Flu Babi

Selasa, April 28, 2009 Leave a Comment

Beberapa hari ini, masyarakat dunia termasuk indonesia sedang di gegeri berita tentang adanya virus flu babi. Wah... ngeri juga ya?? Padahal yang flu burung kemarin aja sudah membuat masyarakat indonesia panik, termasuk juga saya. Oke deh... kita cari tahu yuk apa itu flu babi? bagaimana penularannya? Apa saja gejala yang dialami jika terkena flu babi? dan yang terakhir adalah bagaimana cara pencegahan kita terhadap virus flu babi ini.



Apa Itu Flu Babi?

Flu babi adalah jenis influenza yang disebabkan oleh virus H1N1 yang sebelumnya dikenal menyerang babi. Virus flu babi yaitu H1N1 merupakan mutasi virus influenza A dan biasanya ditemukan di Asia dan Eropa.

Menurut wikipedia

Flu babi adalah kasus-kasus influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A. Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3.

Bagaimana penularan flu babi?

Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.

Apa saja gejala yang dialami jika terkena flu babi?

Gejala infeksi virus flu babi termasuk demam, diorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, kehilangan kesadaran, yang berakhir pada kematian. Menurut Pusat Imunisasi dan Penyakit Pernapasan Amerika Serikat, virus H1N1 kebal terhadap obat anti flu seperti amantandine dan rimantandine. Namun zat aktif obat anti flu burung Tamiflu yaitu oseltamivir dan zat aktif obat anti influenza A, zanamivir, efektif mengatasi gejala flu babi pada manusia.


Bagaimana cara pencegahan kita terhadap virus flu babi?

Yang pasti sih hindari kontak langsung dengan babi
Karena penularan flu babi melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita, kemudian Masa inkubasinya 3-5 hari. Maka masyarakat dihimbau untuk mewaspadai seperti halnya terhadap flu burung. Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas, dan segera memeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu adalah tahap awal menghindari flu babi.

Semoga dengan informasi tentang flu babi di atas, kita semua bisa mewaspadainya dan terhindar dari flu babi tersebut.


*dari berbagai sumber

30 komentar »

  • Lala said:  

    hehehe lebih komplit nich bun postingannya, Good Job!!
    fotonya si oink oink, nyomot dari mana tuch? wkekeke...

  • buwel said:  

    Thanks bun infonya....
    aku malah tahu dari sini lho...
    soalnya dari berita sambi lalu ajah,....hehehehe

  • manusiahero said:  

    sedikit menakitkan ....
    wajib dicegah..

  • Itik Bali said:  

    Bund,,apa di Indonesia bakalan terjangkit flu babi juga ya?

  • suwung said:  

    jangan jangan ntar ada flue soewoeng?

  • BIG SUGENG said:  

    Ih ngeri lihat gambarnya, dapat dari mana sih..?
    Mudah2an nggak nyebar ke indonesia

  • Seti@wan Dirgant@Ra said:  

    Info yang muantav,.... oh yah bun, ada tambahan info dari menkes semalam mengatakan bahwa virus yang menyebabkan flu babi itu hanya berjangkit di negara yang mempunyai empat musim. Dan epideminya antara musim gugur dengan musim dingin. tapi kita tetap wajib waspada.

  • yanuar catur rastafara said:  

    waduh bund,penyakit semakin rupa-rupa nih
    pa mungkin ini tanda-tanda ya??

  • Bunda rhe said:  

    ngeri ah...
    sekarang sudah muncul flu2..
    mulai flu burung
    flu babi
    entah besok flu apa lagi hehe

  • Yufintan said:  

    Masyarakat kali mas :)

  • nadia said:  

    ,indonesia emang gudang flu yah......

  • BrenciA KerenS said:  

    semoga flu ini ga' masuk ke indonesia yg bikin banyak orang menderita..

    NGERIII!!

  • Blogger Magazine Template said:  

    waduh..
    moga ga mpe masuk Indo nih.. gawat2..

  • idham said:  

    untung aku bukan sodaranya babi... jadi agak sulit tuh kena...

  • izoel said:  

    wah bund, tu babinya siapa yg difoto???
    heheheee...

    bnd, tuker link yaa, linknya tak culik duluan...

  • gdpermana said:  

    emang serem nih bund penyakitnya..

    gambar babi begitu amat yak bund..

  • Aditya Ramadhan said:  

    Waaaah....
    omzet resto babi panggang bakal turun nih...
    Hehehee....:D
    kena dampaknya juga kali ya....???

  • fauzy said:  

    aduh, ketemu babi lagi nih... :)
    iya tuh, moga virusnya gak nyebar sampe sini...
    hmm, kalo babi ngepet bakalan kena flu juga gak ya?
    hehehehe...

  • sarie said:  

    Serem memang dengernya, mungkin penyakit2 itu timbul krn emang kondisi lingkungan yg membuat virus2nya bermutasi menjadi lebih membahayakan ya?

    masih ada berita yang simpang siur juga, menurut detik.com...H1N1 itu gak bisa tahan dengan negara tropis?

    yang penting kita musti lebih jaga kebersihan.

  • Gunawan said:  

    sip... judulnya lagi IN and HOT!!!!!!
    heheheh... lagi ngejar trafik ya bun???

  • icha said:  

    ngeri

  • fara said:  

    ternyata ngeri juga yach;
    penyebaran x juga cepet banget;
    moga2 ja indonesia tercinta ini bisa terselamatkan dari virus macam itu

  • kuryt said:  

    Pasti babinya tidur gak pakek selimut tuh...

    Salam dariMyokezone

  • sumarno w said:  

    terim kasih infonya, sangat membantu
    mohon ijin copy

  • Real Estate Corner said:  

    wew.. flu babi...
    ngeri lihat foto babinya tuh bun
    hehe..

  • Life Health Insurance said:  

    flu babi mmg berbahaya tuh

  • Luthfi said:  

    @yg buat nama username warnet gw... (yufintan)
    lo enak2 aje ye bwt nama wrnet gw disini.. keterlaluan lo...

  • Anonim said:  

    Valentin’s day is express approaching links of london across the earth will start stress out about it. Most men, however, delay awaiting the last jiffy to goods their Valentine’s links of london sale. This is because they’re whichever dreamy, languid or don’t have any thoughts to make the day unusual. links of london charms , Valentine’s day is a very painless incident to celebrate. Here are some tips to duck being the average Joe this year! The two most communal gifts on links of london sweetie bracelet day plants and chocolates. These are very common because ladies like chocolate and flora are an image of links of london charm bracelet . It is definitely recommended to give one or, both of these gifts to your female, however, why impede there? baby and flowers certainly the way you feel about your links of London rings. If yes, then maybe this is where you should rest. One of best other idea Links Of London .For example, they, however, give off unimaginable faculty.

  • Anonim said:  

    The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothingbrand most famous.

  • java networking said:  

    blog ini cukup ramai sekali , penataanya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula , sungguh sangat sempurna !!!
    Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih

  • Leave your response!