Selecta Malang

Minggu, April 05, 2009 Leave a Comment

Postingan kali ini, saya akan bercerita tentang wisata yang ada di malang selain coban rondo, yaitu selecta. Malang selain terkenal dengan kota pendidikan, oleh-oleh khas malangnya, ternyata malang juga terkenal dengan tempat wisatanya.
Kira-Kira apa ya yang membedakan antara wisata coba rondo dengan selecta.

Berikut ini ada informasi tentang wisata selecta malang.




Taman rekreasi Selecta terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur dengan dikelilingi oleh Gunung Arjuno, Welirang dan Anjasmoro, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari kota Malang dan 2 jam dari kota Surabaya. Tinggi dari permukaan laut 1.150 m dengan suhu udara berkisar antara 15° C – 25° C dan kedinginan air berkisar 18° C.

Selecta didirikan oleh seorang warga negara Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1930 sebagai tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi warga negara Belanda saat berada di Indonesia, sesuai dengan nama Selecta yang berasal dari kata selectie yang berarti ”pilihan”. Dan pada akhirnya Selecta menjadi sebuah karya monumental bagi sebuah konsep tatanan wisata yang menggabungkan unsur keindahan dan kesejukan alam pegunungan yang menjadi cikal bakal pariwisata Jawa Timur.

Pada awal masa kemerdekaan, Selecta merupakan tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi semua lapisan masyarakat negeri ini, mulai dari rakyat biasa hingga elit politik negeri ini, termasuk Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden di masa itu.

Dari masa kemerdekaan tersebut hingga masa sekarang, Selecta tetap mempertahankan tatanan sebagai tempat wisata eksotis yang indah dan sejuk, sehingga tetap menjadi tujuan wisata pilihan bagi semua lapisan masyarakat negeri ini dan wisatawan manca negara. Bahkan Selecta telah mengembangkan diri menjadi taman rekreasi dengan fasilitas yang lengkap tanpa mengurangi nilai sejarah dan keasriannya.

Sekarang, Selecta tidak hanya mempunyai kolam renang dengan air pegunungan yang segar dan jernih, tetapi juga dilengkapi taman bunga yang luas dan indah serta taman bermain anak dengan segala fasilitas bermain untuk anak, termasuk becak mini dan mobil mini. Kolam perahu dengan fasilitas perahu kano dan sepeda air, arena jogging seluas 6 hektar dan arena untuk berkuda serta tempat out bond yang ideal. Ketika memasuki areal taman rekreasi Selecta, pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir, karena luas tempat parkir mencapai 3 hektar dan sebuah masjid yang representatif di areal tersebut. Ketika turun dari kendaraan, pengunjung disuguhi akuarium dalam ukuran yang sangat besar dipenuhi berbagai macam ikan air tawar dan sebuah gua unik yang bernama Gua Singa.

Foto ini diambil thn 2004, dimana saya pergi kesana bersama teman-teman kuliah dan teman kost.

Kapan ya... bisa kesana lagiiiii.
Pemandangannya yang hijau membuat saya kangen ingin pergi kesana lagi.

22 komentar »

  • genial said:  

    pertamaxxx

  • opung chikal said:  

    i'm looking for Embroidery Magic 2 .. d'ya have that???
    if you don't, could u tell me where should i go to find such thing???
    WILCOM too... where?

    thnx in advance . . . .

  • aa.LiL - belajar dan berbagi said:  

    wah, seru ya di malang,, jadi pengen kesana neh bund.. hihihih

  • Seti@wan Dirgantara said:  

    Aku pernah sekali mampir Bunda,..... setelah membaca posting ini kangen rasanya untuk berkunjung kembali.

  • sehat dengan reiki said:  

    Malang terkenal dengan keramiknya,buah apelnya dan wisata alamnya.Di samping Coban Rondo Selekta memang bagus juga untuk dikunjungi.
    Sayang saya dengar Malang sekarang ini sudah tidak sejuk lagi, cenderung gerah di malam hari.
    Tapi kalau berkunjung ke Kepanjen rasa-rasanya masih tersisa hawa sejuk.Apalagi kalau bertandang ke Waduk Selorejo. Yang ngangeni akan Malang adalah Soto nya itu lho Jeng? Kalau pagi hari seperti saat ini bisa cari makanan kecil seperti getuk lindri,sawut,cenil dan grontol ( jagung pipil rebus dalam contong ).

  • frizzy said:  

    Waa mau dong kesana bunda, kayaknya asik banget tuh. Dingin2 gimanaaa gitu yach.
    Thanks for sharing a great article...

    Cheers, frizzy.

  • Tony said:  

    wah indah banget

  • Risti said:  

    selecta mengingatkan saya 10 tahun yang lalu saya pernah tugas dimalang selama 2 minggu dan sempat mengunjungi selecta. tempatnya memang bagus dan sejuk cocok sekali untuk memanjakan paru-paru kita yang tiap harinya menghirup polusi.

  • erik64916 said:  

    Wah liat fotonya bagus banget bunda

  • Maya O.Z.K said:  

    wah bagus bgt and kliatannya seger tuh.. sygnya jauh dr tempatku bunda :D

  • tito said:  

    duhh... indahnya... :)
    jd kepengen mampir... kpn ya bs kesana :)

  • e-je said:  

    wah ternyata selain terkenal dengan aremania nya malang juga banyak tempat bagus buat wisata ya bun?? mantap deh..

  • andrizoom said:  

    Wahhh Lumayan Nihh INfo BUat Liburan

  • erwinyustiawan said:  

    wah pengen juga nie kesana..tunggu ada rezeki..:)

  • Wafi said:  

    widih.... oke2 pemandangannya...

    jd pengen ke MALANG...

  • RIP666 said:  

    ajak aku k malang donk bunda...^^

  • jerova said:  

    ntar deh bund kalo ke malang mampir..sekalian mampir ketempat bunda hehe

  • phiena-venus said:  

    Tul ! Selecta emang seger, duingiinn seh tepatnya. Sip deh pokoknya.

  • suryaden said:  

    aku udah lama ga main ke malang....

    salam kenal!

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!