Osteoporosis dan Wanita

Sabtu, April 04, 2009 Leave a Comment

Kenapa ya sering kali osteoporosis itu di identikkan dengan wanita? Mengapa juga osteoporosis itu selalu lebih banyak terkena pada wanita daripada pria? Sebenarnya apa itu osteoporosis, gejala-gejala apa bila kita terkena osteoporosis dan bagaimana mencegah terjadinya osteopososis? Berikut ini ada beberapa informasi tentang osteopososis. Semoga bisa bermanfaat ya...



Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kepadatan tulang mulai berkurang dan disertai kerusakan mikroarsitektur tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.

Osteoporosis dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Namun resiko terjadinya osteoporosis pada wanita lebih tinggi karena mengalami menopause (> 45 tahun). Yaitu masa dimana terjadi penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh (= masa berhenti haid). Sedangkan pada pria osteoporosis terjadi di usia lanjut ( > 70 th).

Osteoporosis disebabkan gangguan metabolisme tulang, yaitu kerja sel penghancur tulang melebihi kerja sel pembentuk tulang. Akibatnya lama kelamaan tulang menjadi keropos. Gangguan ini dapat terjadi secara fisiologis akibat proses penuaan yang disertai dengan menurunnya hormon, kurang asupan kalsium dan vitamin D, disertai dengan faktor-faktor pendukung lainnya.

Gejala yang timbul bervariasi, namun umumnya terjadi tanpa gejala, sehingga seringkali seseorang tidak menyadari dirinya menderita osteoporosis sampai terjadinya patah tulang.

Untuk mengetahui secara dini terjadinya osteoporosis, dapat digunakan beberapa pemeriksaan seperti :
  • Pengukuran kepadatan massa tulang (Bone Mineral Density/BMD) dengan Densitometer.
  • Pemeriksaan Laboratorium dengan mengukur petanda biokimiawi untuk mengetahui keseimbangan pembentukan dan penghancuran tulang.
Akibat yang ditimbulkan dari osteoporosis yaitu mudah terjadi patah tulang, meskipun hanya karena trauma ringan ataupun saat mengangkat beban berlebih. Tubuh makin lama makin membungkuk.

Untuk itu perlu diketahui cara mencegah terjadinya osteoporosis. Antara lain :
  • Kalsium yang cukup; kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang, karena itu kebutuhan akan kalsium harus dipenuhi. Sumber kalsium yang terbaik adalah makanan, tetapi bila tidak mencukupi maka diperlukan tambahan kalsium dari suplemen kalsium.
  • Makanan yang banyak mengandung kalsium : susu, keju, yogurt. Kebutuhan kalsium usia > 50 th : 800-1200 mg.
  • Vitamin D; diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium pada usus, sehingga asupan kalsium dapat digunakan tubuh dengan maksimal. Kebutuhan vitamin D usia > 50 th : 5 mcg.
  • Bifosfonat; obat golongan bifosfonat bekerja dengan cara menghambat kerja sel penghancur tulang secara berlebihan. Berberapa jenis obat golongan bifosfonat seperti alendronate, dapat digunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Olahraga yang teratur; dianjurkan untuk melakukan weight bearing / olahraga yang memberikan tekanan pada tulang.
  • Memperbaiki kebiasaan hidup; menghindari rokok, alkohol, dan kopi yang berlebihan karena dapat mengganggu pembentukan tulang.
  • Pemeriksaan tulang; melakukan pemeriksaan tulang untuk mengetahui osteoporosis secara dini. Pengobatan osteoporosis :
  • Terapi hormon pengganti; terapi hormon pengganti pada wanita post menopause. Terapi ini selain dapat mengobati osteoporosis, juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup wanita.

Sumber : buklet "Mengenal Osteoporosis", Novell Pharmaceutical Laboratories
( balita-anda.indoglobal.com)

25 komentar »

  • ReGiE said:  

    waduhhhhhh......jadi ngeri ni bacanya....mudah2an kita kaum wanita pada terhindar dari Osteoporosis....so jangan lupa pola hidup sehat..

  • Seti@wan Dirgant@Ra said:  

    Wah ,... jadi yang pertama nih komentarnya. Saya jadi siap2 nih, tapi mudah2an setelah membaca posting ini, saya jadi bisa mencegahnya soalnya, saya perokok dan suka minum kopi.... makasih nih infonya bunda

  • BlaGaBloGer said:  

    Waduuuhhh ngerinya,.....
    deta pgn walau nanti udah tua, tetep bisa main2 ama cucu... hihihi
    makasih infonya bunda...

  • e-je said:  

    oh begitu, baru tau saya...
    tapi walaupun saya laki2 tetep saya harus terus waspada terhadap osteoporosis ini ya bun..

  • opung chikal said:  

    vitamin memang baik untuk suplemen bagi tubuh kita... apalagi kita ini hanyalah manusia biasa... hmm...
    saya berkunjung nihh sambil menebar kedamaian :)

  • opung chikal said:  

    terimakasih untuk kedatangannya :)
    sangat berarti buat noob spt saya :)

  • rco said:  

    Artikel menarik.

    Salam kenal.

  • lafa said:  

    wah bunda emang slalu informatif deh, bagus bgd neh buat ibuku

  • Debrian said:  

    wah bunda ngerti bgt ttg ini.
    oh utk pria stlh 70 thun ya..
    menarik bgt neh utk dibahas..
    aq sih sering ja olahraga sejak dini :)
    biar kuat n sehat..haha

  • HerbeyOnline said:  

    wah info nya bagus neh..hihi

  • Inbofida said:  

    info yang berguna neh

  • tetetzet said:  

    Duh.., pria juga bisa ken ya Bunz ?

  • Suster Gila said:  

    Bunda bener tuh. mau ngomong apa lagi. Postingannya dah komplit :D

  • fariez said:  

    yang penting banyak kalsium ya mbak?? Wah nti itri saya bakal di ingetin deh.. :)

  • yanuar catur rastafara said:  

    bunda,osteoporosis itu bisa sembuh nggak ya??
    ibu q sudah d diagnosa stadium merah osteoporosisnya??
    tandanya apa ya bun??
    please

  • Reza Fauzi said:  

    terima kasih infonya yah... semoga saya gak kena penyakit itu, haha

  • ifat said:  

    ngeri banget....makasih infonya bunda

  • BIG SUGENG said:  

    jadi tambah wawasan dan jadi tambah kefahaman yaa

  • jerova said:  

    jadi tahu sekarang deh bund

  • treen said:  

    makasih nih infonya. dah buat resep saya yang lagi sakit tulang

  • rahma said:  

    tq wi, infonya

  • Life Health Insurance said:  

    osteoporosis...
    hemm... sebaiknya jaga kondisi tubuh supaya gak kena penyakit itu, seperti bnyk jalan kaki sm minum susu berkalsium tinggi

  • Real Estate Corner said:  

    wanita mmg kebanyakan kena osteoporosis tuh
    ngeri juga ternyata

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • Leave your response!