Pempek Palembang

Selasa, April 07, 2009 Leave a Comment

Setelah kemaren saya cerita-cerita tentang wisata kota malang dan Oleh-oleh khas malang, kali ini saya akan bercerita tentang pempek palembang. Bagi yang wong kito galo, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pempek ini. Berhubung suami orang palembang, makanya saya jadi doyan banget nih makan pempek, tekwan, model, otak-otak dan tak lupa si kerupuk kemplang yang rasa ikannya begitu terasa. Duuh... klo inget itu bawaannya mao pulang deh ke palembang.


Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam". Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, dan pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan

Sejarah pempek
Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Namun cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Walaupun begitu sangat mungkin pempek merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

Sumber: Wikipedia

Klo sudah begini, bawaannya mo beli pempek nih.

50 komentar »

  • Nia said:  

    wah empek-empek...mau dongg, untung aku lagi gak hamil, biar gak kesampean gak masalah, klo lagi hamil aku kejar yg bikin artikel ini utk ngirimin aku empek2 hahahaha.....

  • BIG SUGENG said:  

    saya pesen yang ukuran jumbo yaa, 8 (no partai) dan 1 (no caleg) yaaa

  • -::: R-AdHa :::- said:  

    wah makanan wong kito gilo eh salah wong kito galo hehehe salam kenal, gue orang palembang asli :p

  • Maya O.Z.K said:  

    org palembang berkumpul disini hihiihi..
    bikin aq ngiler nih bunda :D

  • e-je said:  

    jadi ngiler bacanya hehehe...

  • Seti@wan Dirgantara said:  

    Ada mpek-mpek pesawat poker nggak bunda,.... becanda bun... Jadi kepingin nyicipin.

  • Debrian said:  

    wah jadi pengen.. :)

  • HerbeyOnline said:  

    mau donk :)

  • Home said:  

    krimin donk bund :)

  • Dio said:  

    ada yang mau ?? saya mauuuu

  • umi rina said:  

    pesen sebaskom ya Bunda...;)
    bikin kepingin aja dech...*ngilerdotcom*

  • Itik Bali said:  

    Bun..aku lapar sangat nih
    waduhh pempek palembang itu makanan favoritku

  • ADVINTRO said:  

    kalo enak, sikat saja!gak usah lama-lama!

  • Tony said:  

    ngilerrr :D

  • opung chikal said:  

    duh gmn nih... ngantuk2 ada empek2!?!?!?
    ddduhhh jd gk yah ngantuknya?!?!?!?

  • cheuw said:  

    wadduuh jadi laper gini.
    uhuhu..
    ngiler mode on:
    heu

  • mysparkling said:  

    bundazka,

    lama ga mampir neh.. kabar baik Bun?
    duhhh ngomong2 pempek, sy suka banget tuh

    jd laperrr, cari soto ayam di dpn ahhh.. LOH?!!
    hehehehe ^^

  • Li said:  

    Bund bisa buat nya gak....?
    hayo kita buat bareng yuks...
    aq bisa loh buatnya...
    diriku kan wong Plembang jugo hehehe...

  • quantumindonesia said:  

    jadi gitu tokh bunda..sejarah pempek..
    oya, saya paling suka pempek kapal selam dan pempek lenjer bunda..
    apa dulu udah ada kapal selam ya bunda..sehingga disebut pempek kapal selam? hihihi

  • jerova said:  

    hmmmm....papinya jeriova paling suka neh..pempek palembang,coba bunda bikin pempek malang ada gak yah heehe

  • tiyo avianto said:  

    waduh...waduh...bkn laper nih.........

  • YST said:  

    Tempatku, Bangka juga banyak Pempek & kemplang (kerupuk).....uenak.....

  • RIP666 said:  

    pempek emank maknyusss hehehe...

  • rusakparah said:  

    Aduh, Kok tiba-tiba jadi lapar ya???? Heheheh.. Pesen Pempek ahhhh....

