Tips Mengatasi Bau Mulut

Kamis, April 30, 2009 Leave a Comment

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BAU MULUT. Semua orang juga tentu pernah merasakan yang namanya bau mulut. Selain membuat tidak nyaman, Bau mulut juga bisa menggangu komunikasi. Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa bau mulut itu disebabkan karena adanya gigi yang berlubang. Cari tahu yuk tentang BAU MULUT dan Bagaimana Tips Mengatasi Bau Mulut tersebut.


BAU Mulut, yang secara medis disebut halitosis, dapat muncul akibat tidak teraturnya kegiatan membersihkan gigi. Bisa juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan serius. Bau mulut juga bisa muncul gara-gara makanan yang Anda konsumsi dan kebiasaan tidak sehat lain.

BAU Mulut yang terus menerus terjadi bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit gusi. Ini akibat adanya plak pada gigi. Bakteri dalam gigi dapat mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi gusi. Jika penyakit ini tidak diselesaikan akan merusak gusi dan rahang Anda. Tidak pasnya kawat penyangga gigi, infeksi jamur dan karies juga sebabkan bau mulut.

Mulut kering atau xerostomia juga dapat menyebabkan bau mulut. Ludah diperlukan untuk melembabkan dan menetralkan asam yang diproduksi plak, juga mencuci sel-sel yang mati yang terkumpul di lidah, gusi, dan dagu. Jika tidak dikeluarkan, sel-sel ini akan menyebabkan bau mulut. Mulut kering bisa jadi disebabkan oleh pengobatan tertentu, masalah pada kelenjar ludah atau pengobatan saluran napas yang dilakukan lewat mulut.

Bagaimana Tips Mengatasi Bau Mulut ala Bunda Azka

  1. Periksa ke dokter gigi secara teratur. Setidaknya enam bulan sekali.
  2. Jaga makan Anda. Rajinlah sikat gigi, dua kali sehari dengan pasta gigi untuk hilangkan plak. Jangan lupa sikat juga lidah Anda. Ganti sikat gigi setiap 2-3 bulan sekali.
  3. Jangan banyak merokok, karena selain gak baik buat kesehatan, rokok juga bisa membuat mulut jadi bau.
  4. Jangan banyak minum kopi, karena selain kopi itu mengandung stimulan, juga gak baik buat gigi karena bisa menyebabkan plak dan nantinya bisa menimbulkan bau mulut yang tak sedap.
  5. Banyak minum air putih, selain sehat air putih juga dapat menggelontor partikel makanan dan bakteri juga merangsang produksi ludah.
  6. Bisakan hidup sehat

Semoga Tips Mengatasi Bau Mulut tersebut bisa bemanfaat.


*dari berbagai sumber

5 komentar »

  • Fei said:  

    thanks buat infonya, pernah punya pengalaman memalukan juga waktu sama pacar, jadi gak enak karena bau mulut, wakakakakakakakakkkkk

  • Lala said:  

    Boleh juga nich tipsnya, pernah tuch diledekin hubby karena bau mulut hehehe...

  • Yanuar Catur said:  

    wakakakkakakaka
    ini aku banget bunda,,aku kan perokok
    wakakakakaka

  • triyanto said:  

    # Jangan banyak minum kopi #
    kopi kok di minum :D

  • wanda said:  

    Semprot aja pake karbol..hua..a..a..

    Salam dariMyokezone

  • Leave your response!