Facebook dan YouTube Pada Jam Kerja Menjadikan Anda Karyawan yang Lebih Baik

Jumat, April 10, 2009 Leave a Comment


Apakah Anda pernah tertangkap sedang menggunakan situs jejaring sosial semacam Facebook atau Twitter? Jangan khawatir, karena menurut sebuah studi dari Australia, mereka yang berselancar internet untuk hiburan pada jam kantor memiliki peningkatan produktivitas dibandingkan mereka yang tidak.

University of Melbourne melakukan studi dan menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan Internet untuk keperluan pribadi rata-rata memiliki produktivitas 9% lebih tinggi daripada mereka yang tidak menggunakannya.

Penulis studi, Bren Coker, dari departemen management and marketing, mengatakan "workplace Internet leisure browsing," atau WILB membantu mempertajam konsentrasi pekerja.

“Orang-orang perlu keluar sebentar untuk mendapatkan kembali konsentrasi mereka,” kata Coker pada situs universitas ( www.unimelb.edu.au/)

“Istirahat yang singkat dan ringan ,seperti berselancar di Internet memungkinkan pikiran untuk mengistirahatkan dirinya, yang menciptakan konsentrasi bersih yang lebih tinggi dalam sehari kerja, dan sebagai hasilnya, peningkatan produktivitas,” katanya.

Menurut studi yang dilakukan pada 300 pekerja, 70% pekerja yang menggunakan Internet pada jam kerja melakukan WILB.

Aktivitas WILB yang paling popular diantaranya adalah mencari informasi mengenai sebuah produk, membaca situs berita online, bermain game online dan menonton video di YouTube.

“Perusahaan sudah membuang jutaan dollar untuk software yang dapat memblokir akses karyawan untuk menonton video, menggunakan situs jejaring sosial atau berbelanja online dengan anggapan bahwa hal tersebut akan membebani biaya produktivitas bernilai jutaan dollar,” kata Coker. “Namun keadaan tidak selalu seperti itu.”

Namun, kata Coker studi ini dilakukan hanya kepada orang-orang yang menggunakan waktu berselancar kurang dari 20% dari total waktu kerja mereka di kantor.

“Mereka yang memiliki tingkah laku seolah kecanduan internet akan memiliki tingkat produktivitas yang lebih rendah daripada mereka yang tidak,” katanya.(reuters)


17 komentar »

  • Dinoe said:  

    Patut untuk dicoba...makasih infonya..

  • Lala said:  

    Asal ga lama lama ya maen FBnya. Kaya hubby tuch, kalo capek garap papernya biasanya istirahat sambil buka FB.

  • Risti said:  

    aku setuju ama kalimat-kalimat terakhirnya, tapi kurang setuju ama hasil studinya. bukankah justru sebaliknya kalo lagi bekerja sambil browsing akan menurunkanmutu pekerjaan apalagi sampai ketauan boss wah..... bisa berabe tuh bun.

  • Itik Bali said:  

    Menurut Bunda sendiri bagaimana??
    Apa FB dan You Tube atau berselancar di internet itu dapat meningkatkan produktivitas kerja?

    Kayanya kalo masih dalam keadaan wajar, berselancar, nge fB atau apapun pas saat senggang dibuat untuk refreshing mungkin dapat meningkatkan produktivitas ya bun

  • Seti@wan Dirgantara said:  

    kalau menurut saya bun,.... produktifitas kerja saya sangat terganggu, mungkin karena saya diluar kewajaran yah? karena biasa saya berselancar 8 jam sehari.

  • pea paser said:  

    wah baru tau klo surfing di internet sama produktifitas kerja bs saling berhubungan

  • tito said:  

    info yang menarik, tnx bunda :)

  • fauzy said:  

    hmm, kalo lagi kuliah gimana bun? :)

  • Seti@wan Dirgant@Ra said:  

    Bunda,.... Ada Award untuk anda, silahkan di copas yah. Moga berkenan. Thanks.

  • rusakparah said:  

    Peningkatan Produktivitas Kerja? Mungkin...

    Tapi yang jelas biaya koneksi ikut internet, ikut meningkat juga... hhahahahah

  • bL4ckC4Tz said:  

    Mau dapet ebook "24 Prinsip Miliarder yang Mencerahkan" karangan Tung Desem Waringin ?? Buruan baca caranya di blogku, mumpung masih gratiss. Trims...

  • Ayas Tasli Wiguna said:  

    Hueee sama kayak kerajaan temen ku tuh, alasannya refreshing. Tapi kok refreshingnya berjam2.. PNS getoloh..

  • IKHSAN said:  

    tapi kadang2 bikin nggak konsen

  • z4ro08 said:  

    Tapi kalau terlalu lama konsentrasi kerja jadi terganggu bund.. :D
    Thanks for sharing

  • lusalary said:  

    postingan yg menarik!!thanks sharing infonya!!

  • SECONAZ said:  

    setuju bunda,...buktinya laporan kerjaan saya jadi lebih cepat sebelum deathline ...he..he..

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!