  • munawar am said:  

    seminggu sekali mengkonsumsi empek2 palembang buatan penjual di kampung saya...; rasanya ajek, mungkin karena jenisnya jug ajek; hemmmmm, pedassssssssssssssss, karena sambalnya banyak

  • Ayas Tasli Wiguna said:  

    O, pas nian Yuk, aku wong palembang jugo. Ado pempek lenggang?? Lenggang pempek paleng lemak,,, seeeep... heehhheee. Salam be ontok lakinyo

  • nietha said:  

    Laper bunda...

  • Seno said:  

    wah jadi tau jenis2 mpek-empek nih Bun, taunya ma empek2 palembang doang, g tau kalo ada empek2 kapal selem segala he..he..

  • Lala said:  

    Waowww jadi ngeces nich

  • erik94945 said:  

    Baru tau, suaminya orang Palembang
    Kapan ke Palembang?

    Pondokku

  • BlaGaBloGer said:  

    wah,,, siang2 yang panas gini, enaknya makan mpek-mpek....
    jadi Ngiler...
    baru sekali ke Palembang euyh...

  • Gue Adi said:  

    Jadi Ngiler nech :)
    kyknya enak bngt tuch
    Btw salam Dari Sukses Bisnis Online

  • rio2000 said:  

    pempek enak tenan :D

  • marsudiyanto said:  

    Wah, banyak jajanan nich...
    Ngomong2, sudah dapat berapa $ dari iklannya Bun.
    Sukses buat Bunda Azka sekeluarga...
    Semoga jajanannya laris, iklannya juga banyak yang ngeklick.

  • nyubi said:  

    wah, bund yg enak yg kapal selam tuh, mungkin krna ada telornya kali eah, di nikmati lagi anget-anget, nyam,,,nyam,, sedap

  • annin said:  

    wah...aq juga paling gemar pempek palembng lho...tp aq cm beli aja,ga bs membuatnya,hehe

  • Nadia said:  

    ,aargh...jadi lapeer....


    ,kangen pengen mkan mpek2

    ,dlu sering dibeliin ayah....

  • Aditya Ramadhan said:  

    pagi2 gini enaknya makan empek2..
    Nyam...nyam...
    *ngantuuk....*

  • GoMe & HeNi said:  

    wai, lemak nian pempek nyo Bunda, kami tiap hari makan pempek di rumah, bagi wong palembang asli sarapan musti ado pempek dan cuko, kalu dak katek cuko wong palembang pacak mati, mak itulah saking lemaknyo, salam bae ke misua, kalau mau resepnya berkunjung donk ke blog ku

  • Henny Y.Caprestya said:  

    waduh bunda,,,
    hny juga baru balik dari palembang,,puas de makan pempek.hehehe
    :)

  • Anonim said:  

    Saya juga penggemar berat makanan Pempek Asli Khas Palembang? Apalagi kalau makannya passs abiss ….hujan….hmm…yummy.. dan di Bogor juga ada yang jual Pempek yang uueeenaak dan maaanntaaaps?!, seperti di Kota asalnya Palembang, …….yang pasti sich…. siiiips dech aroma dan rasanya,... lokasinya di Perumahan Ciomas Permai namanya “ PEMPEK XENA “, Pempek Palembang Asli, dibuat dari Ikan Tenggiri, ( tempatnya kira–kira 100 m, sebelah kanan dari pintu gerbang perumahan ) salam…….. dari Penggemar Pempek di Kota Hujan Bogor

  • azaizan said:  

    mantap coi info kulinernya kapan2 kalo pas longgar
    insya. d coba dech

    Health & Beauty 2

    Health & Beauty 3

  • Real Estate Corner said:  

    bun.. resep pempeknya mana nih...

  • Life Health Insurance said:  

    saya paling suka nih sama pempek ada'an sama otak-otaknya bun

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • java networking said:  

    enak banget ya????

  • download MP3 said:  

    mantap cuy...buat ah..

  • resep masakan said:  

    hmm, sangat menggugah selera. Pernah coba buat tapi gatot terus. Salam.

  • Leave your response!