambat..
    semau jadi kacau,berantakan,,,

  • Anonim said:  

    Bunda, kami bertiga lg kena insomnia sama2. maybe kepikiran deadline komik yah
    pdhl makan dah dr lepas maghrib. trus ga minum kopi. ngantuk sih ngantuk. tp pas matiin lampu dan bubuan di kasur, otak nih on terus T_T br bs 'hilang' skitar jam 1. itu jd jam 4 dah bangun lg. hueeee

  • Yanuar Catur said:  

    bagus bgt bunda tipsnya
    aq punya pnykit ini bun
    n gara2 ni
    q jg jarang kuliah
    hehehehhehe
    tengkyu bunda

  • Anonim said:  

    Nice tips bunda
    Mo nambah dikit nih
    di tambah olahraga teratur (seminggu 3x) akan membuat hidup kita sehat, pikiran positif & nyenyak tidur di malam hari

  • Unknown said:  

    bagu nie,,mudah2 bisa dipraktekkan ke temen saya..makasih bun infonya

  • Anonim said:  

    aku jg suka insom bunda, mo coba tidur cepet ga bisa, klo tidur kemaleman ga fit paginya...
    mo coba berubah ahhh ^^

  • Anonim said:  

    ternyata bunda memang bunda yang peduli dengan pola hidup sehat buktinya blogger dikasih tips yang bagus banget untuk di praktekan.

    keep share yah bun..

  • Anonim said:  

    wah klo saya paling gampang klo pengen tidur sambil nonton TV, coz bukannnya nonton TV tapi akhirnya malah ditonton TV..

  • Obrolan lepas said:  

    webss, pertamaxxx neh,,

  • MooChenk said:  

    Naa nee dya nee info bagus...
    Ntar dicoba aaagh... Thx y bun....

  • annin said:  

    kayanya aq jg kena insom ni,habisnya nyandu inet kali ya

  • Ahmad Nabawie said:  

    gak mempan mas ama tips ente, Insomnia ane udah menjadi jadi,
    bahkan sampe dua hari pun susah tidur,
    nah kalo ane mau tidur nih, fikiran melayang layang, jadi ntah mikirin apa aja, fikiran itu selalu membuat ane gak bisa tidur!!!
    Insomnia tingkat tinggi!!
    siapa yang tau obat tidur yg bagus, tolong kasih tau ane ya..
    butuh tidur disiplin neh..
    gak mau tidur gak teratur !!!

  • aan said:  

    cara yg lain u ngatasi insom ada lg ngak???

  • Anonim said:  

    yakin ni,, soalnya saya udah seminggu tidur jam 4 pagi terus...

  • turbine meter said:  

    susah sob, paling cepet jam 12 malem, bisanya jam 2 pagi baru bisa tidur. paling susah inet dan nonton TV-nya.

  • Leave your response!